Selain Bakpia Patok, Berikut Adalah 8 Oleh-oleh Khas Jogja

Tak melulu bakpia, Yogyakarta memiliki segudang kekhasan yang menjadi cerita bagi Anda. Tak ada salahnya berbagi cerita dengan membawa oleh oleh khas jogja

Jogja adalah kota pelajar yang menjadi salah satu tujuan favorit masyarakat Indonesia maupun mancanegara untuk berlibur. Kota Jogja merupakan kota yang bisa membuat siapa saja merasa rindu akan suasana dan keramah tamahan warganya. Berkunjung ke kota ini tak lengkap rasanya jika pulang dengan tangan kosong, karena terdapat berbagai oleh-oleh khas Jogja yang bisa anda bawa pulang. Tak hanya bakpia patok saja, berikut 8 buah tangan khas Jogja mulai dari makanan hingga souvenir yang bisa anda beli untuk oleh-oleh sanak saudara maupun teman-teman anda.

Gudeng Kering Dalam Kaleng

oleh oleh khas jogja
Sumber: jogja.tribunnews

Gudeg tentu tak lepas kehadirannya jika kita berbicara tentang Jogja. Jika anda ingin membawa oleh-oleh khas Jogja berupa gudeg yang dapat bertahan lama, kini hadir gudeg kering dalam bentuk kaleng. Gudeg ini disajikan tanpa air dan tak perlu bingung mencari karena sudah banyak toko yang menjual gudeg versi kaleng.

Yangko

oleh oleh khas jogja

Sumber: bagi-in

Makanan yang satu ini memiliki tekstur seperti kue mochi, kenyal dan juga rasanya manis. Bentuknya kotak dan memiliki berbagai macam warna sesuai rasa mulai dari coklat, strawberry, durian, dan beragam rasa lainnya.

Jadah Tempe

oleh oleh khas jogja
Sumber: yogyakarta.panduanwisata

Jika anda berkunjung ke Kaliurang, jadah tempe merupakan makanan wajib yang harus anda beli. Makanan unik nan sederhana ini terbuat dari ketan dilengkapi dengan tahu atau tempe yang dibacem. Rasa gurih dari ketan dan rasa manis dari tahu tempe bacem dijamin membuat anda ketagihan.

Wedang Uwuh

oleh oleh khas jogja
Sumber: bukalapak

Jika anda pecinta minuman tradisional, wedang uwuh tentu tidak boleh anda lewatkan. “Wedang” sendiri dalam bahasa Jawa berarti minuman, dan “uwuh” yang berarti sampah. Dinamakan seperti itu karena di dalam minuman ini terdapat berbagai rempah dan dedaunan layaknya sampah. Segar dan menyehatkan!

Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Tanah Liat
Sumber: jogjaspace

Tak hanya makanan, anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Jogja berupa kerajinan tanah liat atau gerabah di Desa Kasongan. Unik dan lain dari yang lain karena terdapat berbagai macam bentuk mulai dari vas bunga, guci, dan lain sebagainya.

Kerajinan Perak

Kerajinan Perak
Sumber: inditourist

Tak hanya kerajinan tanah liat saja, kerajinan perak juga banyak diminati wisatawan. Berpusat di Kotagede, terdapat banyak pengrajin dan toko yang menawarkan kerajinan perak mulai dari cinderamata hingga perhiasan yang bisa anda bawa pulang untuk hiasan di rumah anda.

Batik Jogja

Batik Jogja
Sumber: pegipegi

Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan motif batik tersendiri. Sebagai pusat kebudayaan jawa, tentu Yogykarta menjadi salah satu pusat batik di Indonesia. Jangan lewatkan membeli batik motif Yogyakarta yang berbeda dari daerah lain.

Cinderamata Khas Beringharjo

Cinderamata Khas Beringharjo
Sumber: sintiaastarina

Saat anda berjalan-jalan di Pasar Beringharjo, anda akan menemukan banyak sekali barang-barang unik dan antik mulai dari gantungan kunci, mainan unik, gelang, kalung, hingga barang-barang antik. Harganya pun murah meriah.

Tips Membeli Oleh-Oleh!

Anda tentu harus menyesuaikan keperluan dengan budget anda, jangan sampai anda ingin membeli ini dan itu tanpa melihat keuangan anda. Anda juga bisa membuat list siapa saja yang akan anda beri oleh-oleh, tak lupa untuk mencari informasi terkait tempat belanja oleh-oleh yang murah.

Itulah tadi oleh-oleh khas Jogja yang bisa anda jadikan referensi saat berkunjung ke kota ini.

Baca juga:  Dijamin Lebih Sehat, Ini Resep Kuah Bakso Sapi Tanpa MSG

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Dijamin Lebih Sehat, Ini Resep Kuah Bakso Sapi Tanpa MSG

Daftar Makanan Khas Jawa Tengah Bercita Rasa Pedas yang Menggugah Selera Makan