in

Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa Connect WiFi

tidak bisa connect wifi
jakpost

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana mengatasi Android yang tidak bisa connect WiFi, kamu perlu lebih tahu beberapa faktor kenapa hal itu bisa terjadi.

Pertama, bisa jadi masalah terdapat pada jarak antara router WiFi dengan smartphone terlalu jauh, sehingga mengalami penerimaan yang buruk atau tidak dapat terjangkau.

Banyaknya cache yang menumpuk di dalam Android kamu juga bisa menjadi problem yang hubungan antar ponsel dengan jaringan WiFi.

Apabila telah mengetahui semua penyebabnya, namun tetap tidak bisa terhubung. Berikut ini beberapa solusi yang harus kamu lakukan:

Pengaturan waktu tidak sesuai

Coba periksa pengaturan waktu yang terdapat di smartphone kamu. Apabila tanggal dan waktu tidak sesuai dengan hari ini, maka bisa jadi WiFi gagal tersambung. 

Sebaiknya, kamu atur waktu dan tanggal dengan tepat dan pastikan memilih pengaturan waktu otomatis. Pasalnya hal ini berpengaruh bisa tidaknya dalam mengakses internet. 

Periksa pengaturan WiFi 

Selalu perhatikan icon WiFi apakah menyala di bagian layar atas ponsel kamu. Jika tersambung, akan ada icon ini muncul, sebaliknya bila tidak menyala bisa jadi masalahnya pada penumpukan cache. 

Rajinlah dalam membersihkan cache atau sampah di Android, bisa dengan cara manual maupun dengan menggunakan aplikasi.

Saran jika menggunakan aplikasi, coba pakailah Clean Master atau sejenisnya. 

Hapus jaringan WiFi 

Cara lain mengatasi masalah Android tidak connect WiFi, yaitu dengan menghapus

jaringan WiFi yang sebelumnya sudah tersimpan pada Android kamu. 

Klik WiFi, kemudian pilih WiFi yang ingin kamu koneksikan. Setelah itu klik lupa jaringan. Apabila semua daftar jaringan sudah terhapus, maka restart kembali ponsel dan hubungan kembali dengan WiFi yang tersedia. Jangan lupa masukkan password juga ya.

Non Aktifkan anti virus 

Jika cara diatas masih saja tidak bisa, maka solusinya adalah non aktifkan anti virus. Meskipun aplikasi ini berguna menghadang virus di Android, tetapi juga dapat mem-block layanan WiFi. Hal ini dimaksudkan agar ponsel kamu tetap terjaga keamanannya.

Kamu dapat menonaktifkan anti virus selama beberapa waktu apabila ingin menggunakan WiFi.

Gunakan aplikasi

Saat ini, ada banyak aplikasi yang dapat mengatasi masalah ponsel tidak bisa terhubung ke WiFi, salah satunya adalah Wifi Fixer. Aplikasi ini diklaim dapat membantu menganalisis jaringan WiFi dan memperbaiki jaringannya. 

Selain itu, keunggulan aplikasi ini juga mampu meningkatkan jaringan internet yang lemah menjadi lebih kencang.

via: fyine.com

Baca juga:  Mau Dagang Online? Begini Cara Jualan DiBuka Lapak

What do you think?

Written by Kamong

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Biodata, Profil, dan Fakta Cristiano Ronaldo

Kabar 7 Pemain Harry Potter Setelah Serinya Usai, Ada yang Jadi Ayah!