in

Langkah-Langkah Menulis Cerpen yang Memikat Hati Pembaca

9 langkah penting untuk jadi penulis cerpen handal!

cara membuat cerpen
Sumber: medium

Cara membuat cerpen yang bisa memikat hati pembaca, simak 9 langkah-langkahnya di bawah ini!

Kamu sedang bersemangat untuk memulai karir sebagai penulis? Menulis cerpen sepertinya akan menjadi pilihan yang sempurna. Tak terlalu panjang dan kamu bisa bermain-main dengan imajinasi yang kamu miliki. Untuk itu, Fyine telah merangkumkan beberapa tips dari Jerry Jenkins dimulai dari cara mendapatkan ide cerpen dan 9 langkah untuk menulis cerpen yang dapat memikat hati pembaca.

Simak kedua tips di bawah ini!

Bagaimana Cara Mendapatkan Ide untuk Membuat Cerpen?

cara membuat cerpen
Sumber: timeshighereducation

Kenali dasar ide cerita yang akan kamu buat

Cerita fiksi biasanya dimulai dengan memori yang bisa berupa sebuah masalah, konflik, ketakutan, atau seseorang yang ada di pikiran kamu sebagai penulis. Itulah yang akan jadi dasar ide cerita pendek yang akan kamu buat.

Tuliskan apa yang ada di pikiran kamu

Tuliskan apapun yang ada di dalam pikiranmu, jadikanlah sebagai draft untuk mendapatkan dasar cerpen. Tak perlu memperdulikan tata bahasa, tanda baca, ide yang berlebihan atau lainnya. Cukup perhatikan alurnya saja.

Buatlah karakter fiksi yang didasarkan dari orang-orang di sekitar kamu

Membuat karakter fiksi yang didasarkan dari orang-orang di sekitar kamu akan membuat kamu sebagai penulis bisa lebih dalam ketika mendeskripsikan karakter itu. Hal itu karena kamu sudah mengerti secara detail karakter yang kamu buat.

Mulai menulis cerpen

Tiga pernyataan di atas itu adalah bentuk dari outline dan penelitian yang kamu buat untuk membuat cerpen. Nah, setelah itu kamu harus mulai menulis cerpen kata per kata. Perhatikan semuanya dari alur, tata bahasa, tanda baca, percakapan dan hal-hal penting lainnya.

9 Langkah Menulis Cerpen

Sumber: penheaven

Baca cerpen yang bagus sebanyak-banyaknya

Baca cerpen-cerpen berkualitas sebanyak-banyaknya. Ini agar kamu menjadi familiar dengan genre yang paling cocok dengan selera dan gaya tulisan kamu. Baca, evaluasi dan analisis cerpen mereka lalu coba untuk menulis cerpen seperti karya mereka.

Contoh penulis terkenal Indonesia dengan cerpen berkualitas adalah Chairil Gibran Ramadhan, Putu Wijaya, A. A. Navis dan Asma Nadia.

Punya tujuan menggerakkan hati pembaca

Cerpen yang paling efektif untuk memikat hati para pembaca adalah cerpen yang bisa menggerakkan hati mereka. Cerpen itu harus bisa membangkitan emosi yang mendalam dari mereka.

Ide-ide yang akan membangkitkan emosi pembaca beberapa di antaranya adalah cinta, balas dendam, keadilan, kebebasan dan pengorbanan.

Buat jangkauan yang lebih sempit

Cerpen yang bagus biasanya memiliki cerita dengan jangkauan yang sempit, misalnya satu dasar konflik dari karakter utama dan sedikit karakter pendukung.

Jangan juga menuliskan deskripsi karakter atau konflik secara mendalam, atau juga menuliskan adegan-adegan yang tidak penting yang tidak diperlukan dalam alur.

Buat judul yang beda dan unik

Buatlah sebuah judul yang berbeda dan unik yang akan langsung menarik perhatian calon pembaca. Jika mereka tertarik dengan judul tersebut, otomatis mereka akan membaca cerpen yang kamu buat.

Gunakan struktur cerita klasik

Apa itu struktur cerita klasik? Buat karakter utama cerpen kamu dalam masalah yang serius sejak awal cerita. Beda genre beda juga masalahnya.

Contoh jika kamu menulis genre percintaan, masalah dari awal bisa jadi dua karakter utama yang berpisah. Atau jika kamu menulis genre horor, masalah dari awal adalah kamu tersesat di suatu tempat angker dan tak bisa kembali.

Tuliskan backstory, namun jangan dijelaskan secara rinci

Untuk menulis cerpen, kamu tidak perlu menjelaskan secara rinci backstory atau flashback dari sang karakter utama. Yang kamu tulis adalah cerita pendek dan bukan novel.

Tuliskan backstory yang pendek dan memiliki informasi penting yang dibutuhkan dalam cerita. Tak perlu menuliskan musim apa yang terjadi dalam backstory tersebut.

Hapus kata yang berlebihan

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Setiap kalimat harus diperhitungkan. Jika tak yakin dengan kata yang kamu tulis, dan itu terlihat berlebihan, langsung hapus.

Tuliskan ending yang menyenangkan

Ending yang menyenangkan memiliki artian ending yang masuk akal di mata pembaca dan membuat mereka mengerti. Dan ending tersebut tidak terlihat dipaksakan atau dibuat-buat. Sebuah ending yang tak perlu dijelaskan secara detail dari emosi ataupun kejadian di masa depan.

Cek lagi cerita secara detail

Selesai menulis, kamu akan berubah menjadi editor. Cek cerita secara mendetail dari ejaan, tata bahasa, tanda baca, konstruksi kalimat, pilihan kata, percakapan, menghapus adegan yang klise, pengulangan kata, dan apapun agar cerpen yang kamu buat sempurna.

Via: fyine.com

Baca juga:  Ini Langkah-Langkah Mudah Membuat Questioner di Google Forms!

What do you think?

Written by alif

Kuat dan Bikin Baper, Inilah 6 Karakter Tercantik dalam Anime

Biodata, Profil, dan Fakta Tom Hanks, Aktor Kawakan yang Bintangi Puluhan Film