in

Tips 5 Cara Jual Online untuk Pemula, Dijamin Efektif Anti Ribet

cara jual online
etimg

Pada era serba digital, masyarakat dimudahkan dengan teknologi canggih dan praktis. Salah satu manfaat teknologi yang dianggap sebagai kebutuhan primer sekarang adalah internet. Internet digunakan banyak orang terutama pebisnis untuk melebarkan sayap mereka di dunia jual-beli online. Bagi kalian yang ingin terjun sebagai pengusaha online, mudah saja syaratnya. Cobalah ikuti tips cara jual online untuk pemula yang dikutip dari laman brilio net berikut ini.

Tentukan produk apa yang ingin kamu jual

cara jual online
retailgazette

Soal ini, kamu bebas memilih produk buatan sendiri atau buatan orang lain. Tentu, ada hal yang harus kamu rinci apabila memilih jualan produk-mu sendiri, seperti menentukan bahan dan keuntungannya.

Usahakan terlebih dulu menghitung rincian biaya yang dibutuhkan untuk membuat produk dan menentukan harga jual yang cocok. 

Namun, jangan kaget kelemahan dari menjual produk buatan sendiri adalah masalah kualitas produk dan branding brand. Karena sebagai produk baru, belum banyak orang yakin bagaimana dengan produk yang kamu tawarkan.

Akan tetapi, kelebihannya kamu bebas lho menentukan akan seperti apa jenis produk-mu nanti. Disamping itu kamu pun dapat belajar me-manage marketing dengan baik.

Misalkan kamu memilih menjual produk dari orang lain, maka secara otomatis status-mu berubah menjadi dropshipper atau reseller

Kelebihannya, kamu tak perlu repot mem-branding produk atau memilih bahan baku, sehingga kamu pun tidak memerlukan modal besar. 

Namun, hati-hati karena kekurangan dari cara ini kamu harus benar-benar mengetahui supplier yang tepat. Selain itu. kamu pun tidak bisa mengontrol berapa stok barang tersedia.

Berdasarkan jenisnya, produk jualan dibedakan menjadi empat diantaranya:

– Produk yang sedang jadi tren terkini

– Produk musiman

– Produk kebutuhan sehari-hari 

– Produk untuk penunjang hobi

Tentukan pasar yang tepat

cara jual online

Nah, setelah menentukan produk apa yang ingin dijual langkah selanjutnya dalam cara jualan online adalah menentukan pasar. 

Menggunakan sistem online merupakan cara cukup akurat, karena kamu bisa menjangkau wilayah pasar yang lebih luas. 

Oleh karena itu, kamu harus tepat dalam menentukan pasar yang sesuai dengan produk-mu . Dengan begitu, kamu akan cukup mudah dalam menarik calon pembeli. 

Disamping membidik pasar, jangan lupa untuk mempertimbangkan konten dan model promosi apa yang cocok untuk calon pembeli nantinya, ya.

Buka toko online sendiri

cdn

Terdapat banyak pilihan sebagai lapak jualan online, kamu bisa memilih website pribadi, menggunakan sosial media atau mendaftar di berbagai aplikasi e-commerce.

Sekarang, sudah banyak lho aplikasi e-commerce yang bisa dengan mudah kamu gunakan. Cara mengelolanya pun cukup mudah.

Promosikan produk lewat sosmed

telset

Berkaitan dengan poin nomor tiga, kamu juga dapat mempromosikan produk-mu lewat sosial media seperti, Instagram, Twitter, Facebook dsb. 

Bergabung dengan komunitas online yang relevan dengan produk-mu juga menjadi cara cukup baik untuk memulai promosi.

Cari relasi di bidang yang sama

cara jual online

Tips cara jualan online terakhir adalah mencari relasi di bidang yang sama agar bisnis-mu semakin berkembang. Sangat efektif, kalau kamu sudah menemukan relasi karena kalian dapat saling berkonsultasi masalah bisnis secara luas.

Sebaiknya pilih orang yang memang sudah berpengalaman lebih dulu di dunia bisnis ini. Hal ini bertujuan agar orang tersebut dapat memberikan gambaran langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya dalam berbisnis.

Ingin tahu cara jual online di bukalapak? Klik disini!

Baca juga:  3 Resep Es Yakult Soda - Minuman Viral Menyegarkan di TikTok!

What do you think?

Written by Kamong

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

cara membuat omelet mie sehat

Ini Bedanya Resep Omelet Mie Original dan yang “Sedikit” Sehat!

film leonardo dicaprio

Daftar Film Leonardo DiCaprio Terbaik selain “Inception”