in

Teori Terbentuknya Bumi, 5 Fakta Menarik yang Wajib Dipahami

Sebagai manusia, sudah wajar jika kita penasaran tentang teori terbentuknya bumi. Berikut fakta menarik tentang teoru terbentuknya bumi.

Bumi merupakan planet satu-satunya yang dapat dihuni oleh manusia di dalam tata surya. Sebagai manusia, sudah wajar jika kita penasaran tentang teori terbentuknya bumi. Tanpa harus pergi ke perpustakaan dan mencari buku astronomi, FYINE telah merangkum teori-teori tersebut untuk anda:

Teori Terbentuknya Bumi yang Pertama: Teori Kabut

Teori Terbentuknya Bumi-Nebular Theory
Sumber: Everythings Electric

Teori terbentuknya bumi yang satu ini pernah dikemukakan oleh Filsuf Jerman, Immanuel Kant. Menurutnya ada gumpalan kabut berukuran besar yang telah berputar. Dimana semakin lama bagian tengah dari kabut tadi berubah menjadi gumpalan gas yang akhirnya bisa menjadi matahari. Bagian dari kabut yang tersisa sekitar gumpalan gas pun akhirnya menjadi satelit dan planet.

Teori Kontraksi

Sumber: InformaZone

Teori ini menyebutkan jika bumi sudah mengalami proses penyusutan dikarenakan pendinginan. Hal ini mengakibatkan terbentuknya lembah maupun pegunungan. Hingga akhirnya pegunungan tadi ada hubungannya dengan pegunungan lain.

Teori Pasang Surut

Sumber: InformaZone

Dari teori terbentuknya bumi kali ini ada sebuah bintang berukuran besar yang mendekati matahari. Dari sini tarik menarik pun terjadi antara keduanya. Akhirnya bagian matahari yang arahnya ke bintang menjorok ke luar. Setelah itu bintang pun semakin menjauh hingga massa matahari menjorok dan membentuk cerutu. Lalu akhirnya putus dan membentuk sebuah gumpalan sekitar matahari. Dari gumpalan tersebut maka membentuk planet.

Teori Terbentuknya Bumi yang Paling Terkenal: Teori Bigbang

Teori Terbentuknya Bumi-Teori Bigbang
Sumber: Pinterest

Dari teori yang satu ini ternyata sudah dikemukakan jika tata surya memang tidak terjadi dengan sendirinya. Melainkan ada beragam proses selama miliaran tahun. Alam semesta ini mempunyai gumpalan kabut raksasa yang telah berputar tepat pada porosnya. Putaran pun begitu cepat sekali hingga akhirnya bisa terlepas dari pusatnya. Bahkan menariknya ada bagian besar membentuk cakram. Hingga akhirnya cakram berukuran raksasa tadi meledak dan bisa membentuk asap. Bagian kecil dari kabut pun akhirnya memadat bahkan menjadi dingin. Dari situ terbentuklah bumi yang sedang kita huni.

Teori Bintang Kembar

Teori Terbentuknya Bumi-Teori Bintang Kembar
Sumber: Ilmu Geografi

Pada teori ini menyatakan jika terdapat dua bintang kembar yang berada di dunia ini. Ada salah satu dari bintang tersebut yang meledak. Dari ledakan tadi akhirnya serpihan material menyebar dan membentuk planet. Sementara itu bintang kembar yang tidak meledak tadi menjadi matahari.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai teori terbentuknya bumi. Semoga saja mampu memperluas pengetahuan sekaligus wawasan anda terkait dengan pembentukan bumi. Karena bagaimana pun juga ternyata ada beragam proses panjang yang sudah terlalui.

Baca juga:  Jenis Burung Love Bird dengan Corak yang Indah

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Ini 5 Ular Paling Berbisa di Dunia, Adakah di Indonesia?