in

10 Jenis-Jenis Manusia Purba yang Diyakini Hidup di Indonesia

Sebagai negara dengan ikilm tropis ternyata manusia purba banyak bertahan hidup di Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis manusia purba di Indonesia.

jenis manusia purba

Dalam pelajaran sejarah pastinya kita pernah membahas mengenai manusia purba. Dimana ada banyak sekali jenis dari manusia tersebut. Pada umumnya jenis-jenis manusia purba itu banyak sekali. Setidaknya ada sekitar 10 jenis yang nantinya akan kita bahas. Dari setiap jenisnya tentunya ada campur tangan seorang ilmuwan berjasa menemukan manusia purba tersebut.

Dalam ulasan mengenai jenis manusia purba kali ini kebanyakan memang sebuah opini. Dimana harapannya masyarakat lebih mengenal tentang manusia purba. Hingga akhirnya pengetahuan mereka pun semakin meluas. Inilah jenis-jenis manusia purba yang patut anda pelajari, yakni:

Meganthropus Paleojavanicus

jenis jenis manusia purba-Meganthropus Paleojavanicus
Sumber: Steem It Images

Jenis manusia purba kali ini berhasil diketemukan oleh arkeolog dari Belanda bernama Van Koenigswald. Ciri dari manusia purba ini mirip sekali dengan orang barat. Dimana fosilnya kala itu berhasil ketemu di daerah Sangiran tepatnya tahu 1936.

Pitecanthropus Erectus

Sumber: Britannica

Manusia purba kali ini diketemukan sekitar 200 juta tahun yang lalu. Fosil tersebut berhasil ditemukan di sekitar wilayah Indonesia yang saat itu mengalami sebuah bencana alam. Penemunya adalah Eungene Dubois.

Pitecanthropus Soloensis

Sumber: Mazuharu

Kali ini anda pun bisa juga menemukan manusia purba di kota Solo. Tentunya daerah tersebut dekat sekali dan dikenal berkat beragam wisatanya. Ada pun untuk manusia purba yang telah ditemukan ternyata dari segi perawakannya mirip sekali dengan kera.

Pitecanthropus Mojokertensis

Sumber: Thegorbalsla

Manusia purba yang satu ini berhasil ditemukan di daerah Mojokerto. Sayangnya dalam proses penggaliannya, fosil manusia purba ini rusak pada bagian tulangnya. Inilah mengapa ada beberapa detail tertentu yang tak mampu diselamatkan lagi.

Homo Floresiensis

jenis jenis manusia purba-Homo Floresiensis
Sumber: National Geographic

Manusia purba yang satu ini memiliki kebiasaan hampir sama dengan manusia masa kini. Malahan pada zaman tersebut jenis manusia homo ini tidak mempunyai peralatan yang terbilang canggih. Melainkan masih menggunakan batu saja yang kemudian diamplas.

Homo Wajakensis

jenis jenis manusia purba-Homo Wajakensis
Sumber: Brilio

manusia purba kali ini memang berasal dari Wajak. Dimana permasalahan yang sering terjadi kala itu terkait dengan perselisihan antara kelompok-kelompok hingga akhirnya mampu membuat bentuk dari fosil berbeda.

Homo Soloensis

jenis jenis manusia purba-Homo Soloensis
Sumber: Thegorbalsla

Jenis manusia purba memang banyak sekali bahkan untuk manusia purba yang satu ini diketemukan di daerah Solo. Tentu saja anda mengerti jika Sungai Bengawan Solo ini menjadi jantung kehidupan primitif yang ada di masa lalu.

Pitecanthropus Robustus

Sumber: Thegorbalsla

 

Manusia purba kali ini memiliki bentuk rahang yang besar sehingga senang sekali mengkonsumsi tumbuhan. Rahang yang terbilang besar ini tak lain hanya untuk mengunyah makanan supaya terasa lebih cepat dan gampang. Manusia purba tersebut lebih mengedepankan akal pikirannya daripada insting.

Pitecanthropus Dubuis

Sumber: Historia

Manusia purba kali ini layaknya manusia kera yang mana mampu berjalan dengan tegak. Fosilnya kala itu sudah berhasil diketemukan di daerah Sangiran. Menariknya seorang arkeolog asal Belanda berhasil membawa propaganda berupa penemuan sebuah fosil manusia purba tersebut.

Homo Sapiens

jenis jenis manusia purba-Homo Sapiens
Sumber: Tempo

Siapa sangka manusia purba kali ini terbilang manusia cerdas. Dimana mereka asalnya pada era holozen. Mempunyai bentuk tubuh layaknya manusia tentu saja menjadi ciri khas dari manusia purba tersebut. Makhluk ini juga memiliki sebuah kelebihan dalam akalnya.

Dengan sedikit uraian mengenai jenis-jenis manusia purba zaman dahulu. Semoga saja anda bisa memperluas ilmu pengetahuan anda. Dimana bekal sejarah ini memang penting sekali untuk kita pelajari.

Baca juga:  Teori Terbentuknya Bumi, 5 Fakta Menarik yang Wajib Dipahami

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Teori Asal-Usul Kehidupan, Dari Pandangan Science Hingga Agama

hewan yang hampir punah

10 Hewan yang Hampir Punah, Beberapa Bahkan Ada di Indonesia