in

MarahMarah

10 Hewan yang Hampir Punah, Beberapa Bahkan Ada di Indonesia

Banyak hewan dunia yang punah karena ulah manusia. Untuk mencegahnya terjadi lagi, kami merangkum 10 hewan yang terancam punah.

hewan yang hampir punah

Sebagai manusia, kita hidup berdampingan dengan mahkluk hidup lain. Selain hidup dengan berbagai jenis tumbuhuhan, kita juga hidup dengan berbagai jenis binatang. Tak jarang dari banyak spesies binatang yang akhirnya harus punah karena berbagai macam keadaan. Terkadang keadaan tersebut memang sama sekali tidak bisa dihindari, seperti halnya bencana alam. Namun, banyak juga kepunahan hewan di dunia yang sebenarnya bisa kita cegah, seperti menghentikan perburuan liar dan berhenti merusak habitat asli hewan-hewan yang mengagumkan ini. Sebagai pengingat dengan misi meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar  bagi anda para pembaca, FYINE telah merangkum 10 hewan yang hampir punah untuk anda:

Vaquita

Sumber: National Geographic

Vaquita adalah mamalia laut paling langka di dunia. Kenyataan bahwa lumba-lumba ini baru ditemukan di tahun 1958, tetapi kini sudah masuk dalam daftar hewan yang hampir punah adalah hal yang tentunya sangat disayangkan. Hewan malang ini sering ditemukan di jaring penangkap ikan para nelayan ilegal di kawasan lindung laut di Teluk Meksiko, California.

Harimau, Hewan yang Hampir Punah Karena Diambil Bulunya oleh Pemburu

Sumber: Sites.google.com

Sejak 2017, IUCN mengelompokan dua macam subspesies harimau. Yaitu Harimau Kontinental dan Harimau Pulau Sunda. Semua harimau Pulau Sunda yang tersisa hanya ditemukan di Sumatra, sedangkan harimau di Jawa dan Bali sekarang sudah punah. Sedangkan yang termasuk dalam kelompok Harimau kontinental adalah Harimau Bengal, Malaya, Indochinese dan Amur (Siberia), sementara harimau Kaspia dan Harimau Tiongkok Selatan diyakini telah punah di alam liar.

Badak Jawa, Hewan yang Hampir Punah ini Tinggal di Ujung Kulon

Hewan yang Hampir Punah-Badak Jawa
Sumber: Asianews.it

Badak Jawa adalah jenis badak yang paling terancam punah diantara 5 jenis badak lainnya, dengan hanya 58-68 ekor badak yang masih hidup dan tinggal di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa, Indonesia. Meskipun begitu, Badak Jawa pernah hidup di seluruh kawasan India timur laut dan Asia Tenggara. Sedangkan Badak Jawa terakhir di Vietnam telah diburu pada tahun 2010.

Gorilla Barat Dataran Rendah

Sumber: World Wildlife Fund

Primata ini masuk dalam deretan hewan yang hampir punah. Meskipun begitu, binatang ini merupakan hewan yang memiliki persebaran yang luas, yaitu di kawasan Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo dan Guinea Ekuatorial, serta di Gabon dan Republik Kongo. Karena perburuan dan penyakit, jumlah gorila ini menurun drastis hingga lebih dari 60% selama 20 hingga 25 tahun terakhir. Bahkan jika semua ancaman terhadap gorila ini hilang sekalipun, para ilmuwan menghitung bahwa populasi primata ini butuh sekitar 75 tahun untuk kembali pulih.

Saola, Hewan yang Hampir Punah ini Bahkan Baru Ditemukan pada Tahun 1992

Sumber: Expedition Art

Saola baru ditemukan pada Mei 1992 di Vietnam dalam sebuah survey gabungan yang dilakukan olaeh WWF dan Kementrian Kehutanan Vietnam. Binatang ini hanya ditemukan di Pegunungan Annamite di Vietnam dan Laos.

Orangutan, Hewan yang Hampir Punah ini Berasal dari Indonesia

Hewan yang Hampir Punah-Orangutan
Sumber: The Independent

Menilik keadaan satu abad yang lalu, terdapat lebih dari 230.000 Orangutan yang ditemukan hidup. Namun sayangnya, menurut perhitungan geografis yang telah diperbarui, Orangutan Kalimantan kini terancam punah dengan hanya menyisakan 104.700 ekor saja. Fakta yang lebih menyedihkan terjadi pada Orangutan Sumatera, yang mana hanya tersisa 7500 ekor orangutan saja yang masih bertahan hidup.

Gajah Sumatra

Hewan yang Hampir Punah-Gajah Sumatera
Sumber: The Christian Science Monitor

Hewan yang hampir punah ini memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap ekosistem sehat di hutan sumatra. Bagaimana tidak? Gajah Sumatra dikenal selalu membawa benih tumbuhan kemanapun mereka pergi, sehingga membuat hutan menjadi tumbuh lebat dan subur. Gajah Sumatra berbagi hutan sehat yang subur ini dengan binatang lain yang juga hampir punah seperti, badak Sumatera, harimau, dan orangutan.

Anjing Liar Afrika

Hewan yang Hampir Punah-Anjing Liar Afrika
Sambur: Flickr

Anjing liar adalah salah satu mamalia paling terancam punah di dunia. Hewan yang hidup berkelompok dan biasa memangsa rusa ini, memiliki populasi terbesar di kawasan Afrika selatan dan bagian selatan Afrika Timur, terutama di Tanzania dan Mozambik utara. Dalam hal berlari, anjing liar Afrika dapat mencapai kecepatan lebih dari 44 mil per jam.

Paus Biru, Hewan Terbesar Dunia yang Hampir Punah

Hewan yang Hampir Punah-Paus Biru
Sumber: Dive Advisor

Paus biru adalah hewan terbesar di planet bumi. Beratnya mencapai 200 ton atau setara dengan 33 ekor gajah. Saking besarnya, Paus Biru bahkan memiliki hati seukuran Volkswagen Beetle. Perutnya bisa menampung satu ton krill, sedangkan mereka rata-rata perlu makan sekitar empat ton krill per hari. Selain berpredikat sebagai hewan terbesar di bumi, Paus biru juga merupakan hewan dengan suara terkeras di dunia, bahkan lebih keras daripada mesin jet sekalipun. Peluit berfrekuensi rendah mereka dapat didengar sejauh ratusan mil yang digunakan untuk menarik paus biru lainnya.

Pesut Mahakam, Masuk Jajaran Hewan yang Hampir Punah dari Indonesia

Hewan yang Hampir Punah-Pesut Mahakam
Sumber: Reddit

Jenis lumba-lumba air tawar ini disebut juga sebagai Lumba-lumba Irrawaddy. Persebarannya ada di sekitar pantai di Asia Selatan dan Tenggara, dan di beberapa sungai, yaitu Ayeyarwady (Myanmar), Mahakam (Kalimantan, Indonesia) dan Mekong. Lumba-lumba ini memiliki dahi yang menonjol, paruh pendek, dan 12-19 gigi di setiap sisi kedua rahang.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai hewan yang hampir punah di dunia. Memang hanya 10 hewan yang kami sebutkan, namun sebenarnya masih ada ribuan hewan di luar sana yang juga terancam punah. Sudah sewajarnya kita sebagai manusia menjaga lingkungan kita sebaik mungkin, agar anak-cucu kita dapat merasakan keindahan alam yang seutuhnya. Minimal dengan menyebarkan berita ini ke khalayak umum guna membuka mata masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan kelangsungan hidup hewan-hewan dunia yang mengaggumkan.

Sumber: Official Website World Wildlife Organization

Baca juga:  5 Teori Asal-Usul Kehidupan, Dari Pandangan Science Hingga Agama

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

jenis manusia purba

10 Jenis-Jenis Manusia Purba yang Diyakini Hidup di Indonesia

resep masakan sehari hari

15 Resep Menu Masakan Sehari-hari untuk Istri Pemula