in

TerbaikTerbaik MarahMarah Hah?Hah?

10 Hewan Terbesar di Dunia, Ada Yang Hingga Kini Belum Punah

Untuk anda yang penasaran dengan keberadaan binatang-binatang berukuran besar, FYINE telah merangkum 10 hewan terbesar di dunia untuk anda.

hewan terbesar di dunia

Bagi anda yang menyukai dunia binatang, pastinya akan sangat penasaran dengan keberadaan hewan-hewan berukuran besar di dunia. Namun jika membicarakan hal ini, tahukah kalian bahwa posisi pertama hewan terbesar ternyata tidak ditempati olah gajah? Kalau anda penasaran, FYINE telah merangkumkan peringkat hewan terbesar di dunia. Berikut adalah hitungan mundurnya:

Hewan Terbesar di Dunia Serangga Adalah Kumbang Goliath

Sumber: Pinterest

Walaupun serangga ini tidak lebih besar dari seekor kucing, untuk bangsa serangga, kumbang Goliath diklaim sebagai serangga terbesar di dunia, loh. Kumbang Goliath dewasa tercatat memiliki berat 100 gram dan panjang hingga 11.5 cm.

Salamander Cina Menempati Peringkat Teratas Hewan Terbesar di Dunia Amfibi

hewan terbesar di dunia-salamander cina

Sumber: Commons.wikimedia

Salamander Cina adalah amfibi terbesar yang hingga kini masih hidup di dunia. Beratnya mencapai 30 hingga 60 kg, serta dapat tumbuh hingga 1.8 m. Hewan yang dikenal sebagai fosil hidup ini hampir punah, loh.

Burung Unta, Masuk dalam Jajaran Hewan Terbesar di Dunia Burung

Sumber: National Geographic

Burung Unta memiliki berat rata-rata 156 kg dan tinggi 2.7 m. Selain tinggi dan berat yang tak tertandingi jika dibandingan dengan jenis burung lain, Burung Unta juga adalah burung yang memiliki ukuran bola mata terbesar di dunia, yaitu dengan diameter 5cm. Yang bakal bikin anda kagum lagi adalah, hewan ini dapat bertahan hidup tanpa air selama berhari-hari!

Buaya Air Asin, Buaya Terbesar di Dunia

Sumber: tvblackbox

Buaya Air Asin menduduki peringkat sebagai buaya terbesar di dunia. Tumbuh dengan panjang rata-rata 5.2 – 6.3 meter, beratnya bisa mencapai setengah ton! Buaya ini ditemukan di kawasan India, Asia dan Australia.

Hiu Paus

Sumber:The Jakarta Post

Beralih ke dunia ikan, Hiu Paus menduduki peringkat pertama ikan terbesar di dunia. Tak tanggung-tanggung, Hiu Paus memiliki panjang 12 meter dan berat 22 ton. Namun walaupun berukuran sangat besar, hiu paus ternyata hanya memakan plankton-plankton kecil di lautan. Dapat ditemukan di hampir seluruh hamparan lautan tropis, sayangnya hiu jenis ini terancam punah karena banyak diburu oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

Beruang Cokelat

Sumber: Backpacker.com

Hewan terbesar di dunia selanjutnya adalah Beruang Cokelat. Dengan berat 907 kg (1 ton) dan mencapai ketinggian 10 kaki (3 m), beruang ini dapat ditemukan di kawasan hutan dan pegunungan Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Jerapah

Sumber: Matador Network

Dengan ketinggian 19 kaki (5,8 m), Jerapah adalah hewan tertinggi di Bumi; lehernya sendiri memiliki tinggi 6 kaki atau 1,8 m. Di habitat aslinya Afrika Timur, mereka kebanyakan memakan daun dari pohon-pohon yang juga tinggi, menggunakan lidah panjang yang dapat dengan lihai meraih daun muda di sela-sela ranting yang kecil.

Gajah Afrika

hewan terbesar di dunia-gajah afrika
Sumber: World Wildlife Fund

Hewan darat terbesar di dunia adalah Gajah Afrika. Dengan berat hingga 6.350 kg (7 ton); mereka biasanya tumbuh hingga 35 kaki (10,6 m). Jika diukur dari kepala ke ekor, maka gajah memiliki tinggi 13 kaki (4,2 m). Setidaknya ada dua spesies gajah Afrika, yaitu gajah sabana dan gajah hutan. Sayangnya, kini mereka masuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

Cumi-cumi Colossal

Hewan Terbesar di Dunia-Cumi Kolossal
Sumber: The New York Times

Tahukah anda jika cumi-cumi terbesar di dunia yang pernah tercatat adalah cumi-cumi dengan panjang 45 kaki atau 14 meter. Selain itu, mereka juga memiliki mata yang cukup besar, yaitu dengan diameter 25 cm.

Paus Biru Menempati Puncak Tertinggi Hewan Terbesar di dunia

hewan terbesar di dunia-paus biru
Sumber: Dive Advisor

Paus Biru adalah hewan terbesar di dunia sepanjang masa. Mencapai berat sekitar 198 ton, dan panjang 30 m. Lidah mereka sendiri dapat mencapai berat seekor gajah dan hati mereka bahkan sebesar mobil. Namun yang menarik adalah, mereka hanya memakan plankton-plankton kecil untuk bertahan hidup.

Itu tadi adalah hewan-hewan terbesar di dunia yang sampai sekarang masih belum punah. Apakah salah satu dari mereka adalah hewan favorit anda? Walau mereka belum punah, bukanlah hal yang mustahil jika kita dan anak cucu kita suatu saat tidak bisa menyaksikkan keberadaan mereka lagi karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, mari mencintai lingkungan dimulai dari tidak  membuang sampah sembarangan, dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai!

Sumber: One Kind Planet

Baca juga:  Ini 5 Ular Paling Berbisa di Dunia, Adakah di Indonesia?

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

penyebab asam lambung naik

Penyebab Asam Lambung Naik, Jika Didiamkan Bisa Berujung Kematian

film kolosal terbaik

Film Kolosal Terbaik, 20 Rekomendasi yang Wajib Ditonton