in

Profil dan Fakta Samuel L Jackson yang Pernah Dikeluarkan Kampus Karena Demo

Jackson muda memang cukup aktif jadi aktivis.

Samuel L Jackson mulai menekuni dunia seni peran sejak tahun 1973. Dilm pertama yang ia bintangi adalah “Together for Days” dengan memerankan karakter Stan.

Sejak saat itu, Jackson seakan tak berhenti membintangi satu film dan film lainnya. Tak sedikit di antaranya yang sukses di pasaran.

Sekitar ratusan film dengan aneka peran telah dilakoni pria berusia 71 tahun ini. Tak Cuma itu, deretan penghargaan juga telah diraih.

Akan tetapi, layaknya sebagian besar manusia lain di bumi, perjalanan karir Jackson tidaklah mulus. Banyak ganjalan yang pernah dilaluinya, salah satunya dikeluarkan dari kampus karena terlibat demo.

Ada banyak fakta Samuel L Jackson yang mungkin saja belum kamu tahu. Tenang, fyine sudah merangkumnya untuk kamu.

Samuel L Jackson
Getty Images via Factinate

Aktif jadi aktivis

Ketika mahasiswa, Samuel L Jackson dikeluarkan dari perguruan tinggi karena dia dan rekan-rekannya menyandera anggota dewan pengawas pergurun tinggi, termasuk ayah aktivis pergerakan hak asasi manusia (HAM), Martin Luther King

Penyanderaan itu dilakukan untuk menuntut perombakan  kurikulum dan tata kelola kampus. Kendati demikian, Jackson pernah menjadi “pagar betis” di upacara pemakaman  Dr. Martin Luther King Jr.

Jadi ahli biologi kelautan

Sebelum mantap memilih karir sebagai aktor, Samuel L Jackson pernah bercita-cita menjadi ahli biologi kelautan, sesuai jurusan studi yang dia ambil dulu di Morehouse College, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Pernah gagap

Ketika duduk di bangku sekolah dasar, Samuel L Jackson pernah mengalami gagap. Terapisnya menyarankan Jackson untuk ikut audisi seni peran untuk membantu masalah bicaranya.  Dia mengaku pernah hampir setahun enggan berbicara karena minder bergaul akibat gagapnya.

Samuel L Jackson

Getty Images via Factinate

Kaya raya

Samuel L Jackson masuk satu dari lima actor kulit hitam terkaya di dunia versi situs www.wealthygorilla.com. Total kekayaan harta Jackson ditaksir mencapai 220 juta USSD pada tahun 2018 lalu.

Samuel L Jackson masuk urutan keempat aktor kulit hitam terkaya Hollywood. Kekayaannya disebut hamper setara Will Smith yang ada di posisi ketiga.

Hidup susah

Masa muda Jackson jauh dari kata mapan seperti kondisinya saat ini. Dia pernah bekerja menjadi penjaga pintu hotel.

Samuel L Jackson
Getty Images via Factinate

Pecandu narkoba

Samuel L Jackson pernah menjadi pecandu narkoba selama 10 tahun, tepatnya di tahun ’80-an. Dia mengaku menggunakan narkoba ketika akan melakoni syuting.

Kecanduannya akan narkoba berhenti setelah menikah dengan LaTanya Richardson Jackson. Sang istri pernah mendapati Jackson overdosis di dapur rumahnya dan mengatakan tidak ingin melihat kejadian yang sama lagi.

Samuel L Jackson
Universal Picture/Jungle Fever

Jungle Fever

Uniknya, Jackson benar-benar berhenti mengonsumsi narkoba di tahun 1990, ketika dia membintangi film “Jungle Fever” (1991), di mana dia berperan sebagai pecandu narkoba.

Film ini menjadi salah satu film terbaik Samuel L Jackson. Salah satu apresiasi diberikan Cannes Film Festival yang memberikan penghargaan khusus  yakni Prize of the Ecumenical Jury untuk Jackson dan tim Jungle Fever. Penghargaan semacam itu sebelumnya belum pernah dibuat oleh Cannes.

Ingin hidup selamanya

Tahun 2013, Jackson memutuskan untuk menjadi vegetarian dengan alas an ingin hidup selamanya.

Samuel L Jackson
Getty Images via Factinate

Menyusahkan sutradara

Samuel L Jackson dikenal sebagai aktor yang hobi “menyulitkan” sutradara. Dalam sebuah wawancara bersama New York Times, dia ngaku kalau sering menolak pengambilan gambar tambahan dan meminta masa senggang dua kali seminggu untuk bermain golf saat proses syuting. Permintaan itu harus termuat di kontrak yang disodorkan padanya.

Getty Images via Factinate

Beli tiket film sendiri

Bagi kebanyakan aktor, menonton kembali akting mereka di acara premier atau screening. Namun beda dengan Jackson yang bangga melihat hasil kerjanya di layar lebar.

Tak tanggung-tanggung, dia bahkan membeli tiket sendiri untuk menonton aksinya di sebuah film yang dibintanginya.

Marvel Studio/The Avengers: Endgame

Takut wamil

Jackson muda hidup di masa perang Viatnam. Kala itu, pemuda seusianya sangat mungkin didaftarkan untuk wajib militer. Jackson pun berusaha tetap di sekolah karena takut jika nilainya jeblok, keluarganya akan mengirimkannya wajib miilter.

Baca juga:  Fakta-fakta Awkarin, Berawal dari Selebgram, Wirausahawan, hingga Jadi Aktivis

What do you think?

Written by aruna

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Biodata, Profil, dan Fakta Ryan Reynolds, Aktor yang Terlahir sebagai Deadpool

Bukan tentang Romansa Penuh Cinta, Ini Dia 5 Live Action Anime Terbaik Pilihan