in

Fakta Rich Brian, Belajar Bahasa Inggris dari YouTube hingga Jadi Rapper Internasional

Muda, berbekat, karir melesat

Sebelum dikenal sebagai Rich Brian, pelantun lagu Dat $tick ini dikenal sebagai Rich Chigga. Kesuksesannya sebagai rapper internasional juga enggak diraih dengan jentikan jari, lho.

Kenapa ya Brian ganti nama dan apa saja yang sudah dilaluinya hingga mencapai titik ini? Berikut ulasan lengkapnya dari fyine, spesial buat kamu

Profil singkat

Rich Brian
Pinterest/hypebeast

Nama lengkap Rich Brian adalah Brian Imanuel Soewarno. Cowok berzodiak Virgo ini lahir di Jakarta, 2 September 1999 dari pasangan Heru Soewarno dan Megawati Purnomo.

Pria berdarah Tionghoa-Manado ini memiliki seorang saudara laki-laki bernama Roy Leonard Soewarno dan seorang kakak perempuan bernama Sonia Eryka Soewarno.

Homeschooling

Rich Brian

Pinterest/hiphopdxcom

Setelah lulus SD, Brian menjalani pendidikan non-formal alias homeschooling di Jakarta. Di sela-sela kesibukannya sekolah, terkadang dia membantu orangtuanya di cafe miik keluarganya. Oh ya, Brian konon pernah naksir cewek yang sering berkunjung ke cafe ibunya, lho.

Ganti nama

Rich Brian
Pinterest/rarenormcom

Tahu kan sebelum dikenal sebagai Rich Brian, dia dulu menggunakan nama Rich Chigga. Ternyata, dia kurang happy dengan nama itu dan merasa bukan dirinya.

Dengan segala pertimbangan dan perundingan dengan pihak manajemen dan label, kata Chigga akhirnya diganti menjadi nama aslinya Brian.

Kepada media internasional, Brian sangat bangga mengakui dirinya sebagai warga Negara Indonesia keturunan China.

Belajar Bahasa Inggris dari YouTube

Rich Brian
Instagram/@brianimanuel

Siapa sangka, kemahirannya dalam berbahasa Inggris berawal dari belajar otodidak. Brian mengaku belajar bahasa Inggris lewat YouTube dan mendengarkan lagu dari rapper lain, seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler The Creator.

Dia kemudian coba menyanyikan lagu rap berbahasa Inggris membawakan lagu Thrift Shop milik Macklemore. Latihan-latihan mandiri ini membuat Brian akhirnya bisa mengucapkan kata dalam bahasa Inggris secara cepat dan berirama.

Tur Amerika, Eropa, dan Asia

Rich Brian
Lazone.id

Single Dat$tick menjadi pintu Rich Brian untuk berkarir di Amerika Serikat. Bukan Cuma itu, Brian bahkan berkesempatan melakukan tur Amerika, sebuah peluang yang langka bagi musisi, apalagi musisi luar AS.

Tur Amerika itu digelar tahun 2017. Selain di AS, Brian juga mengadakan tur Eropa dan Asia, di mana semua tiket konsernya ludes terjual. Wow!

Menetap di AS

Rich Brian
Instagram/@brianimanuel

Setelah bergabug dengan label 88rising, Rich Brian memutuskan untuk menetap di Amerika. Hal itu dimaksudkan agar Brian bisa focus mengerjakan album barunya dan menjalani rangkaian tur serta festival.

Makin beken, prestasi moncer

Rcih Brian
Instagram/@brianimanuel

Baru meniti karir di AS Brian langsung meraih prestasi. Rich Brian menjadi artis Asia pertama yang memuncaki tangga lagu Hip Hop di platform music iTunes.

Albumnya bertajuk Amen bahkan berhasil mengalahkan album Hip Hop penyanyi terkenal lainnya seperti Migos, NF, hingga Kendrick Lamar.  Brian juga pernah diundang ke salah satu acara TV Show populer di AS yakni Late Late Show yang dibawakan host kondang Hollywood, James Corden.

Masuk majalah Forbes

Perjalanan karirnya di usia muda membuat Brian masuk dalam jajaran 30 Under 30 oleh majalah Forbes pada tahun 2018 dengan tema “The Standouts” untuk kategori Sports and Entertainment.

Daftar ini merinci public figure dan tokoh-tokoh yang menginspirasi dan berpengaruh yang berusia di bawah 30 tahun. Foto Brian dijadikan cover dalam kategori tersebut dengan label Featured Honoree.

Dia juga masuk dalam kategori celebrity, yakni daftar artis yang sedang terknal dan memanfaatkan ketenarannya untuk memberikan inspirasi. Brian juga menyabet penghargaan sebagai Breakthrough Artist of The Year di Indonesian Kid Choice Awards 2017.

Bertemu Jokowi

Rich Brian
Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden

Sempat diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, lho. Brian bertemu orang nomor satu di Republik Indonesia itu pada bulan Juli 2019.

Dalam pertemuan itu, Brian dan Pak presiden lebih banyak berbincang seputar industry music Indonesia. Selain itu, Brian mencuri kesempatan untuk memamerkan video klip lagunya berjudul “Kids” kepada Presiden Jokowi sebelum ditayangkan ke YouTube. Wih, Pak Presiden jadi penonton pertama dong.

Pengen jadi sinematografer

YouTube/Dat $tick

Walaupun dikenal sebagai rapper, tapi Rich Brian ngaku kalau cita-citanya bukan menjadi penyanyi rap. Brian malah kepengin menjadi sinematografer.

Meskipun enggak sepenuhnya terwujud, setidaknya keinginan menjadi sinematografer teralisasi di video klipnya berjudul Dat $tick yang diunggah tahun 2016.

Video ini mendapat respons positif dari rapper dunia, seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Cam’ron, Desiigner, dan banyak lagi.

Pengen main film Spiderman

ceknricek.com

Brian juga pernah bilang kalau ingin membintangi film Spiderman dengan rapper dan aktor idolanya, Donald Glover atau Childish Gambino.

Duet bareng Dua Lipa

Rich brian
Rollingstone

Dia pernah diajak penyanyi Dua Lipa untuk berkolaborasi dalam lagu “I Don’t Give a F**k” versi Remix, lho. Belum pernah tahu, tenang bisa didengarkan di sini.

Baca juga:  Fakta Perjalanan Karir Emma Stone, Gagal Audisi hingga Jadi Aktris dengan Bayaran Tertinggi

What do you think?

Written by aruna

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Deretan Senjata PUBG Tersakit 2020, Lumpuhkan Lawan Lebih Cepat!

5 Judul Ini Masuk Daftar Anime Shoujo Terbaik