in

Fakta-fakta Awkarin, Berawal dari Selebgram, Wirausahawan, hingga Jadi Aktivis

Sisi lain Awkarin nih, mungkin kamu belum tahu.

Selebgram satu ini pasti sudah tidak asing lagi buat kamu. Memang, di awal kepopulerannya Awkarin dikenal banyak kontroversi. Tapi sebenarnya, Awkarin juga punya sisi lain yang bisa jadi inspirasi kamu.

Dia enggak cuma sibuk jadi selebgram, lho. Awkarin juga punya jiwa sosial dan enterpreneur  yang tinggi.Wah, seperti apa ya sosok Awkarin?

Biodata

Awkarin
Instagram/@awkarin

Udah tahu belum kalau nama lengkap Awkarin adalah Karin Novilda Sulaiman. Si Sagittarius ini lahir di Jakarta, 29 November 1997 dan memiliki shio Kerbau.

Berbeda dengan dirinya, keluarga Awkarin kebanyakan berkecimpung di dunia kesehatan. Ayahnya, Sulaiman berprofesi sebagai dokter mata sekaligus seorang kolonel TNI AL.

Lalu Ibunya sendiri adalah seorang dokter gigi bernama Siti Zuchraidah. Awkarin punya seorang adik bernama Zahra Annisya Sulaiman. Menurutmu mereka mirip enggak?

Nilai UN Tertinggi

Awkarin

Tangkapan layar/Detak TPI

Setelah lulus SD, cewek yang akrab disapa Karin ini melanjutkan pendidikan di SMPN 1 Tanjung Pinang. Pas SMP, Karin mendapat nilai UN tertinggi se-Kota Tanjungpinang dengan nilai rata-rata 9,5 dan total nilai akhir ujian 37,9. Wow, almost perfect!

Setelah lulus SMP, dia lalu melanjutkan studi ke SMAN 58 Jakarta dan kuliah Universitas Bina Nusantara Jakarta tahun 2016 jurusan Manajemen.

Pas masuk jadi maba (mahasiswa baru), Karin sempat telat satu jam. Walhasil, dia dihukum oleh panitia dan menyuruh Karin untuk menyanyi.  Kejadian itu sempat dia unggah di akun Snapchat miliknya.

Tapi, Karin pernah ngaku kalau merasa salah jurusan kuliah. Dia bilang ingin pindah ke jurusan fesyen. Hayo, kamu sendiri pernah ngerasa salah jurusan, enggak nih?

Asau-usul Nama “Awkarin”

Awkarin
Instagram/@awkarin

Sebelum dikenal sebagai Awkarin, mulanya ia menggunakan nama “Awkward Karin” di akun media sosialnya. Kata “awkward” (canggung) diambil lantaran dia ngaku kalau kikuk saat berkomunikasi di depan orang banyak.

Tapi, nama Awkward Karin dirasa terlalu panjang dan kurang catchy, jadilah dipersingkat menjadi “Awkarin”.

Geluti Bisnis, Mulai dari Agensi Hingga Kuliner

Awkarin
Instagram/@awkarin

Awkarin mendirikan agensi A Team Management yang menaungi selebgram seperti dirinya. Di sini, Karin juga menjabat sebagai CEO.

Dia pun semakin merambah ke aneka bisnis lain. Seperti clothing line yang menjajakan sweater dan t-shirt yang diberi nama “Bad Influence by Awkarin”. Karin juga punya bisnis Hijab bernama “Hally by Awkarin”.

Masih belum cukup, dunia kuliner juga dijamah. Karin mendirikan usaha makanan, salah satunya bernama “Awkenyang” yang produknya dijual secara online.

Sering Ikut Aksi Sosial

Awkarin
Instagram/@awkarin

Kendati dikenal banyak kontroversi, Awkarin punya jiwa sosial yang tinggi, lho. Dia punya organisasi non-profit bernama “Awdoption”. Organisasi ini memiliki misi menolong hewan-hewan yang dibuang dan tidak terurus untuk dicarikan pemilik baru.

Saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami di Palu tahun 2018, Awkarin juga ikut menjadi relawan dan membantu para korban. Sempat ramai juga, nih.

Enggak cukup sampai di situ, Karin juga pernah membagikan ribuan nasi kotak untuk dibagikan kepada peserta demo di depan gedung DPR bulan September 2019 lalu. Ada yang masih ingat?

Dia juga pernah terjun langsung untuk membantu memadamkan asap api di Riau beberapa waktu lalu.

Jajal Dunia Tarik Suara

Masih inget enggak, Awkarin pernah meluncurkan beberapa single. Salah satunya lagu berjudul “Bad” yang dinyanyiin bareng penyanyi dan YouTuber Young Lex. Ada juga judul lain, yakni “Cewek Manis”, “Candu”, “Badass”, dan “Makan Bang” yang lagi-lagi berkolaborasi bareng Young Lex.

Pernah Main Film

Awkarin
SelebX.com

Karin juga pernah main film, lho judulnya “Di Antara Cinta & Guest List”. Film ini tayang di LAFFestival (Love and Faboulous Festival) 2018. Di film ini, Karin beradu akting dengan Dimas Anggara dan Lula Lahfah.

Sempat Setop Main Media Sosial

Awkarin
Instagram/@awkarin

Walaupun dikenal sebagai selebgram, Karin pernah detoks media sosial tahun 2018 lalu. Saat itu dia ingin fokus pada kesehatan mentalnya.

Tapi sekarang udah aktif lagi kok. Buat kamu yang kepo keseharian Awkarin, bisa cek di Instagram dan Twitternya di @awkarin.

Nah, itu tadi biodata Awkarin dan beberapa faktanya. Kamu punya fakta positif lain tentang Awkarin yang semua orang harus tahu?

Baca juga:  Fakta Nicholas Saputra, Masa SMA, Cinta Pertama, dan Peduli Lingkungan

What do you think?

Written by aruna

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

film hrithik roshan

Kompilasi Film Hrithik Roshan Terbaik dan Paling Laris

Fakta Selena Gomez, Aktris, Penyanyi, Produser hingga Jadi Duta UNICEF