in

Profil dan Fakta Anya Taylor-Joy, Pemeran Beth Harmon di Serial Queen Gambit

Udah nonton serialnya belum?

Nama aktris anyar Anya Taylor-Joy banyak diperbincangkan saat ini setelah membintangi serial baru Netflix berjudul Queen Gambit. Serial ini diadaptasi dari novel Walyter Tevis dengan judul sama.

Di film itu, Anya Taylor-Joy memerankan karakter Beth Harmon, pemain catur yang punya skill brilian. Penampilanya di serial ini banyak menuai pujian.

Sebelum beken lewat serial Queen Gambit, Anya sudah lebih dulu terlibat lewat beberapa film dan serial lain seperti Split, The Witch, Emma, dan The New Mutants.

Anya Taylor Joy
Universal Pictures/Split via Den of Geek

 

Media Hollywood menyebut Anya Taylor-Joy  sebagai The Rising Star berkat penampilan aktingnya di sederet serial tersebut. Beberapa nominasi penghargaan juga mulai berdatangan.

Mulai dari Cannes Film Festival dan British Academy Film Awards (BAFTA). Lalu, apa lagi ya fakta-fakta menarik Anya Taylor-Joy yang wajib diketahui? Yuk simak rangkuman dari fyine berikut.

Anya Taylor-Joy Pindah dari Argentina ke London

Aktris bernama lengkap Josephine Marie Taylor-Joy ini lahir di Miami, Florida, AS, 16 April 1996. Sejak lahir, dia tinggal di Argentin.

Ketika usianya enam tahun, dia dan keluarganya pindah ke London karena saat itu suasana politik di Argentina sedang memanas. Orangtua Anya tidak ingin anak-anaknya tumbuh di daerah konflik.

Anya Taylor Joy

Via Zoombola

Anya Taylor-Joy Enggan belajar bahasa Inggris

Selama dua tahun pertama pindah ke London, Anya enggan belajar bahasa Inggris. Alasannya, dia tidak mau lupa dengan Bahasa Spanyol-Argentina ketika pulang nanti.

Anya kecil, saat itu masih berharap bisa pulang ke Argentina. Anya Taylor-Joy akhirnya belajar Bahasa Inggris ketika berusia delapan tahun karena “kepepet”. Sebab, teman-temannya tidak ada yang mengerti dengan apa yang dia ucapkan. Anya mengaku belajar bahasa Inggris dengan membaca novel Harry Potter.

Tiga kewarganegaraan

Riwayat tempa tinggalnya membuat Anya mengantongi tiga paspor saat ini, yakni Argentina, Amerika Serikat, dan Inggris.

Anya Taylor Joy
Getty Images via ET Online

Mengira akan diculik

Ada cerita unik saat Anya Taylor-Joy ditawari menjadi model. Ketika berusia 17 tahun, cewek yang hobi tari balet ini sempat merasa akan diculik.

Suatu hari, dia merasa dikuntit sebuah mobil. Merasa ketakutan, Anya bergegas sehingga mengambil jalan yang salah.

Tapi, mobil tersebut masih mengikutinya. Dia pun lari terbirit-birit sampai akhirnya seorang perempuan turun dari mobil dan menyodorkan kartu nama.

Ternyata, perempuan itu adalah Sarah Doukas, seorang agensi model. Dia menawari Anya untuk ikut casting dengan mengajak orangtuanya.

Berhenti sekolah karena perundungan

Perundungan memang mempengaruhi mental korban. Termasuk Anya Taylor-Joy yang saat remaja pernah menjadi korban perundungan.

Teman-temannya mengejek fisik Anya bahkan sempat dicela dengan gambar ikan. Hal itu membuatnya depresi hingga memutuskan keluar dari sekolah umum.

Anya Tayor Joy
Rich Polk/Getty Images via Kumparan

Esai untuk orangtua

Ketika Anya Taylor-Joy bertekad menjadi aktris, dia mencoba meyakinkan kedua orangtuanya dengan membuat sebuah esai.

Dalam esai tersebut, Anya menjelaskan secara rinci alasan dan rencana hidupnya. Ia juga mengatakan kepada kakaknya agar keluar dari rumah untuk mengejar mimpi dan menjelajah duia.

Belajar broadcasting

Ketika usia 14 tahun, Anya pindah seorang diri New York untuk mempelajari dunia broadcasting.

Via Zoomboola

Pacar Anya Taylor-Joy

Anya termasuk aktris yang tertutup dengan kehidupan pribadinya. Apalagi soal asmara. Tapi usut punya usut, saat ini Anya sedang menjalin hubungan dengan seorang fotografer bernama Ben Seed.

Baik Anya maupun sang pacar sama-sama tertutup soal kehidupan asmara mereka. Tapi paparazzi sempat mempergoki mereka sedang berduaan. Tapi, kisah mereka tampaknya sudah usai.

Baru-baru ini, Anya dikabarkan telah bertunangan dengan aktor Eoin Mackenyang lebih tua darinya 13 tahun.

Perfect World Pictures/Emma via Good Morning America

Belum pernah main catur

Banyak orang setuju kalau penampilannya di Queen Gambit sebagai pecatur andal sangat memukau. Tapi siapa sangka, kalau Anya Taylor-Joy belum pernah bermain catur sebelum syuting serial tv populer ini. Serial ini mendapat rating 8,8 poin di IMDB, lho.

Baca juga:  Aurélie Moeremans, Jadi Dinda yang Membuat Kale 'Trauma', Ini Faktanya!

What do you think?

Written by aruna

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Yakusoku No Neverland Season 2, Shounen dengan Alur Berbeda

Profil dan Fakta Emma Corrin, Pemain “The Crown” yang Mirip Banget Putri Diana