in

9 Fakta Unik dan Profil Benedict Cumberbatch, Si Sherlock Holmes Terbaik Sepanjang Masa

Setuju enggak kalau Benedict adalah Sherlock Holmes terbaik?

Benedict Cumberbatch. Hayo, bagaimana cara kamu melafalkan nama akhir aktor Inggris ini? Banyak perdebatan tentang bagaimana pelafalan nama akhirnya.

Mari lupakan sejenak soal itu. Akui saja, masih banyak sisi lain dari sosok Benedict Cumberbatch yang lebih memikat dibanding kontroversi pelafalan namanya. Aktor satu ini sejatinya sudah lama berkiprah di dunia seni peran.

Tapi namanya melambung sejak memerankan tokoh detektif legendaris Sherlock Holmes. Meskipun banyak aktor yang memerankan tokoh ini – misalnya saja Robert Downey Jr- namun Benedict punya kharisma tersendiri.

Benedict Cumberbatch
Via Choosetab.com

Dia pun sudah banyak membintangi judul film dan memerankan karakter ikonik. Sebut saja Sherlock Holmes,  karakter Alan Turing di film Imitation Game, Doctor Strange, atau Smaug si naga di saga The Hobbit.

Tidak Cuma itu, Benedict Cumberbatch masih punya segudang fakta menarik yang harus kamu tahu. Apa saja? Berikut rangkuman fyine.

Nenek moyang pejuang

Aktor kelahiran Hammersmoth, London, Inggris 19 Juli 1976 ini terlahir dari keluarga terpandang. Nenek moyangnya adalah tokoh-tokoh berjasa di Perang Dunia 1 dan II,  seperti Henry Carlton Cumberbatch.

Kemudian Henry Arnold Cumberbatch, juga dikenal sebagai konsul Inggris untuk Turki dan Lebanon di era Victoria.

Benedict Cumberbatch SHerlock Holmes

Hartswood/Sherlock Holmes via BBC

Benedict Cumberbatch Beradu akting dengan orangtua sendiri

Kamu yang mengikuti serial Sherlock Holmes besutan BBC sempat pensaran enggak, kenapa yang menjadi karakter orangtua Benedict Cumberbatch amat mirip dengannya?

Yap, karena karakter Ayah dan Ibu Sherlock diperankan langsung oleh kedua orangtua Benedict, Timothy Carlton dan Wanda Ventham. Keduanya merupakan actor dan aktris veteran kenamaan di Inggris.

Sempat ditentang

Meskipun kedua orangtuanya lebih dulu berkecimpung di dunia seni peran, nyatanya Benedict Cumberbatch sempat ditentang ketika ingin mengikuti jejak mereka.

Konon, mereka sengaja menyekolahkan Benedict di sekolah-sekolah ternama di Inggris agar sang anak tidak mengikuti jejak mereka. Benedict masuk ke sekolah asrama di usia 8 tahun.

Dia juga pernah masuk sekolah ternama, Harrow School. Namun, Benedict tetap mengejar impiannya menjadi aktor kenamaan dunia.

Merintis dari panggung teater

Benedict Cumberbatch merintis karirnya di dunia peran mulai dari panggung teater. Ketika berusia 12 tahun, Benedict terlibat dalam drama Shakespeare.

Dari sini, dai tersu mengasah bakat seni perannya di atas panggung. Dia ikut klub drama teater saat sekolah di Harrow School.

Kemudian, dia melanjutkan studi dengan mengambil jurusan drama di University of Manchaster dan mendapat gelar Master of Arts di London Academy of Music and Dramatic Art.

Benedict Cumberbatch
Via Her Moments

Benedict Cumberbatch Pernah Diculik

Ada satu momen tak terlupakan di hidup Benedict Cumberbatch. Dia dan temannya pernah menjadi korban penculikan dan penodongan oleh sekempok criminal ketika berada di Afrika Selatan.

Entah bagaimana ceritanya, Benedict dan temannya akhirnya bisa meloloskan diri. Kejadian ini cukup memukul Benedict dan membuat cara pandangnya akan kehidupan berubah.

Dalam sebuah wawancara, Benedict mengatakan ingin menikmati hidup dengan cara “tak biasa” dan tersadar bahwa setiap dari kita akan berpulang dengan cara yang sama ketika terlahir, yakni sendirian.

Diet ketat demi Sherlock Holmes

Benedict Cumberbatch mengaku kalau dia melakukan diet ketat saat memerankan tokoh Sherlock Holmes. Hal ini dilakukannya untuk menyempurnakan karakter Sherlock yang menurutnya kurus akibat sering lupa makan karena berambisi memecahkan sebuah kasus.

Benedict Cumberbatch
Paramount Pictures/ Star Trek via Rolling Stone

Merekam audisi dengan kamera hape

Sebelum ia menerima peran sebagai Khan di seri Star Trek, Benedict Cumberbatch mengirimkan video rekaman audisi yang direkam menggunakan kamera hape.

Tempat rekamannya pun cukup aneh karena berada di dapur rumah temannya. Benedict memang mengaku kalau dia fans berat seri Star Trek dan sangat antusias bisa ikut terlibat dalam filmnya.

Hartswood/Sherlock Holmes via BBC

Pemeran Sherlock Holmes Terbaik

Kamu pasti tidak menampik soal fakta satu ini. Ini bukan gelar yang disematkan asal-asalan oleh penggemar Benedict. Tapi, sutradara kenamaan Steven Spielberg yang menobatkan Benedict sebagai Sherlock Holmes terbaik sepanjang masa.

Via Sinemapedia

Benedict Cumberbatch Mengidap heterochromia

Warna mata Benedict Cumberbatch memang tampak mempesona. Namun, ternyata dia mengidap kelainan heterochromia, yakni warna iris mata yang bisa berubah.

Kasusnya bisa berbeda-beda tiap pengidap. Di kasus Benedict, warna iris matanya bisa berubah tergantung pencahayaan. Kadang, warnanya perpaduan antara hijau, biru, dan emas. Kadang kala, berubah menjadi biru dan hijau.

Baca juga:  Masashi Kishimoto, Fakta dari Kreator Pencipta Naruto Perlu Kamu Ketahui

What do you think?

Written by aruna

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Alur Cerita Game Terbaik, Bikin Kita Jadi Terhanyut~

Ini Profil dan Fakta Aktris Viola Davis, Pemeran Amanda Blake Waller dalam Suicide Squad