in

Punya Banyak Pulau, Ini 5 Peringkat Pulau Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau besar dan pulau kecil, manakah pulau terbesar di Indonesia?

Punya Banyak Pulau, Ini 5 Peringkat Pulau Terbesar Di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari pulau besar dan pulau kecil. Banyaknya pulau membuat budaya, bahasa, agama, suku, RAS sangat banyak. Nah, untuk kamu yang penasaran daftar pulau terbesar di Indonesia, berikut ulasannya.

Pulau Jawa

Pulau Terbesar di Indonesia
Foto: Pixabay

Pulau Jawa meruppakan pulau yang sangat bessar dengan luas wilayahnya adalah sekitar 126.700 km2. Jumlah penduduk menurut statistik BPS 2010 adalah 136.610.590 jiwa menjadikan Pulau Jawa terpadat diantara yang lain. Di pulau ini terdapat beberapa provinsi, seperti provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Puncak tertinggi dari pulau Jawa berada di Gunung Semeru dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Pulau Sulawesi

Pulau Terbesar di Indonesia

Foto: Pixabay

Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari pulau terbesar di Indonesia yang selanjutnya. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 174.600 km2 dengan jumlah penduduk berdasarkan data statistik BPS 2010 sekitar 17.371.782 jiwa. Adapun beberapa provinsi yang termasuk ke dalam pulau ini adalah provinsi Sulawesi Utara, Sulawengi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo. Dalam bahasa asing pulau ini disebut dengan Celebes.

Pulau Sumatera

Pulau Terbesar di Indonesia
Foto: Unsplash

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sekitar 50.630.931 jiwa berdasarkan statistik BPS tahun 2010. Sementara itu, luas wilayahnya sekitar 443.065 km2. Pulau Sumatera memiliki beberapa provinsi, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Bengkulu. Puncak tertinggi dari pulau ini terdapat di gunung Kerinci, dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl.

Pulau Kalimantan

Pulau Terbesar di Indonesia
Foto: Unsplash

Pulau Kaliantan merupakan pulau dengan luas wilayah sekitar 743.330 km2 dan jumlah penduduknya adalah 13.787.831 jiwa. Sementara, provinsi-provinsi yang terdapat di dalamnya adalah provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Pulau ini mempunyai nama lain yaitu Borneo. Pulau Kalimantan terbagi menjadi 3 bagian. Bagian selatan merupakan bagian dari Indonesia, bagian utara merupakan bagian darri Malaysia dan bagian utara lagi merupakan bagian dari negara Brunei Darussalam.

Pulau Papua

Pulau Terbesar di Papua
Foto: Unsplash

Pulau Papua yang memiliki luas wilayah sekitar 786.000 km2 dan jumlah penduduknya adalah 3.593.903 (Berdasarkan data penduduk Indonesia). Beberapa provinsi yang termasuk dalam pulai ini adalah provinsi Papua dan Papua Barat. Biasanya, oleh dunia luar, Pulau Papua sering disebut dengan New Guinea. Di pulau ini terdapat puncak tertinggi yaitu puncak Jawa Wijaya yang memiliki ketinggian sekitar 4.884 mdpl.

Itulah 5 pulau terbesar di Indonesia. Pulau-pulau tersebut tentunya mempunyai ciri khas masing-masing, berdasarkan bahasa, budaya, adat istiadat dan lainnya. Bahkan, flora dan fauna di pulau-pulau tersebut memiliki ciri yang berbeda pula.

 

 

Baca juga:  10 Negara Terbesar di Dunia, Salah Satunya Setara 10% Luas Bumi!

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Negara atau Bangunan? Berikut 5 Negara Terkecil di Dunia

Hemat Budget Mainan Anak, Berikut Cara Mudah Membuat Pasir Ajaib