in

Dibanding 5 Negara Tertua Di Dunia, Indonesia Masih Muda!

Belajar sejarah, kita mungkin mengira Indonesia merupakan negara yang tua. Namun Indonesia masih muda dibanding dengan negara tertua di dunia berikut!

Siapa yang tahu negara tertua di dunia? Emang ada? Ya, ada dong, mungkin kamu pernah mendengar beberapa nama negara tertua ini. Ada beberapa negara yang berasal dari Asia, Eropa bahkan Afrika! Apalagi negara ini memang terkenal sekali dengan sebutannya masing – masing. Setiap negara pasti memiliki ciri khas yang berbeda – beda antara negara satu dengan negara yang lainnya.

Tetapi kali ini kamu pasti tidak percaya dengan nama negara yang akan saya sebutkan nantinya. Kalau berbicara mengenai negara pasti banyak banget nama negara yang belum kamu ketahui. Apalagi ada negara yang memiliki luas yang kecil tetapi negara itu merupakan negara tertua. Wah, penasaran, bukan? Kamu bisa langsung mengetahui 5 negara tertua di dunia yang wajib kamu ketahui! Mau tahu seperti apa? Lihat nama – nama negara di bawah ini, ya!

San Marino

Sumber: state.gov

Sudah kenal dengan San Marino? Negara San Marino merupakan negara tertua di dunia. San Marino sudah ada sejak 3 September 301, lebih tepatnya sudah berumur 1.717 tahun. Kalau di San Marino yang memimpin sebuah negara disebut dengan wali negara. Biasanya berjumlah dua orang dan rata – rata dikepalai oleh wanita.

Jepang

Negara Jepang
Sumber: Matador Network

Jepang merupakan negara identik dengan bunga sakura, negara ini juga termasuk negara tertua di dunia. Ada salah satu orang Jepang yang mengatakan bahwa Jepang merdeka pada 660 SM. Dan ada pula yang mengatakan bahwa Jepang merdeka pada 770 SM. Tetapi menurut informasi sebenarnya Jepang memang merdeka pada 660 SM.

Prancis

Negara Perancis
Sumber: state.gov

Perancis merupakan negara yang lebih dikenal dengan menara Eiffel. Perancis termasuk ke dalam negara tertua di dunia, Perancis ini bisa dikatakan sebagai negara modern.

Negara Perancis ini memang sudah ada sejak zaman Kekaisaran Romawi Suci Charlemagne yang sudah berdiri sejak 800 sampai dengan 814 SM. Charlemagne merupakan salah satu orang yang masih merupakan keturunan dari Louis I.

Tiongkok

Tiongkok
Sumber: News Bitcoin

Tiongkok merupakan salah satu negara kedua tertua. Tiongkok sudah berdiri sejak ada Peradaban Sungai Kuning lebih tepatnya pada 2700 SM. Apalagi Tiongkok memang terkenal sekali dengan teknologi yang semakin canggih. Sehingga pantas sekali jika Tiongkok termasuk ke dalam negara yang sudah maju dari berbagai sisi. Tiongkok juga merupakan negara yang mempunyai wilayah yang luas, sehingga bisa menampung banyak orang.

Yunani

Negara Yunani
Sumber: handluggageonly

Pastinya kamu pernah mendengar negara yang satu ini, karena negara Yunani sendiri sering disebut dengan negara peradaban. Yunani termasuk ke dalam kategori negara tertua di dunia, Yunani sudah merdeka sejak 3200 Sebelum Masehi. Pernah mendengar Aristoteles dan Plato? Mereka itu sebenarnya dari negara Yunani! Wah, tidak menyangka Yunani bisa melahirkan tokoh besar.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Seperti yang dilansir dari Wikipedia, cikal bakal nusantara yaitu Kemaharajaan Majapahit berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi. Jadi Indonesia masih berumur sekitar 700 tahun dan masih belum tergolong negara tertua.

Baca juga:  Ini Negara atau Bangunan? Berikut 5 Negara Terkecil di Dunia

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Benua Terbesar di Dunia, Apakah Afrika Jadi yang Terbesar?

Bukan di Arab Saudi, Ini Daftar 5 Negara Terkaya di Dunia