in

Ini Negara atau Bangunan? Berikut 5 Negara Terkecil di Dunia

Coba simak daftar negara terkecil di dunia. Salah satunya hanya sebesar bangunan. Negara kecil juga memiliki potensi yang besar loh!

Dunia ini terdiri dari negara yang di dalamnya terdapat pulau-pulau. Tidak semua negara di dunia ini memiliki lahan yang besar, terdapat juga negara terkecil di dunia ini. Setiap negara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan. Mulai dari Bahasa, agama, budaya, adat istiadat sampai makanan pokok pun berbeda.

Beberapa negara ada yang beriklim tropis dan ada juga negara yang beriklim subtropis. Perbedaan musim pada setiap negara tentunya dipengaruhi oleh perputaran bulan. Di dunia juga ada negara terbesar, terkecil, negara maju sampai negara miskin. Penasaran negara mana yang termasuk negara terkecil di dunia? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Maladewa

Negara Terkecil di Dunia
Sumber: Website Ilmugeografi

Maladewa merupakan negara terkecil lebih populer dengan nama Maldives. Negara yang satu ini memiliki luas sekitar 300 km2 dengan jumlah pulau sekitar 1.192 pulau. Maladewa memiliki laut yang sangat jernih. Selain itu, pemandangan di bawah lautnya pun sangat menawan. Tak heran, negara ini sering menjadi destinasi turis yang senang menghabiskan waktu di pantai.

Kepulauan Marshall

Negara Terkecil di Dunia

Sumber: DW

Kepulauan Marshall merupakan negara mikro terbesar di lautan pasifik. Wisata unggulan di negara ini adalah pantai dan laut, diantaranya adalah Pulau Ebeye dan Arno Atoll. Luas negara ini hanya mencapai 181 kmdan dikelilingi lautan.

San Marino

Negara Terkecil di Dunia
Sumber: Lorenzo Castagnone

San Marino merupakan negara tetangga Italia. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 61 km2. Selain merupakan negara terkecil, San Marino juga merupakan negara konstitusional tertua di dunia yang didirikan pada tanggal 3 September 301 oleh seorang tukang batu bernama Santo Marinus. Destinasi wisata favorit di sini adalah gunung Monte Titano, kastil De La Fratta, benteng Guatita, dan balai kota Palazzo Publico.

Vatikan

Negara Terkecil di Dunia
Sumber: Caleb Miller

Negara Vatikan sering menjadi destinasi umat kristiani. Negara ini dikelilingi oleh tembok besar yang menjadi perbatasan wilayahnya. Vatikan sendiri mempunyai luas wilayah yang tidak besar, yaitu hanya sekitar 0,44 km2. Di negara ini, kamu akan bisa menemukan gereja terbesar di dunia, yaitu St. Peter’s Basilica.

Kerajaan Sealand

Negara Terkecil di Dunia
Sumber: Essex Live News

Di urutan pertama merupakan negara terkecil yang awalnya merupakan bekas benteng peninggalan perang dunia II. Namun, bekas benteng ini dideklarasikan menjadi sebuah negara ada tanggal 2 September 1967 oleh Roy Bates dan istrinya. Saat masih menjadi bekas benteng, nama wilayah ini adalah Rough Tower. Namun, setelah menjadi negara namanya berganti menjadi Kerajaan Sealand. Negara ini hanya memiliki luas sebesar 25.000 meter saja.

Nah, itulah negara terkecil di duniaMeskipun memiliki wilayah yang kecil, tetapi negara tersebut memiliki destinasi wisata. Terlebih, beberapa negara di atas sering dijadikan wisata favorit oleh para turis.

Baca juga:  TikTok Ajak Ngedate Waitress - Lihat Reaksi Netizen Twitter!

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

cara mengatasi susah tidur

Sering Insomnia? Lakukan 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Ini

Punya Banyak Pulau, Ini 5 Peringkat Pulau Terbesar di Indonesia