in

10 Negara Terbesar di Dunia, Salah Satunya Setara 10% Luas Bumi!

Saking besarnya negara terbesar di dunia luasnya sampai sepuluh persen luas bumi. Simak 10 Negara terbesar di dunia yang mungkin banyak orang tak tahu!

Bumi yang kita pijak ini memiliki beberapa benua yaitu Amerika, Afrika, Australia, Asia, dan Eropa. Selain itu, bumi kita juga berisi banyak sekali negara Sekitar 196 negara yang ada, memiliki luas yang berbeda-beda, ada yang tidak memiliki laut dan banyak juga negara yang memiliki laut. Dari negara-negara yang ada, sering terbersit pertanyaan, negara terbesar di dunia ini dimana ya?

Jika jawabanmu Tiongkok, maka kamu perlu belajar lagi ya, hehe. Tiongkok memang bisa didefinisikan sebagai negara yang besar, tapi bukan yang terbesar jika dilihat dari luas wilayahnya.

Jadi, negara apa yang terbesar berdasarkan luas wilayah? Yuk, simak 10 negara terbesar di dunia berikut ini!

Algeria

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: gisreportsonline

Dengan luas tanah sebesar 2.38 juta km2, Algeria merupakan negara terbesar di benua Afrika. 90% negara ini merupakan daerah gurun pasir dan kebanyakan gurun pasir tersebut memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

Kazakhstan

Negara Terbesar di Dunia

Sumber: astanatimes

Dengan mayoritas wilayah berupa dataran stepa dan dataran tinggi, Kazakhstan memiliki luas mencapai 2.72 juta km2. Meski cukup luas, Kazakhstan merupakan negara terbesar yang tidak mempunyai garis pantai sama sekali (landlocked).

Argentina

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: bola.bisnis

Negara dengan luas 2.780.400 km2 merupakan negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Negara ini memiliki topografi dan iklim yang sangat bervariasi.

India

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: Aljazeera

Negara yang terkenal dengan film Bollywood ini memiliki luas wilayah cukup besar yaitu 3.29 juta km2.

Dari luas itu, India memiliki bentang alam yang sangat beragam, mulai dari pegunungan tinggi Himalaya berlapis es di Utara hingga pantai-pantai tropis di bagian Selatan.

Australia

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: West 1

Kondisi outback Australia yang sangat kering, gersang, dan panas membuat persebaran penduduknya tidak merata.

Dengan luas benua 7.69 juta km2, mayoritas penduduk Australia tinggal di kota-kota yang di daerah pesisir, seperti Sydney dan Melbourne di Timur dan Perth di Barat.

Selain terkenal akan iklimnya yang ekstrim dan tidak bersahabat, Australia juga terkenal akan flora dan faunanya yang unik dan kerap dianggap berbahaya bagi manusia.

Brazil

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: Forbes

Negara yang terkenal dengan hutan Amazon-nya ini memiliki luas wilayah mencapai 8.51 juta.

Selain itu, garis pantai yang dimiliki pun cukup panjang yaitu sepanjang 8,000 km. Mayoritas kota-kota besar di Brazil terletak di pesisir pantai seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

Republik Rakyat Tiongkok

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: Space News

Bukan rahasia umum jika Tiongkok memiliki penduduk yang banyak. Meski memiliki penduduk sekitar 1.35 milyar, luas tanah Tiongkok cukup luas yakni 9.6 juta km2.

Negara ini memiliki jumlah penduduk Muslim ke 18 terbesar di dunia dan Kristen terbesar ke 19 di dunia.

Amerika Serikat

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: Pexels

Negara yang menjadi dambaan semua orang ini ternyata memiliki luas yang cukup besar, yaitu sekitar 9.63 juta km2.

Karena wilayahnya berada di tengah, Amerika Serikat memiliki bentang alam serta flora dan fauna yang sangat beragam. Tak heran kan kalau banyak orang ingin ke sana?

Kanada

Luas wilayah negara  ini adalah 9.98 juta km2. Negara ini juga memiliki garis pantai sepanjang 202,308 km2. Terletak di antara Amerika Serikat dan Kutub Utara, Canada memiliki iklim yang sangat dingin dan tidak bersahabat. Jadi, kalau kamu ingin ke Canada siap-siap baju hangat berlipat-lipat ya!

Rusia

Negara Terbesar di Dunia
Sumber: Unsplash

Di urutan pertama negara terbesar dengan luas wilayah daratan sekitar 17.1 juta km2, saat ini luas Rusia memenuhi 10% luas bumi.

Negara ini memiliki sangat banyak sumber daya alam dalam bentuk minyak bumi, gas alam, logam mulia serta berlian. Namun, karena topografi dan iklim yang kurang bersahabat, eksploitasi sumber daya ini kurang berkembang.

Baca juga:  Microwave Uang 20 Juta Rupiah untuk Cegah Terkena Virus Corona/COVID-19, Warga Korea Ini Malah Bangkrut!

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Artis Mualaf

Simak 5 Keputusan Artis Mualaf, Apakah Keimanan Dikalahkan Asmara?

Makanan Khas Jawa Barat

Berkunjung ke Jawa Barat? Wajib Coba 40 Makanan Khas Jawa Barat ini!