in

Ini Tahapan Perkembangan Bayi 8 Bulan, Sudah Mulai Mampu Berdiri!

Orang tua perlu mengetahui perkembangan bayi. Dalam setiap tahapan terdapat tanda-tanda pertumbuhan bayi. Lalu bagaimana dengan perkembangan bayi 8 bulan?

Perkembangan bayi 8 bulan umumnya sudah mulai berdiri dengan bantuan memegang kursi atau benda di sekitarnya. Pada usia ini, bayi juga sudah mulai merasa penasaran dengan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya. Di usia 8 bulan, bayi juga akan mulai belajar untuk duduk dengan menekuk lutut setelah berdiri. Pada tahap ini, orangtua dapat membantunya belajar berjalan dengan memegang kedua tangannya. Selain mulai mampu berdiri, masih banyak lagi kemampuan lain yang dimiliki oleh bayi berusia 8 bulan seperti yang berikut ini:

Semakin aktif dalam bergerak

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Bayi Membanting Mainan
Sumber: Tenor

Perkembangan bayi 8 bulan yang pertama adalah makin aktifnya si buah hati dalam menggerakkan mainan dengan berbagai cara, seperti membanting, mengocok, meremas, memukul, dan menjatuhkannya. Bayi tidak bermaksud merusak benda yang dipegangnya, tetapi ia hanya ingin tahu saja.

Mulai bermain dengan mainan

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Bayi Bermain Telepon Mainan

Sumber: Computerworld

Mulai senang bermain dengan mainan yang menyerupai bentuk benda aslinya. Misalnya seperti cangkir plastik, telepon mainan, atau plastik berbentuk buah-buahan. Pastikan bahwa mainan ini sudah berlabel aman untuk bayi.

Bayi mulai bisa makan sendiri

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Finger Food
Sumber: Happy Family Organics

Bayi berusia 8 bulan juga sudah mulai bisa menyantap sendiri finger foods atau makanan kecil lainnya yang dapat dipegang. Bayi akan mulai mengambil dan mengenggam makanan dengan tangannya. Finger foods seperti wortel, apel, brokoli, yang sudah dipotong memanjang dan dimasak hingga lunak bisa anda berikan untuk bayi. Tetapi, selalu awasi bayi saat makan sendiri untuk menghindari bayi tersedak.

Senang memasukkan jari ke lubang

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Permainan Jari
Sumber: Parenting.firstcry

Di usia 8 bulan, biasanya bayi juga akan mulai senang memasukkan jarinya ke lubang atau sela-sela, misalnya seperti lubang kunci atau mainan. Awasi bayi ketika sedang bermain dengan benda-benda ini.

Bayi mulai merespon kata-kata

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Bayi Merespon Kata-kata
Sumber: Smith Sonian Mag

Bayi berusia 8 bulan biasanya juga sudah bisa merespons kata-kata yang sering ia dengar. Di usia ini, ia sudah bisa mengucapkan sebuah kata dengan benar yang ditujukan untuk menyebut seseorang atau sesuatu yang ia inginkan. Misalnya seperti mama atau papa. Untuk merangsang perkembangan bahasanya, ajak bayi untuk berkomunikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan bercerita mengenai banyak hal, seperti rutinitas anda, kegiatan yang sedang dilakukan, atau membacakan dongeng untuk bayi.

Kemampuan bayi bersosial berkembang

Perkembangan Bayi 8 Bulan-Meniru Orang Dewasa
Sumber: Patrick Boivin

Kemampuan sosial bayi 8 bulan juga terus berkembang. Di usia ini, ia sudah bisa menirukan perilaku orang dewasa. Misalnya seperti berpura-pura bicara di telepon, minum dari cangkir, atau menyisir rambut. Untuk kedisiplinan, bayi berusia 8 bulan masih belum bisa memahami dan mengikuti peraturan. Tetapi ketika bayi melakukan hal baik, anda dapat memberikan pujian dan melarangnya saat ia melakukan sesuatu yang kurang baik.

Penglihatan bayi setara orang dewasa

Bayi Ketakutan
Sumber: Pinterest

Penglihatan bayi 8 bulan juga hampir setara dengan orang dewasa. Ia mulai bisa mengenali wajah orang dari jarak jauh. Dalam berinteraksi, ia mungkin akan merasa takut terhadap hal-hal yang tidak dikenal seperti bunyi peluit, suara dering telepon, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Murah dan Simpel Banget! Ini Dia Cara Membuat Gelembung Sabun Rumahan!

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Arti Mimpi Digigit Ular, Pertanda Buruk Bagi Anda?

Suka Bela Diri Karate? Ini 5 Film Karate Terbaik yang Wajib Ditonton