in

Pendidikan Anak Usia Dini Penting, Berikut 13 Manfaatnya

Di tahap usia emas anak yaitu 0 sampai 5 tahun, anak akan sangat peka menerima ilmu baru. Berikut kami rangkum pentingnya pendidikan anak usia dini untuk anda.

Pendidikan anak pada usia dini sebenarnya seperti investasi jangka panjang bagi anak untuk meraih kesuksesan. Dikutip dari jurnal Loeziana Uce, seorang tokoh pendidikan anak terkenal bernama Maria Montessori menyatakan bahwa pada rentang usia lahir sampai usia 6 tahun, anak mengalami  masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif menerima berbagai rangsangan. Selama masa periode sensitif inilah, anak  begitu mudah menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya baik disengaja maupun tidak disengaja.

Apa itu Pendidikan Anak Usia Dini?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu tentang pendidikan anak usia dini atau lebih sering disingkat dengan PAUD. PAUD adalah program pendidikan yang diperuntukan untuk anak usia tiga sampai lima tahun. PAUD juga sering disebut dengan Taman Kanak-kanak atau TK. Baik TK maupun PAUD memiliki tujuan yang sama, yaitu mempersiapkan anak menuju Sekolah Dasar (SD). Memberikan anak perhatian khusus sebelum beranjak ke Sekolah Dasar membangun pondasi awal untuk masa depan mereka.

Apa Tujuan Utama Pendidikan Anak Usia Dini?

Pendidikan Anak Usia Dini tak ubahnya sebuah program pelatihan untuk anak balita. Selama kelas berlangsung, anak akan meningkatkan kemampuan sosial, emosi, fisik dan kognitif yang sangat dibutuhkan untuk masa depan anak yang lebih cerah. Jika PAUD dijalankan secara benar, ini dapat menumbuhkan rasa cinta belajar pada anak seumur hidupnya. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah deretan manfaat yang sebaiknya orangtua pahami:

Pendidikan Anak Usia Dini Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak

Pendidikan Anak Usia Dini-Melatih Sosial Anak
Sumber: Youtube Defin Rasyid

Manusia adalah mahluk yang sangat sosial, dan konsep utama dalam kegiatan bersosialisasi berakar di masa awal kanak-kanak.  Di lingkungan yang aman namun jauh dari keluarga, anak-anak bertemu dengan teman sebaya, menanamkan benih-benih sosialisasi dan pertemanan dalam pemikiran dini sang anak. Ini membantu mengembangkan kepercayaan diri pada anak-anak anda dengan menghilangkan sifat pemalu mereka.

Pendidikan Anak Usia Dini Membantu Anak Belajar Bekerjasama Dalam Team Work 

Pendidikan Anak Usia Dini-Belajar Bekerjasama

"use strict"; var adace_load_62f3da1b36b3e = function(){ var viewport = $(window).width(); var tabletStart = 601; var landscapeStart = 801; var tabletEnd = 961; var content = '%3Cscript%20async%20src%3D%22%2F%2Fpagead2.googlesyndication.com%2Fpagead%2Fjs%2Fadsbygoogle.js%22%3E%3C%2Fscript%3E%0A%09%09%3Cins%20class%3D%22adsbygoogle%20adace_adsense_62f3da1b36acb%22%0A%09%09style%3D%22display%3Ablock%3B%22%0A%09%09data-ad-client%3D%22ca-pub-6232974854678209%22%0A%09%09data-ad-slot%3D%224022029581%22%0A%09%09data-ad-format%3D%22auto%22%0A%09%09%3E%3C%2Fins%3E%0A%09%09%3Cscript%3E%28adsbygoogle%20%3D%20window.adsbygoogle%20%7C%7C%20%5B%5D%29.push%28%7B%7D%29%3B%3C%2Fscript%3E'; var unpack = true; if(viewport=tabletStart && viewport=landscapeStart && viewport=tabletStart && viewport=tabletEnd){ if ($wrapper.hasClass('.adace-hide-on-desktop')){ $wrapper.remove(); } } if(unpack) { $self.replaceWith(decodeURIComponent(content)); } } if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_62f3da1b36b3e(); } else { //fire when visible. var refreshIntervalId = setInterval(function(){ if($wrapper.css('visibility') === 'visible' ) { adace_load_62f3da1b36b3e(); clearInterval(refreshIntervalId); } }, 999); }

})(jQuery);

Sumber: Dunia Belajar Anak

Selama fase ini, anak-anak belajar untuk berbagi, bekerja sama, bergiliran, dan sebagainya. Ini semua adalah bagian dari kehidupan sosial yang aman. Ini sangat bermanfaat bagi anak tunggal, yang tidak terbiasa harus berbagi banyak hal pada anak lain. Dalam lingkungan aman yang disediakan ini, anak akan belajar bekerja sama dengan bimbingan dari para profesional dalam PAUD.

Di sisi lain, kemampuan kerja tim seseorang didasarkan pada sikap menghargai pendapat orang lain, keterampilan mendengarkan dan kesadaran terhadap kesetaraan. Semua kualitas ini harus diajarkan pada usia muda. Banyak kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini difokuskan pada kerja tim dan membantu anak-anak meningkatkan sikap dalam sebuah kelompok.

Membantu Perkembangan Holistik Anak

Pendidikan Anak Usia Dini-Makan Bersama
Sumber: Quipper

Sebagai manusia, penting untuk memiliki dasar yang kuat dalam setiap aspek kepribadian seperti emosi, sosial, mental dan fisik. Para guru yang menangani anak-anak kecil dilatih dengan baik untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang lebih lemah dari seorang anak dan mendorong mereka untuk meningkat melalui sesi-sesi praktis. Interaksi di antara teman sebaya sangat penting dalam konteks ini.

Membangun Ketertarikan Anak untuk Terus Belajar Seumur Hidupnya

Pendidikan Anak Usia Dini-Belajar
Sumber: Unicef USA

Anak-anak akan mengembangkan rasa “haus”  belajar jika mereka diajarkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Semangat dan antusiasme untuk belajar ini akan tetap bersama mereka sepanjang hidup mereka loh!

Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak dan memberikan Persepektif Baru Tentang pendidikan

Pendidikan Anak Usia Dini-Menghitung Apel
Sumber: Mirror UK

Lingkungan baru yang disediakan di program pra sekolah memberi anak-anak perspektif baru tentang nilai pendidikan, ketika pendidikan yang diperoleh anak dapat diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Di sisi lain, Rutinitas yang berulang dan kegiatan mengerjakan tugas serta serangkaian kegiatan lain di sekolah PAUD membantu anak untuk meningkatkan daya konsentrasinya.

Anak Menjadi Berani Menghadapi Tantangan

Pendidikan Anak Usia Dini-Berani Menghadapi Tantangan
Sumber: Kompas

Keadaan masyarakat kita yang selalu dinamis dan berubah-rubah membuat kita harus mengembangan daya tahan pada diri sendiri sedini mungkin. Skenario menantang yang disediakan oleh para profesional di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini membantu anak-anak belajar melalui pengalaman mereka sendiri. Mungkin anak anda akan pulang dengan luka goresan kecil di bagian tubuh tertentu karena terlalu asyik bermain dalam serangkaian permainan yang melibatkan fisik anak. Namun, tantangan yang mereka dapatkan ini menjadi fondasi anak untukberani  menghadapi tantangan lain di masa depan mereka.

Melatih Kesabaran dan Meningkatkan Rasa Hormat Anak

Pendidikan Anak Usia Dini-Melatih Kesabaran Anak
Sumber: Nakita.grid

Dalam kehidupan orang dewasa, kesabaran seringkali diuji dalam berbagai macam keadaan. Untuk itu, anak-anak harus dilatih untuk menangani situasi seperti itu sejak dini. Di dalam sekolah PAUD, anak akan dilatih kesabarannya seperti berbagi perhatian guru, menunggu giliran, mengantre, dan lain-lain. Selain itu, Lingkungan prasekolah juga membantu mengembangkan rasa hormat anak. Tidak hanya pada orang  lain dan benda-benda kepunyaan mereka, namun juga pada lingkungan sekitar anak.

Meningkatkan Kepercayaan diri dan Harga Diri Anak

Pendidikan Anak Usia Dini-Kepercayaan Diri Anak
Sumber: Lita-octaviani.blogspot

Interaksi positif dengan teman sebaya dan guru mendorong pandangan positif tentang diri mereka sendiri. Ini adalah dampak penting dari pendidikan anak usia dini.

Mendukung Perkembangan Otak Anak

Pendidikan Anak Usia Dini-Perkembangan Otak Anak
Sumber: Hello Sehat

Kegiatan di dalam program Pendidikan Anak Usia Dini meningkatkan perkembangan otak. melalui berbagai kegiatan yang melibatkan analisis dan penalaran logis yang membantu mereka mengembangkan keterampilan.

Membiasakan Anak pada Keberagaman

Pendidikan Anak Usia Dini-Mengajarkan Anak Keberagaman
Sumber: Detik News

Ada begitu banyak perbedaan di dunia modern dewasa ini.  Anak-anak perlu diajarkan untuk menyadari, menghargai dan menerima perbedaan dalam masyarakat. Setiap kata, pengalaman, dan orang baru dapat membentuk anak kecil saat mereka tumbuh dewasa nantinya. Hal ini dikarenakan masa kanak-kanak memiliki kesan yang membekas pada seumur hidup seseorang.

Studi terbaru mengungkapkan pentingnya pendidikan anak usia dini karena dapat mempengaruhi perkembangan mental, emosional dan fisik. Karenanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak Anda, pastikan anak anda berpartisipasi dalam sekolah PAUD yang berkualitas demi masa depan anak yang lebih baik.

Sumber: Parenting.firstcry

Baca juga:  Fakta Anak Pertama Perempuan, Benarkah Lebih Cerdas?

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Skandal Artis Korea Selatan yang Menghebohkan Dunia

5 Benua Terbesar di Dunia, Apakah Afrika Jadi yang Terbesar?