in

Bukan di Arab Saudi, Ini Daftar 5 Negara Terkaya di Dunia

Banyak yang mengira Arab Saudi dengan kilang minyak yang melimpah merupakan negara terkaya di dunia. Namun Arab Saudi bahkan tidak masuk kedalam lima besar.

Banyak yang bepikir Arab Saudi menjadi negara terkaya di dunia. Jika patokan menjadi orang terkaya di dunia adalah jumlah kekayaan masyarakat dalam negara tersebut, maka patokan untuk negara terkaya di dunia adalah seberapa banyaknya GDP (Gross Domestic Product) per kapita setiap tahunnya.

Banyak yang mengira negara terkaya di dunia adalah negara-negara di bagian Timur Tengah, salah satunya Arab Saudi. Ini dikarenakan negara-negara tersebut merupakan kilang minyak terbesar. Nah, ternyata anggapan tersebut selama ini salah. Berikut adalah daftar dari 5 negara paling kaya di dunia:

Irlandia

Irlandia
Sumber: Lonely Planet

Kita mulai dari peringkat ke 5 yaitu negara Irlandia. Negara ini dulunya negara berkembang biasa, hingga kemudian mereka mengubah fokusnya dan beralih pada sektor industri. Jika dulu Irlandia mengekspor makanan, maka saat ini mereka mengekspor komputer, bahan-bauan pabrik, obat-obatan, farmasi, dan industri lainnya.

Seluruh hasil dari keuntungan mereka paling banyak diinvestasikan pada bidang pendidikan. Tidak heran bila negara ini banyak mencetak sarjana-sarjana hebat yang mengundang banyak pula investor besar untuk menanam modal di negara ini.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Sumber: The Daily Star

Kemudian yang kedua adalah Brunei Darussalam. Siapa yang menyangka bahwa negara tetangga kita ini termasuk jajaran negara terkaya. Hal ini karena ladang minyak dan gas yang dimiliki serta beban ketergantungan yang rendah membuat negara ini memiliki GNP yang besar. Gaji rata-rata dari pekerja di sini adalah 800 dolar atau sekitar 8,2 juta.

Singapura

Patung Merlion, Singapura
Sumber: Down to Earth

Selanjutnya adalah negara Singapura. Negara tetangga ini juga dinobatkan menjadi salah satu negara terkaya di dunia berkat sektor bisnisnya. Bagaimana tidak, jika mengurus perizinan bisnis cukup 3 jam saja. Efisien sekali, bukan? Untuk masalah gaji bulanan dari penduduk Singapura sendiri belum diketahui pasti, hanya saja untuk pekerjaan kasar, gajinya tidak kurang dari 1000 dolar atau sekitar 10 juta rupiah. Fantastis bukan?

Luksemburg

Luksemburg
Sumber: dzieckowdrodze

Negara terkaya kedua diduduki oleh negara Luksemburg. Meski termasuk jajaran negara kecil namun Luksemburg berhasil menduduki peringkat kedua atas kekayaannya. Dulunya negara ini merupakan negara agraris, namun masuknya industri mampu mengubah perekonomian negara secara signifikan. Ditambah lagi ternyata Luksemburg memiliki tingkat keamanan yang tinggi terhadap harta nasabahnya. Kabarnya, harta kekayaan keluarga Kim Jong-Un salah satunya berada di negara ini. Rata-rata gaji dari pegawai disini adalah 29 juta.

Qatar

Qatar
Sumber: Pink News

Berikutnya adalah negara dengan rank tertinggi, alias negara paling kaya di dunia. Negara ini adalah negara Qatar. Ternyata negara Timur Tengah itu bukan Arab Saudi, ya. Meski sempat disebut negara miskin, ternyata lewat ladang gas alam yang ada di wilayahnya Qatar mampu menjadi negara terkaya mengalahkan ke empat negara yang telah kita bahas di atas.

Menjadi negara terkaya di dunia, ternyata tidak menjadikan negara ini memberikan gaji besar pada pekerjaannya. Meski demikian, Qatar memberikan subsidi air, listrik, pendidikan, hingga hunian gratis bagi masyarakatnya.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Dibanding 5 Negara Tertua Di Dunia, Indonesia Masih Muda!

Lagu Anak Bahasa Inggris ini Bikin Jago Listening