in

Urutan Film Star Wars Berdasarkan Tahun Release, Makin Seru!

Franchise Film Star Wars wajib kamu tonton. Berikut adalah urutan Film Star Wars berdasarkan tahun release yang harus kamu pahami sebelum binge watching.

Sumber: moviedash.com

Genre sci fi dan action merupakan genre yang sukses dan selalu banyak diminati oleh para pecinta film di berbagai negara. Genre ini juga telah melahirkan franchise-franchise film populer yang selalu diminati selama bertahun-tahun dari berbagai generasi. Salah satunya adalah franchise film Star Wars karya George Lucas yang menceritakan pertarungan keren di luar angkasa. Ingin lebih memahami Star Wars? Berikut adalah urutan film Star Wars berdasarkan tahun perilisannya:

Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977)

urutan film star wars
Sumber: screenrant.com

Urutan Film Star Wars yang pertama adalah Star Wars: Episode IV – A New Hope. Film ini mengawali semuanya dan mengenalkan lightsaber, Jedi, Wookie, Luke bertemu Obi-Wan, mengetahui Force dan Darth Vader hingga menyelamatkan Princess Leia. George Lucas sebagai sutradara mampu mengawali rangkaian cerita panjang ini dengan baik di tahun 1977.

Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Sumber: Disney/Lucasfilms

Urutan Film Star Wars yang selanjutnya adalah The Empire Strikes Back yang menampilkan cerita yang lebih serius. Di film ini Luke mulai berlatih dengan Yoda, bagaimana cerita Han Solo dan Princess Leia dikejar oleh Darth Vader. Banyak yang menganggap film ini sebagai sekuel terbaik sepanjang masa.

Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983)

urutan film star wars
Sumber: imdb.com

Di sini Luke berusaha membawa Darth Vader keluar dari sisi jahatnya. Seiring kelanjutan cerita yang semakin serius tersebut, Return of the Jedi juga mengenalkan karakter spesies bernama Ewoks. Mereka terlihat seperti beruang yang masih hidup dengan teknologi dan senjata yang primitif seperti jaman batu. Urutan Film Star Wars yang release di tahun 1983 ini wajib kamu tonton.

Star Wars: Episode I – The Phantom Menace (1999)

Sumber: proprofs.com

Meski menjadi urutan Film Star Wars keempat yang diproduksi, ini adalah film pertama dari prekuel trilogi Star Wars. Meski memiliki jarak yang jauh dengan perilisan franchise pertama Star Wars, minat publik pada The Phantom Menace tetap tinggi dan menjadi film dengan pendapatan paling banyak di tahun tersebut. Film ini menceritakan Obi-Wan Kenobi, Qui Gon Jinn, usaha untuk melindungi ratu Naboo dan menemukan laki-laki bernama Anakin Skywalker.

Star Wars: Episode II – Attack of the Clones (2002)

urutan film star wars
Sumber: LucasFilms

Film ini menunjukkan bagaimana proses Darth Vader bisa menjadi karakter jahat dan juga hubungan antara dia dengan Ratu Padme Amidala. Sementara itu Obi-Wan Kenobi sedang menyelediki sebuah rencana pembunuhan Amidala dan menemukan rahasia pasukan yang dibuat untuk Republic. Urutan Film Star Wars yang ke-5 ini memberikan beberapa adegan penting untuk franchise Star Wars.

Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith (2005)

Sumber: thetangential.com

Revenge of the Sith menampilkan usaha Anakin sebagai agent ganda antara Jedi Council dengan Palpatine. Revenge of the Sith menunjukkan niat jahatnya untuk dapat menguasai galaksi. Di film ini, terlihat proses hancurnya Republic dan duel lightsaber yang mengantarkan kita ke karakter jahat Darth Vader. Film Star Wars arahan sutradara George Lucas ini menutup trilogi tersebut dengan baik.

Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

urutan film star wars
Sumber: skywavemovies.files.wordpress.com

Star Wars The Force Awakens yang disutradarai J.J Abrams ini menampilkan setting waktu 30 tahun setelah peristiwa di Return of the Jedi. Tidak hanya memunculkan konflik baru, di sini juga ada dua karakter muda bernama Rey dan Finn yang tangguh. Ini adalah film pertama Star Wars yang diproduksi oleh Disney, dan menjadi urutan Film Star Wars yang ke-7.

Rogue One – A Star Wars Story (2016)

Sumber: imdb.com

Rogue One – A Star Wars Story yang dirilis tahun 2016 itu menceritakan peristiwa sebelum A New Hope. Di film Rogue One – A Star Wars Story ini kita mengetahui adanya senjata mematikan dan berbahaya yang bernama Death Star. Penonton akan melihat siapa yang membuat Death Star dan bagaimana itu bisa dengan mudah dihancurkan.

Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi (2017)

urutan film star wars
Sumber: medium.com

Karakter Rey semakin memiliki peran yang penting dalam cerita franchise film Star Wars ini. Di Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi, Rey ingin Luke Skywalker melatih dirinya. Namun Luke sempat memiliki alasan tersendiri untuk enggan menuruti permintaan Rey tersebut. Ditampilkan juga sosok karakter jahat Kylo Ren. Sementara itu, The Resistance bersiap untuk melawan First Order. Film Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi ini disutradarai oleh Ryan Johnson dan menuai beragam komentar mulai dari kritik hingga pujian karena dibandingkan dengan film-film sebelumnya.

Solo – A Star Wars Story (2018)

Sumber: Disney/Lucasfilms

Seperti yang terlihat di judulnya, di urutan Film Star Wars ke-9 ini kita akan semakin mengenal karakter protagonis, Han Solo. Solo – A Star Wars Story memang dirilis diantara sekuel trilogi Star Wars. Namun sebenarnya film arahan sutradara Ron Howard ini menunjukkan setting waktu sepuluh tahun sebelum cerita di A New Hope. Han Solo bertemu co-pilot Chewbacca dan bertemu Lando Calrissian beberapa tahun sebelum dia bergabung dengan Rebellion.

Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019)

urutan film star wars
Sumber: forbes.com

Star Wars The Rise of Skywalker adalah urutan Film Star Wars yang release pada tahun 2019. Film keren produksi LucasFilms dan Walt Disney Pictures arahan sutradara  J.J Abrams tersebut menjadi penutup dari trilogi terbaru. Bercerita tentang Rey yang menghadapi Kylo Ren dan juga mengetahui rahasia tentang orangtuanya dan apa yang akan terjadi pada dia kedepannya. Film Star Wars The Rise of Skywalker ini tetap tak lepas dari kritikan.

Baca juga:  Ini Dia 6 Film Kevin Spacey, Pemain Serial Netflix “House of Cards”

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

8 Film Thailand Romantis Ini dijamin Bikin Perasaanmu Jungkir Balik!

10 Film Kerajaan dalam Berbagai Genre: dari Komedi Hingga Tragedi