in

Sinopsis Dune, Film Adaptasi Novel Fiksi Ilmiah Terlaris Sepanjang Sejarah

sinopsis dune
cnet4

Sinopsis Dune – Satu lagi fim paling ditunggu yang harus menunda perilisannya akibat pandemi Covid-19, yakni Dune.

Film yang sering dibandingkan dengan Star Wars atau Game of Thrones ini diadaptasi dari novel fiksi ilmiah terlaris sepanjang sejarah dengan judul yang sama.

Novel karya Frank Herbert tersebut terbit pada 1965 dan berhasil meraih Hugo Award serta Nebula Award untuk kategori fiksi ilmiah luar biasa.

Selain diangkat dalam film layar lebar, sebelumnya Dune pernah digarap dalam bentuk lima sekuel, mini seri, PC game, dan beberapa prekuel.

Melihat potensi tersebut, Legendary Pictures, studio asal California mengakuisisi hak film dan serial Dune pada November 2016.

Sebulan setelah akusisi, Denis Villeneuve dikabarkan akan menjadi sutradara untuk versi reboot Dune.

Seperti diketahui, Denis merupakan sutradara yang dinobatkan sebagai “Filmmaker of the Decade” oleh The Hollywood Critics Association.

Sinopsis Dune

Dune mengangkat kisah seorang pemuda bernama Paul Atreides (Tomothee Chalamet). Ia dan keluarganya akan pindah dari Caladan untuk menjalani kehidupan baru di planet Arrakis. Planet ini dikenal dengan kondisi geografis berupa gurun yang luas.

Meski tampak gersang, namun ada yang istimewa planet Arrakis. Banyak ditemukan aneka rempah-rempah nan melimpah yang disebut spice. Rempah-rempah ini berkhasiat untuk menyembuhkan luka di tubuh sehingga sering dimanfaatkan sebagai obat.

Di samping itu, siapa pun yang memakan spice diyakini dapat memiliki umur yang panjang dan sehat di masa depan.

Keluarga Paul pun cukup beruntung, pasalnya Planet Arrakis telah diwariskan kepemilikannya kepada mereka.

Selain klan Atreides, planet Arrakis juga ditinggali oleh para penduduk asli yang dinamakan Fremen.Selain mereka, terdapat keluarga kerajaan yang menjadi musuh bagi keluarga Atreides.

Ekosistem gurun di Planet Arrakis sebenarnya tidak ramah untuk sebagian besar kehidupan organik. Oleh karenanya, Suku Fremen memiliki ritual untuk melakukan konservasi air di planet gersang tersebut.

Mereka menggunakan sistem menghemat air dengan menyulingnya dari orang mati. Rempah-rempah yang tercipta pun berasal dari siklus hidup ulat pasir raksasa yang mendominasi gurun.

Film Dune memiliki cerita yang sangat mendetail, bahkan lebih baik dari karya Villeneuve, seperti Blade Runner 2049.

Pemain film Dune

fastly

Dune dibintangi oleh Timothée Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson ,Oscar Isaac, Jason Momoa, Josh Brolin, Dave Bautista, dan Javier Bardem.

Sementara itu, Denis Villeneuve sutradara film ini juga merangkap sebagai penulis bersama Jon Spaihts dan Eric Roth.

Fakta menarik tentang film Dune

faroutmagazine

Sebelum digarap oleh Denis Villeneuve, Dune dua kali gagal difilmkan. Film ini pertama kali dikerjakan oleh sutradara Alejandro Jodorowsky.

Namun sayang, usahanya menggarap film Dune akhirnya tidak pernah terwujud.

Terlebih padatnya materi kisah Dune  membuat konsep film arahan Jodorowsky berdurasi hingga 14 jam. Visi ambisiusnya pun akhirnya diwujudkan dalam dokumenter Jodorowsky’s Dune (2013).

Setelah gagal diangkat menjadi film, kemudian proyek Dune  jatuh ke tangan sutradara David Lynch. Dia berhasil mengadaptasi novel ini ke layar lebar melalui Dune (1984).

Bukan respon positif, film ini malah dikritik habis-habisan. Bahkan, mendapatkan predikat “Film Terburuk” di ajang Stinkers Bad Movie Award.

Baca juga:  10 Sinetron Indonesia Terbaik Ini Beri Banyak Pelajaran Hidup

What do you think?

Written by Kamong

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

sinopsis night in paradise

Sinopsis Night in Paradise (2021), Film Baru Aktris Drakor Vincenzo – Jeon Yeo Bin

sinopsis love and monsters

Sinopsis Love and Monsters, Film Baru Dylan O’Brien Tayang di Netflix Bulan April!