in

10 Sinetron Indonesia Terbaik Ini Beri Banyak Pelajaran Hidup

Walau sering dianggap negatif, Indonesia masih memiliki sinetron yang mendidik, loh. Berikut adalah rangkuman 10 rekomendasi Sinetron Indonesia untukmu.

Sumber: rcti.tv

Indonesia memiliki banyak stasiun TV yang cukup produktif menayangkan acara sinetron. Baik itu sinetron Indosiar, sinetron RCTI atau SCTV hingga Global TV, sinetron-sinetron tersebut pasti memiliki banyak penggemar setia. Namun akhir-akhir ini, sering kita temui protes di media sosial tentang tontonan TV yang kurang mendidik dan diantara acara-acara yang diprotes adalah program sinetron yang justru memberikan pengaruh negatif dan gaya hidup yang salah untuk anak-anak muda generasi penerus bangsa. Namun meski begitu, Indonesia tetap memiliki banyak sinetron dengan cerita seru yang berkualitas. Apa saja? Simak rangkuman Sinetron Indonesia terbaik berikut ini:

Sinetron Indonesia yang Melegenda: Keluarga Cemara

sinetron indonesia
Sumber: Tribunnews.com

Kalimat “Harta yang paling berharga adalah keluarga” sangat populer karena sinetron ini terutama di telinga anak-anak yang menjumpai era televisi tahun 90-an. Tak berlebihan rasanya ketika melabeli Keluarga Cemara sebagai salah satu sinetron terbaik di Indonesia. Sinetron ini menampilkan kesederhanaan dan hangatnya keluarga, sesuatu yang sangat berbeda dibanding sinetron jaman sekarang yang hanya fokus pada gaya hidup mewah. Keluarga Cemara memberikan banyak pesan positif pada penonton.

Si Doel Anak Sekolahan

Sumber: liputan6.com

Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron Indonesia terbaik yang seolah tak lekang oleh waktu. Ada banyak aktor-aktor senior yang berbakat di sinetron ini. Si Doel Anak Sekolahan menampilkan kehidupan sehari-hari Doel dan karakter lain dengan humor yang bagus. Terutama humor antara Mandra dengan Karyo yang sering bertengkar.  Si Doel Anak Sekolahan memberikan gambaran kehidupan yang sederhana dari masyarakat betawi namun tetap memiliki banyak sisi positif dan akting yang keren dari para pemerannya. Sama seperti Keluarga Cemara, sinetron ini sampai berlanjut diadaptasi dalam bentuk film.

Para Pencari Tuhan

sinetron indonesia
Sumber: dokumen SCTV

Ini adalah salah satu sinetron terbaik yang ditayangkan di bulan Ramadhan. Para Pencari Tuhan menampilkan awal hidup yang baru bagi tiga mantan narapidana yang bertemu pengurus masjid bernama bang Jek dan mulai belajar agama Islam. Melalui humornya, Para Pencari Tuhan akan menggelitik pikiranmu tentang nilai moral, memahami Islam dengan baik, dan kehidupan sosial yang seharusnya dijalani oleh manusia. Selain itu, para Pencari Tuhan juga menyelipkan kisah cinta antara Aya dengan Azzam. Sayangnya banyak yang berpendapat bahwa Para Pencari Tuhan mulai menurun kualitasnya setelah season 3.

Bajaj Bajuri

Sumber: daenggasing.com

Indonesia memiliki banyak sinetron-sinetron keren yang mampu menyampaikan cerita dengan humor yang segar. Salah satu yang terbaik dalam hal ini adalah Bajaj Bajuri. Cerita tentang seorang supir bajaj dan istrinya yaitu Oneng yang membuka usaha salon kecil-kecilan. Selain itu ada Emak yang hidup bersama pasangan suami istri ini. Cerita tentang keluarga sederhana tersebut hingga tetangganya yang lucu dijamin akan selalu menghibur meski sudah ditonton berulang kali. Bajaj Bajuri memperlihatkan kehidupan yang sederhana dan permasalahan mereka sebagai warga pinggiran Jakarta.

Suami-Suami Takut Istri

sinetron indonesia
Sumber: kapanlagi.com

Masih ingat dengan sinetron komedi Suami-Suami Takut Istri yang dulu ditayangkan di Trans TV? Setelah Bajaj Bajuri, ini adalah sinetron kocak yang tak kalah seru. Sinetron ini menceritakan suami-suami di sebuah perumahan kecil yang sama-sama takut dengan istri mereka. Terkadang suami-suami ini saling mendukung namun mendadak bisa berubah saling mencela dan membela keluarga masing-masing. Di sinetron ini, akting Amel Carla hingga Asri Welas akan selalu mengundang tawa penonton.

Preman Pensiun

Sumber: MNC Pictures

Preman Pensiun adalah salah satu sinetron berkualitas berkat akting keren dari aktor-aktornya dan penulisan naskah yang baik. Preman Pensiun menceritakan penguasa preman di Bandung yang memutuskan pensiun. Dengan awal cerita yang cukup serius, Preman Pensiun tetap dapat memberikan pesan moral untuk masyarakat yang dibungkus dalam humor-humor ringan. Apalagi ditambah akting Didi Petet dan Epy Kusnandar yang keren.

Cerita Anak Band Masuk Pesantren Dapat Kamu Saksikan di Pesantren & Rock ‘N Roll

sinetron indonesia
Sumber: Youtube

Di sinetron ini, kita akan diperlihatkan kehidupan para santri di sebuah pondok pesantren yang sederhana dan terletak jauh dari kota. Pesantren & Rock ‘N Roll. Ali Syakieb sebagai Wahyu Subuh, anak band dengan penampilan modern pun masuk pesantren dan mulai menyukai Nada sang anak perempuan kyai di pesantren tersebut. Ada karakter kocak santri Najib Maghrib (diperankan Ramzi) yang menjadi pesaing Wahyu dalam mendapatkan Nada.

Dunia Terbalik

Sumber: layar.id

Dunia Terbalik dianggap sebagai sinetron Indonesia 2019 yang terbaik. Sinetron ini menceritakan para suami yang harus mengurus pekerjaan rumah karena ditinggal istri-istrinya ke luar negeri. Selain itu, suami-suami ini juga harus mendidik anak mereka. Sinetron ini juga menyelipkan unsur-unsur komedi dan pesan moral kepada para penontonnya. Lewat permasalahan tiap karakternya, Dunia Terbalik juga memberikan sindiran pada konflik sosial yang terjadi di masyarakat.

Sinetron Indonesia Tentang Kehidupan Dua Tetangga: Tetangga Masa Gitu

sinetron indonesia
Sumber: hipwee.com

Net TV sebagai stasiun TV baru di Indonesia juga memiliki sinetron yang siap menghiburmu. Tetangga Masa Gitu menceritakan dua keluarga yang lucu. Ada seorang wanita karier (diperankan Sophia Latjuba) yang sukses dan suaminya (diperankan Dwi Sasono) yang terkadang menyebalkan tapi lucu. Di sisi lain ada pasangan muda yang suaminya (Deva Mahendra) romantis dan istrinya (Chelsea Islan) cerdas namun juga polos. Interaksi mereka berempat sebagai tetangga akan membuatmu tertawa.

Sinetron Indonesia Tentang Keseharian Ojol: Ok-Jek

Sumber: tribunnews.com

Satu lagi sinetron populer yang ditayangkan di Net TV. Ok-Jek akan menunjukkan apa saja permasalahan yang dihadapi para supir ojek online di masa kini. Mulai dari tuntutan di kantor yang dialami oleh karyawannya, kesabaran supir ojek menghadapi penumpang dengan karakter yang berbeda-beda hingga teman sesama supir ojek yang lucu. Sinetron komedi ini juga dibumbui dengan cerita lucu Iqbal (diperankan Oka Antara) yang menyukai Asna (Atiqah Hasiholan).

10 judul sinetron di atas membuktikan bahwa stasiun TV mampu untuk membuat tayangan-tayangan yang bagus dan memberikan pengaruh positif ke penontonnya. Tidak hanya menghibur, sinetron-sinetron ini sangat populer di masyarakat dan tentunya memberikan banyak pelajaran hidup pada para penonton melalui humor ringan. Terkadang kita juga belajar banyak hal melalui cerita-cerita fiktif yang sarat makna dan sindiran terhadap permasalahan sosial. Nah, manakah sinetron Indonesia terbaik yang paling kalian sukai hingga saat ini?

Baca juga:  Ini Dia 7 Film tentang Zombie yang Dramatis dan yang Penuh Komedi

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Penuh Haru, Inilah 9 Film Drama Terbaik Yang Bikin Auto Cengeng!

Inilah 10 Film Thailand Terbaik dari Beragam Genre, Wajib Ditonton!