in

Ini Dia Daftar 9 Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa

Jika mendengar kata “Hacker” mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah seorang peretas yang mampu membuat banyak orang dunia digital kelimpungan. Tetapi, hacker sebenarnya memiliki artian khusus, yaitu seseorang yang menganalisis, membuat sebuah program atau sistem untuk diterapkan pada software dan komputer. Profesi ini juga kerap dijadikan sebagai konsep utama dalam sinema layar lebar. Pembuat film berbau teknologi memang sengaja memberikan gambaran kreatif, bagaimana hacker memainkan peran dalam dunia maya. Biar nggak makin penasaran, lihatlah daftar film hacker terbaik berikut ini!

I.T.

Film I.T. dirilis tahun 2016, bercerita tentang Mike Regan (Pierce Brosnan) pengusaha kaya raya yang juga memiliki kehidupan sempurna. Bisnis sukses, keluarga harmonis dan rumah mewah bisa Regan dapatkan sekaligus. Namun, semua itu tak berlangsung lama ketika perusahaannya mengalami suatu masalah pada bagian teknis.

Regan akhirnya memanggil seorang teknisi untuk mengatasi masalah tersebut. Karena dianggap sebagai penolong perusahaan, teknisi muda itu pun diundang ke rumahnya. Ide ini mungkin terkesan baik, tapi rupanya menjadi sebuah petaka ketika si teknisi mulai menguntit kehidupan putri Regan, Kaitlyn (Stefanie Scott).

Terms and Conditions May Apply

film hacker terbaik

Terms and Conditions May Apply mungkin nggak mengemas alur tentang hacking, tapi jangan salah film ini justru menyuguhkan cerita yang sangat seru. Mengangkat genre dokumenter teknologi, segala skandal dibalik layanan gratis dunia maya akhirnya bisa terungkap.

Film yang tayang 2013 ini juga memberikan sajian informatif soal layanan gratis via internet. Penonton dibuat melek akan parahnya situs yang mengancam privasi digital para pengguna. Lebih WOW lagi, pemeran dalam film ini juga tak sembarangan lho. Ada Max Schrems, Moby, hingga si bos Facebook, Mark Zuckerberg.

The Social Network

Film yang satu ini memang tidak diperankan oleh Mark Zuckerberg, tapi ia adalah karakter utama yang menjadi alur cerita dalam “The Social Network.” Jesse Eisenberg didapuk sebagai Mark Zuckerberg, disinilah kamu bisa melihat kisah sukses Zuckerberg dari saat kuliah hingga seperti sekarang.

Digarap oleh sutradara terkenal David Fincher, The Social Network khusus menyajikan genre biografi-drama yang juga dibintangi oleh aktor Hollywood populer lainnya, sebut saja Justin Timberlake dan Andrew Garfield.

Hacker

film hacker terbaik

Film yang dirilis tahun lalu ini tidak hanya memanjakan penonton dengan kisah apik seorang hacker, namun juga ada sebuah cerita pilu dari sebuah keluarga. Hacker garapan sutradara Poul Berg bisa dibilang sebagai film hacker terbaik 2019, menceritakan seorang anak bernama Benjamin yang  secara tiba-tiba mengungkapkan jika ibunya masih hidup.

Seperti yang diketahui, saat masih kecil Benjamin kehilangan ibunya sehingga ia harus hidup seorang diri dan tinggal di panti asuhan. Ia tumbuh menjadi seorang hacking cilik dan menggunakan bakatnya untuk mencari kembali keberadaan sang ibu.

Who Am I

Film hacker terbaik dunia lainnya yang wajib kamu tonton adalah Who Am I. Karakter utamanya juga bernama Benjamin tapi diperankan oleh Tom Schilling. Benjamin adalah seorang peretas handal yang berasal dari Berlin dan tergabung dalam komplotan hacker Clown Laughing @ You atau dikenal dengan nama “CLAY”.

Max (Elyas M Barek) menjadi jembatan baru bagi Benjamin, dimana ia selalu merasa bahwa dirinya tak berguna. Komplotan ini ternyata suka melakukan aktivitas hacking dengan menyisipkan sebuah pesan unik. Awalnya mereka hanya mengincar ketenaran, hingga berakhir dilabeli sebagai kawanan teroris siber.

Snowden

film hacker terbaik

Ngomongin film hacker ciamik nggak afdol tanpa memasukkan nama “Snowden.” Film ini sarat akan pesan politik yang diambil berdasarkan buku karya Luke Harding berjudul The Snowden Files. Menceritakan tentang Edward Snowden (Joseph Gorden-Levitt), seorang tokoh kontroversial yang kerap membocorkan berkas rahasia milik badan intelijen Amerika Serikat atau NSA. Pria ini berani menguak berkas pengintaian ilegal yang membuat nyawanya juga otomatis terancam.

Mr. Robot

Sebelum kesuksesan besar menjemput Rami Malek lewat perannya sebagai Freddie Mercury, ia pernah menjadi seorang hacker dalam film “Mr. Robot.” Film ini mengisahkan tentang Elliot Alderson, hacker muda yang bekerja sebagai teknisi di Allsafe (perusahaan keamanan dunia maya).

Ia bertugas memberantas kejahatan yang ada di dunia maya, kemampuan Elliot akhirnya menarik perhatian seorang pria misterius berjuluk Mr. Robot. Pria ini berniat mengajak Elliot bekerjasama untuk menghancurkan perusahaan Elliot sendiri.

Deep Web

Deep Web memiliki rating cukup tinggi sebagai salah satu film hacker paling apik yang mengambil konsep dokumenter. Tidak hanya itu, film ini juga dibintangi sederet tokoh terkenal di balik situs terlarang dalam jaringan Deep Web.

Deep Web sendiri merupakan jaringan internet yang terenkripsi dan terdesentralisasi, yang pasti sangat berbahaya bagi para pengunjung awam dunia maya. Disini, kamu akan tahu kejadian saat Silk Road ditangkap, ia merupakan salah satu pemilik situs jual-beli barang ilegal ternama di Deep Web.

SEARCHING

Film hacker terbaik dunia yang terakhir ada “SEARCHING” garapan sutradara Aneesh Chaganty. Dengan mengusung genre drama, mystery dan thriller, film ini megisahkan tentang seorang ayah yang putus asa dalam mencari putrinya.

Hilangnya si buah hati membuat David berusaha mati-matian, hingga ia memiliki ide untuk membobol laptop anaknya. David akhirnya mulai menemukan jalan ketika mencari jejak kaki digital sang putri dari laptop tersebut. Seperti apa kelanjutan kisahnya?

Nah, itu tadi 9 rekomendasi film hacker terpopuler versi Fyine yang bisa kamu tonton sambil rebahan. Ada yang lebih seru dari film-film ini? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

Baca juga:  Film Animasi 2018: 8 Judul yang Masih Relate untuk Ditonton!

What do you think?

Written by timmy

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Tonton 7 Film Drama Korea Terbaik ini Untuk Kebutuhan Romansamu!

9 Film Psikopat Terbaik: Dibalik Aksi Pembunuhan Paling Sadis