in

Tonton 6 Film TNI yang Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia Raya

film tni

Pernah nggak kalian bercita-cita jadi tentara? Tak masalah apabila hal tersebut nggak kesampaian guys. Kamu masih bisa mendukung Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya memajukan film tanah air. Ada banyak genre film dari negeri sendiri juga bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga, termasuk sinema tentang patriotisme yang ditelurkan dari kisah nyata seperti biografi Pahlawan Nasiona hingga tragedi bersejarah. Seperti daftar film TNI di bawah ini, dijamin jiwa nasionalis kalian akan kembali berkibar!

Doea Tanda Cinta

film tni

Doea Tanda Cinta merupakan salah satu film drama Indonesia yang menceritakan tentang dua orang pemuda, yaitu Bagus dan Mahesa dalam mengejar impian mereka. Bagus, seorang pemuda yang berasal dari keluarga sederhana memutuskan untuk jadi tentara karena masalah sepele. Berawal dari perkelahian antara dirinya dan preman kampung yang doyan memalak warga. Sang ibu pun nyeletuk pada si Bagus, “kalau kamu nggak suka sama orang sok-sokan karena pakai baju tentara, kenapa nggak kamu aja yang jadi tentara asli?” Sementara Mahesa yang tumbuh dari keluarga Tentara punya kebiasaan buruk suka dengan huru hara. 

Mereka akhirnya masuk Akademi Militer, banyak hal lucu yang mereka alami bersama rekan akademi lainnya. Selain tentang suka duka menjadi abdi negara, film ini juga menyuguhkan kisah asmara tiga orang antara Mahesa. Laras dan Bagus. Kedua pria ini sama-sama menyukai satu gadis yang tak lain adik dari senior mereka. 

Toba Dreams

Berbeda dari film sebelumnya, Toba Dreams adalah film yang diadaptasi dari novel karya  T.B. Silalahi dengan judul sama. Mengisahkan tentang keluarga seorang sersan bernama Tebe, ia begitu keras mendidik anak-anaknya hingga membuat salah satu dari mereka menjadi pemberontak.

Ronggar ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia bisa hidup lebih baik, dan si sulung inipun malah masuk dalam komplotan mafia dan dunia narkoba. Hubungan asmara Ronggar juga nggak berjalan sesuai harapan, dimana orang tua Andini kekasih Ronggar tak merestui keduanya. 

Jenderal Soedirman

film tni

Siapa yang nggak kenal Jenderal Sudirman? Kisah perjuangan sang Pahlawan Indonesia ini diangkat ke dalam layar lebar. Film TNI terbaik yang digarap oleh Viva Westi turut menggeret aktor papan atas tanah air seperti  Adipati Dolken, Ibnu Jamil,  Baim Wong dan Mathias Muchus.

Sang Jenderal yang tengah didera sakit paru-paru masih tetap bertahan untuk melakukan perjalanan memimpin perang gerilya ke selatan tanah Jawa. Dia terus mengobarkan semangat juang para pasukannya dan membuat Belanda keteteran akan serangan pasukan Sudirman. 

I Leave My Heart in Lebanon

Film TNI perang yang satu ini menceritakan tentang pertikaian antara tentara Lebanon dan Israel. Anggota Kontingen Garuda yang terdiri dari Kapten Satria, Lettu Arga dan Serka Gulamo telah ditugaskan terbang ke Lebanon untuk menjadi penjaga perdamaian.

Dari sini kita tahu, bahwa tentara Indonesia juga turut membantu negara lain dalam menegakkan keadilan dan menjaga kedamaian dunia. Kamu juga dapat melihat bagaimana para tentara ini rela berkorban, jauh dari keluarga dan selalu ada untuk memberikan bantuan kepada warga sipil di negara tersebut.

Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI

film tni

Hayo, siapa yang belum pernah nonton film ini? Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI merupakan film dokudrama yang ditulis dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Sementara  Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa didapuk sebagai pemeran dalam film G 30 S PKI. Pemerintahan Orde Baru Soeharto menjadi sponsor utama yang menggelontorkan dana sebesar 800 Juta pada masanya. 

Alur cerita film ini sangat jelas, menggambarkan peristiwa miris dimana terjadi percobaan kudeta pada tahun 1965 yang konon di dalangi oleh Partai Komunis Indonesia. Sebanyak 6 Jenderal diculik dan dibunuh dengan keji. Dulunya film tentang Gerakan 30 September menjadi tontonan wajib bagi siswa-siswi di Indonesia, kemudian dihapuskan sejak turunnya Soeharto sebagai Presiden di tahun 1998. 

Merah Putih Memanggil

film tni

Terakhir, ada film tahun 2017 yang nggak kalah apik dari film TNI Korea dan kembali mengangkat tentang hal berbau terorisme. Munculnya pembajakan kapal pesiar yang dilakukan oleh teroris Internasional membuat para penumpang kalang kabut. Terlebih lagi adanya tragedi penembakan hingga teroris menyandera seluruh isi kapal. Disinilah tentara Indonesia dengan sigap melakukan operasi pembebasan para WNI yang disekap.

Jangan lupa tonton juga film perang Indonesia lainnya yang nggak kalah ciamik!

Baca juga:  10 Film Perjuangan ini Wajib Ditonton: Dari Lokal Hingga Pemenang Oscar

What do you think?

Written by Kamong

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

6 Film Kepribadian Ganda untuk Kamu yang Tertarik dengan Topik Ini!

Mengenal Fintech dari Definisi, Jenis, Hingga Regulasinya di Indonesia