in

Film Terlaris 2018: 8 Judul Lokal yang Masih Enak Untuk Ditonton Ulang

Film lokal di tahun 2018 Tak hanya didominasi oleh satu genre film saja. Berikut adalah film terlaris 2018 yang masih seru untuk ditonton ulang, enjoy!

Sumber: Cinema Poetica

Industri perfilman Indonesia di tahun 2018 tampaknya didominasi oleh genre horor dan romantis. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa pengemasan ide dalam industri ini semakin lama semakin baik dan menarik saja, serta berkembang pesat. Banyak pula film Indonesia 2018 yang diadaptasi dari karya-karya penulis terkenal, seperti Pidi Baiq dan Risa Saraswati. Tentunya kalian penasaran bagaimana cerita-cerita dalam teks tersebut divisualisasikan. Nah, kali ini FYINE mengumpulkan deretan film terlaris 2018.

Kisah Cinta Anak SMA Geng Motor: Dilan 1990

Film Terlaris 2018
Sumber: Kumparan.com

Film terlaris 2018 yang pertama adalah Dilan 1990. kisah cinta nyata yang terjadi antara Dilan dan Milea di tahun 1990 ini awalnya berasal dari buku karangan Pidi Baiq. Awal kisah keduanya ini berawal dari perkenalan Milea (Vanesha Prescillia) dan Dilan (Iqbaal Ramadhan) sesaat setelah kepindahan Milea ke Bandung. Kisah cinta anak SMA yang dibumbui rayuan-rayuan yang unik membuat film satu ini menyenangkan untuk ditonton. Menjadi film pertama dari sebuah trilogi, Dilan 1990 berhasil memikat 6,3 juta penonton, serta meraup 233 miliar rupiah, otomatis menjadikan Dilan 1990 film terbaik 2018 box office di Indonesia.

Suzanna: Bernapas dalam Kubur

Sumber: Her World

Diperankan oleh Luna Maya, film ini membawa kembali nuansa horor tahun 70-an melalui Ratu Film Horor, Suzanna. Latar yang dipakai dalam film ini sendiri juga menggambarkan nuansa vintage tahun 70-an, menyertakan adegan-adegan klasik yang kerap kali ditemukan dalam film-film horor lawas; seperti makan sate dan bermain piano yang tentunya memunculkan suasana mencekam. Selain itu, film ini menambahkan bumbu-bumbu komedi. Namun hal itu tetap tidak mengurangi penyajian unsur horor dan kengerian yang ditampilkan dengan apik melalui gaya Luna Maya sendiri. Berhasil menempati posisi kedua dalam film terlaris 2018, Suzanna: Bernapas dalam Kubur telah ditonton oleh lebih dari 3,3 juta penonton dan memiliki pengasilan 112 miliar rupiah.

Baca juga:  Inilah 10 Anime Romance Terbaik Dari Masa ke Masa

Horor dan Misteri dari Mata Anak Indigo: Danur 2: Maddah

film terlaris 2018
Sumber: TribunNews

Mengikuti kesuksesan filmnya yang pertama, Danur 2: Maddah berhasil menjadi salah satu film terlaris 2018 yang memperoleh 95,1 miliar rupiah dari 2,57 juta penonton. Masih berfokus pada Risa (Prilly Latuconsina), dan kelima sahabatnya; Peter (Gama Haritz), William (Alexander P. Bain), Hans (Justin Rossi), Hendrick (Matthew White), dan Janshen (Kevin Bzezovki Taroreh) yang notabene adalah para hantu cilik, mereka mengungkap misteri mistis rumah om dan tante yang misterius. Diiringi dengan suasana dan jumpscare yang menegangkan, film satu ini nyatanya mampu bersaing dengan deretan film horor Indonesia di tahun yang sama.

Si Doel the Movie

Film Terlaris 2018
Sumber: CNN Indonesia

Pastinya generasi 90-an akrab dengan karya satu ini. Bermula dari serial tv Si Doel Anak Sekolahan, kelanjutan kisah serial tersebut ada dalam film satu ini. Bercerita tentang kepergian Sarah (Cornelia Agatha) yang misterius, Doel (Rano Karno) berakhir pergi ke Amsterdam meski ia sudah memiliki istri, Zaenab (Maudy Koesnaedi). Kisah cinta segitiga yang ini disaksikan 1,75 juta penonton. Selain karena jalan ceritanya yang menarik serta sukses mengambil hati penonton untuk bernostalgia, film ini berhasil mendapatkan 65 miliar rupiah.

Masa Lalu Seorang Hantu: Asih

film terlaris 2018
Sumber: WowKeren

Satu lagi film horor yang diadaptasi dari novel penulis Risa Saraswati yang sekaligus juga masuk dalam jajaran film terlaris 2018. Menyusul kesuksesan film Danur: I Can See Ghost dan Danur 2: Maddah, MD Picture kembali mengeluarkan film yang mampu menarik perhatian 1,71 penonton ini. Namun berbeda dari dua film sebelumnya, film satu ini menceritakan tentang asal usul hantu yang dilihat Risa (Prilly Latuconsina) di film Danur pertama, Asih (Shareefa Daanish). Berbagai kesulitan yang dihadapi oleh Asih berujung pada keputusannya untuk bunuh diri. Film yang dikatakan sebagai gerbang pembuka cerita Danur ini berhasil meraih angka 63,4 miliar rupiah.

Baca juga:  15 Film Kartun Anak Sarat Makna yang Wajib Ditonton Bersama Si Kecil

Romance Komedi yang Bikin Baper: Teman tapi Menikah

Film Terlaris 2018
Sumber: Cinema Poetica

Film terlaris 2018 yang satu ini berasal dari novel yang ditulis oleh dua tokoh utamanya sendiri; Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion, yang menceritakan perjalanan cinta keduanya, dari sepasang sahabat yang kemudian memutuskan untuk menikah. Diperankan oleh Vanesha Prescillia sebagai Ayu, model sekaligus artis remaja yang sedang naik daun, dan Adipati Dolken sebagai Ditto, pemusik alat perkusi, Meski telah bersahabat selama bertahun-tahun, Ditto yang menyukai Ayu tetap menyimpan perasaannya diam-diam. Sebagai sahabat, keduanya melewati tahun-tahun bersama, hingga akhirnya ada sosok pria yang melamar Ayu. Melalui ceritanya yang segar dan kisah cinta yang manis, film ini ditonton oleh 1,6 juta penonton, serta meraup 61,2 miliar rupiah.

Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 (212 Warrior)

Sumber: CNN Indonesia

Wiro Sableng, film action Indonesia yang juga mengambil genre komedi ini diangkat dari serial novel karya Bastian Tito. Film ini mengambil latar abad ke-16, menceritakan tentang petualangan seru Wiro Sableng (Vino G. Bastian), bersama dua sahabatnya, Anggini (Sherina Munaf)dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz Alfarazi). Selain menjalankan misi dari gurunya, Wiro juga melalui perjalanan ini untuk menemukan arti dari seorang pendekar, hingga sukses ditonton1,5 juta penonton serta memperoleh 57,4 miliar rupiah.

Jailangkung 2

Film Terlaris 2018
Sumber: Tabloid Bintang

Tayang pada pertengahan tahun, film yang merupakan sekuel dari film pertamanya, Jailangkung, ini masih dibintangi oleh Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Gabriella Quinlyn, Naufal Samudra, Dania Michell, dan lain sebagainya. Film dengan 1,4 juta penonton ini bercerita tentang tokoh Tasya (Gabriella Quinlynn) yang mencoba bermain-main dengan Jailangkung untuk bisa berkomunikasi dengan almarhum ibunya. Dilandasi oleh kerinduan dan terinpirasi dari video kelakuan ayahnya yang mistis, ia justru menyeret kakaknya dan Rama (Jefri Nichol) ke dalam misteri-misteri aneh yang belum terpecahkan. Film ini meraup keuntungan sekitar 55,4 miliar rupiah.

Baca juga:  Penuh Haru, Inilah 9 Film Drama Terbaik Yang Bikin Auto Cengeng!

Sekian sudah delapan film terlaris 2018 Indonesia, yang tampaknya didominasi oleh genre horor dan romantis. Meski banyak yang merupakan adaptasi dari novel, jangan ragu untuk ikut memajukan industri perfilman Indonesia dan melarisi film-film lokal dalam negeri, ya. Tanpa penonton negeri sendiri dan ulasan-ulasan kritis, perfilman Indonesia tentunya akan susah untuk bersaing dengan film-film apik dari luar. Selamat menonton!

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Laga Indonesia: 6 Aksi Seru yang wajib ditonton!

8 Film Tentang Perselingkuhan Menegangkan, Bikin Kamu Sadar Diri!