in

Film Tentang Penjara: 8 Kisah yang Seru dan Mengharukan di Balik Jeruji

Dari kisah seru sampai kisah mengharukan, 8 film tentang penjara ini akan menjawab rasa penasaranmu terhadap kehidupan penghuni di balik jeruji besi.

Sumber: reddit.com

Kira-kira bagaimana ya kehidupan di dalam penjara? Pernahkah kalian berspekulasi tentang hal ini? Bayangkan saja, tinggal di suatu tempat dengan sarana terbatas dan terisolasi, dikelilingi oleh para narapidana yang berada di sana, entah karena perbuatan apa. Penasaran? Eits, kalian bisa mengintip kehidupan mereka dalam daftar film tentang penjara yang sudah FYINE sediakan khusus untuk kalian ini.

Escape Plan (2013)

film tentang penjara
Sumber: Still Simply at Bims

Genre: Action, Crime, Mystery

Film tentang penjara yang pertama adalah Escape Plan. Bercerita tentang Ray Breslin (Sylvester Stallon) merupakan mantan jaksa yang memiliki sebuah perusahaan khusus dalam bidang keamanan. Mereka mengkhususkan diri dalam pengujian sistem keamanan penjara, menghabiskan hidupnya keluar-masuk penjara untuk mencari celah dalam keamanan mereka dan menuliskannya ke dalam sebuah buku. Suatu hari, Ray mendapatkan pekerjaan rahasia bernilai jutaan dolar untuk menyamar dan masuk ke dalam penjara antah berantah yang dibangun berdasarkan bukunya sendiri. Di dalam sana, ia berjumpa dengan Emil Rottmayer (Arnold Schwarzenegger), dan keduanya menyusun rencana untuk melarikan diri dengan pengetahuan Ray dan Emil sebagai narapidana veteran di sana. Ketegangan yang dibangun setiap adegan dalam film ini yang disertai dengan teka-teki membuat film ini semakin seru!

The Next Three Days (2010)

Genre: Drama, Thriller

Jika ngomongin film tentang penjara, The Next Three Days adalah pilihan bijak untuk kamu nikmati, sebab mulai dari adegan aksi, drama, dan romansa semuanya lengkap di film ini.  Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang sempurna dan harmonis harus menemui batu sandungan ketika sang istri, Lara (Elizabeth Banks), tiba-tiba ditangkap polisi dengan tuduhan membunuh bosnya sendiri—yang kerap kali terlibat cekcok mulut dengannya. John (Russel Crowe), sang suami, yang tidak terima akan tuduhan itu tetap percaya dan setia pada Lara. Hanya saja, seluruh bukti mengarah pada Lara, dan tanpa celah. Tanpa pilihan lain, John kemudian merencanakan pelarian istrinya dari penjara dengan cerdik dan penuh ketegangan.

The Prison (2017)

film tentang penjara
Sumber: themoviedb

Genre: Crime, Action

Jika kamu tertarik dengan film tentang Penjara Korea, The Prison adalah pilihan yang tepat. Bercerita tentang  Jung Ik-Ho (Han Sun-Kyu) merupakan seorang narapidana yang bekerja sebagai pembunuh bayaran, meski dari balik jeruji besi. Ia memiliki kontrol atas para narapidana, bahkan hingga kepala penjara dan dilindungi oleh para pejabat yang memiliki posisi tinggi. Suatu hari, Song Yoo-Gun (Kim Rae-Won) merupakan polisi bertempramen buruk yang kemudian masuk penjara karena suatu kasus, meski ia memiliki satu tujuan khusus, yaitu mengungkap dalang di balik kematian kakaknya. Penasaran dengan hubungan dua manusia itu, bukan?

The Raid 2: Berandal (2014)

Sumber: Blibli

Genre: Thriller, Action

Film tentang penjara kali ini adalah Film Laga Indonesia yang Wajib kamu nikmati ketegangannya. Merupakan sekuel dari film pertamanya, The Raid: Redemption, film ini kembali menampilkan Rama (Iko Uwais) yang kali ini diperintahkan untuk menyusup ke penjara untuk mendekati anak dari seorang pemimpin mafia terbesar, Bangun (Tio Pakusadewo). Di dalam penjara, penonton akan disuguhi adegan-adegan laga yang seru dan menegangkan, juga dengan cerita aksi yang tidak dapat ditebak.

Harmony (2010)

film tentang penjara
Sumber: HanCinema

Genre: Drama

Beralih dari kategori aksi, film tentang penjara perempuan ini akan membuatmu mengharu biru. Hong Jeong-Hye (Kim Yun-Jin) terpaksa masuk penjara lantaran ia telah membunuh suaminya yang melakukan kekerasan padanya, meski ia sedang hamil besar. Ia berakhir melahirkan anaknya di dalam penjara dan membesarkannya bersama teman-teman sekamarnya. Di sini, penonton akan melihat berapa hangatnya kehidupan penjara yang penuh rasa kekeluargaan dan persahabatan, serta cinta—yang berfokus pada paduan suara utuk menghibur para narapidana. Film satu ini akan membuat air mata kalian mengalir deras saat menyaksikan Jeong-Hye dan putranya, serta banyak hal lainnya. Amat sangat direkomendasikan!

Starred Up (2013)

Sumber: IMDb

Genre: Drama, Crime

Eric Love (Jack O’Connell) merupakan remaja yang sering membuat onar. Ia baru saja dikirim ke penjara dewasa. Namun, sama seperti sebelum-sebelumnya, Erik selalu terlibat perkelahian dan keonaran di sini. Ia kemudian dibimbing oleh seorang terapis yang bekerja secara sukarela di sana, Oliver Baumer (Rupert Friend). Eric kemudian  ditempatkan dalam sebuah kelompok yang berisi para narapidana bermasalah yang memiliki emosi meledak-ledak sepertinya. Di sinilah kemudian ia mencoba mengontrol emosinya, hingga perlahan, alasannya berada di penjara tersebut terungkap. Merupakan salah satu film tentang penjara yang wajib kamu tonton juga.

Miracle in Cell No.7 (2013)

film tentang penjara
Sumber: reddit.com

Genre: Drama, Comedy

Yong-Goo (Ryu Seung-Ryeong), seorang ayah dengan keterbelakangan mental, harus meninggalkan putrinya, Ye-Seung (Kal So-Won) karena tuduhan memperkosa dan membunuh anak di bawah umur—yang sebenarnya tidak ia lakukan. Selain aksi komedi dari teman-teman satu sel Yong-Goo, yang juga berasal dari penyusupan Ye-Seung ke dalam penjara, salah satu film narapidana terbaik ini juga akan menjamin kalian menangis sesengukan atas ketidakadilan yang dirasakan oleh Yong-Goo yang mentalnya kurang sehat dan bukan merupakan orang berharta lebih.

Invisible Hopes (2019)

Sumber: suara.com

Genre: Documenter

Film terakhir ini dibuat oleh Lam Horas Production—sebuah komunitas film yang membuat karya berdasarkan isu-isu sosial dan HAM—menceritakan tentang kehidupan para narapidana perempuan yang hamil dan melahirkan di balik jeruji besi. Selama sembilan puluh menit, penonton akan disajikan pemandangan memprihatinkan dari kehidupan para ibu hamil di penjara sekaligus anak-anak mereka yang hidup dalam fasilitas yang kurang memadai untuk mereka tumbuh dan berkembang.

Old Boy (2003)

film tentang penjara
Sumber: Ciltura Magazine

Genre: Drama, Mystery

Film satu ini bukan menceritakan tentang kehidupan di penjara, melainkan mengenai penyekapan seorang pria yang tidak kalah seru. Oh Dae-Su (Choi Min-Sik) adalah seorang pemabuk sekaligus pembuat onar. Suatu hari, tiba-tiba saja ia disekap di sebuah rumah. Tidak hanya hari, atau minggu, tetapi selama lima belas tahun! Selama itu pula ada sebuah sugesti yang ditanamkan pada Dae-Su. Untuk mengetahui sebab dan siapa penculiknya, selepas dari tempat penyekapan, Dae-Su berusaha mencari tahu siapa di balik penyekapan tersebut. Selain menyuguhkan misteri,rama, dan plot twist yang tidak terduga, film ini juga menyajikan adegan action yang seru.

Nah, apakah kalian sudah mendapatkan gambaran tentang keadaan dalam penjara? Ternyata selain dipenuhi kekerasan, penjara juga menampilkan sebuah potret keprihatinan dan juga terkadang ketidakadilan dari hukum. Jangan lupa mengambil pelajaran dari film-film tentang penjara ini, ya.

Baca juga:  10 Sinetron Indonesia Terbaik Ini Beri Banyak Pelajaran Hidup

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

9 Film Terlaris Sepanjang Masa, Genre Sci Fi Masih Jadi Yang Terpopuler

Drama Jepang ini Bikin Nagih: 9 Kisah Aksi Hingga Misteri