in

Film tentang Luar Angkasa yang Menyuguhkan Alur Cerita Berbobot

film tentang luar angkasa

Sinema layar lebar tentang luar angkasa disebut juga sebagai genre fiksi ilmiah yang tidak hanya menyuguhkan tampilan grafis spektakuler tetapi juga alur cerita yang mendekati realisme. Membawa penonton masuk ke dalam situasi ilmiah yang bernuansa sains bukanlah hal mudah, namun sederet film tentang luar angkasa berikut ini mampu memberikan gambaran nyata dan mudah diterima logika. 

Gravity (2013)

film tentang luar angkasa

Rilis tahun 2013, Gravity merupakan salah satu film tentang luar angkasa terbaik yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney. Warner Bros Pictures bertanggung jawab penuh dalam produksi film ini hingga meraih penghargaan Oscar, tidak lama setelah peluncurannya. Tidak heran jika Gravity juga meraup pendapatan sangat besar hingga US$ 723 juta.

Seperti apa sih cerita serunya? Jadi, film ini bercerita tentang perjuangan seorang astronot perempuan yang bertahan hidup ketika terdampar di luar angkasa setelah Space Shuttle miliknya mengalami kerusakan. Sebagai manusia yang dihadapkan dengan semesta yang tak berujung, kita terlihat sangat kecil dan lemah. Yups, Gravity sepertinya ingin menunjukkan jika kemampuan manusia itu tidak sebanding dengan kekuatan alam.

Apollo 13 (1995)

Film luar angkasa yang cukup lama namun tetap menarik untuk ditonton, Apollo 13 merupakan film terbaik lainnya yang disutradarai oleh Ron Howard. Sementara Tom Hanks dan Kevin Bacon dipercaya sebagai pemeran utama untuk film produksi Universal Pictures ini. Berawal dari Proyek “Mercury” yang dibentuk oleh pemerintah Amerika Serikat di era 60 an pasca Perang Dunia Kedua, dimana Amerika bersaing untuk menempatkan manusia pertama di permukaan bulan dengan Uni Soviet.

Dalam film ini, kita bakal disajikan dramatisasi misi Apollo 13 tahun 1970 sebagai langkah kedua setelah pendaratan sukses Amerika dengan Apollo 11. Bikin deg-degan sekaligus gemes kali ya, melihat beberapa masalah serius yang dialami oleh astronot saat perjalanan hingga dapat kembali ke Bumi. 

The Martian (2015)

film tentang luar angkasa

Urutan ketiga ada film garapan sutradara Ridley Scott yang diproduksi oleh 20th Century Fox. Memboyong Matt Damon dan Jessica Chastain sebagai bintang utama, The Martian membawa kita memasuki situasi menegangkan saat berada di luar angkasa. Matt Damon ditunjuk sebagai astronot yang mengalami kecelakaan tak terduga, yaitu terdampar di planet Mars dan harus mampu bertahan hidup sampai datang awak bantuan dari Bumi.

Padahal jarak Bumi dan Mars itu sangat jauh bahkan perlu waktu berbulan-bulan, belum lagi kondisi planet Mars yang masih terkesan kurang bersahabat untuk dikunjungi. Bertahan hidup yang sangat ekstrim ketika astronot Mark Watney menggunakan segala cara dengan bahan-bahan seadanya hingga dapat menanam kentang pertama di planet Mars.

First Man (2018)

Meski rilis 2 tahun lalu, First Man termasuk film tentang luar angkasa terbaru yang wajib kalian tonton. Ryan Gosling dan Claire Foy didapuk sebagai tokoh utama untuk menggambarkan sosok Neil Armstrong, manusia pertama yang mendarat di bulan. Film ini adalah otobiografi yang diangkat dari karya penulis James R. Hansen astronot yang berjudul “First Man: The Life of Neil A. Armstrong”.

Bagi kalian yang mungkin kurang suka dengan alur lambat, mungkin film ini terasa membosankan. Tapi jangan salah, First Man juga memberikan tampilan realistis proses pendaratan di bulan dari sudut pandang Armstrong terlepas dari kontroversi “Moon Landing Hoax”. 

Interstellar (2014)

film tentang luar angkasa

Film yang satu ini lebih menceritakan tentang kerusakan Bumi yang suatu saat tidak lagi bisa ditinggali oleh manusia dan membuat para fisikawan NASA berusaha keras menciptakan  “Worm Hole”. Kenapa Worm Hole yang masih dalam kategori misterius itu diciptakan?

Ya, tentu saja agar bisa melakukan perjalanan ke planet lain dengan lokasi yang lebih ramah sebagai tempat tinggal di masa depan. Jadi film yang dibintangi oleh artis Matthew McConaughey ini termasuk fiksi ilmiah yang menggambarkan perjalanan antar waktu atau dikenal dengan istilah time travel.  

The Wandering Earth (2019)

Terakhir ada film tentang luar angkasa 2019 yang tayang di serial Netflix berjudul The Wandering Earth. Film ini dibintangi Qu Chuxiao dan Ng Man-tat yang juga bercerita tentang usaha umat manusia agar bisa selamat dari kepunahan karena matahari sebagai tata surya bumi akan segera meledak.

Yups, ini bukanlah sekedar misi memindahkan manusia ke planet lain namun juga menggeser Bumi dari sistem tata surya. Meski jauh dari konteks realisme, memang tidak menutup kemungkinan jika di masa mendatang terjadi seperti hal ini. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita menjaga bumi tetap damai tanpa merusak alam atau dunia luar angkasa.

Baca juga:  9 Film Thailand Romantis Komedi yang Akan Buatmu Ngakak dan Baper

What do you think?

Written by timmy

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

6 Film Korea Kerajaan Terbaik untuk Belajar Sejarah Negeri Oppa!

Cari Tahu Jenis Kue Lebaran Apa yang Kamu Banget!