in

11 Film Tentang Hacker dalam Satu Dekade Terakhir, Wajib Ditonton!

Film tentang hacker memang penuh intrik yang seru dan mendebarkan. Sebagai panduan movie marathon, FYINE merangkumkan 11 Film Tentang Hacker untukmu, enjoy!

Sumber: IDNtimes

Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam suatu sistem komputer atau jaringan computer, dilatarbelakangi oleh berbagai motif, baik itu untuk mencari keseruan, tantangan, permintaan, atau untuk mencari uang demi kepentingan pribadi. Salah satu cara mudah memahami segelintir kehidupan hacker adalah melalui film. Sebagai panduan marathon movie dengan tema hacker, FYINE merangkum film tentang hacker yang dijamin akan menambah khasanah perfilmanmu!

Film Tentang Hacker Remaja yang Mengalami Kesulitan Ekonomi: Anonymous (2016)

Sumber: IDNtimes

Alex Danyliuk (Callan McAuliffe) adalah seorang remaja ahli computer. Karena kesulitan ekonomi yang dialami keluarganya, Alex melakukan sejumlah pekerjaan illegal di internet, seperti membobol rekening bank dan karti kredit orang lain. Ia kemudian bergabung dengan dealer pasar gelap, Sye (Daniel Eric Gold) dan hacker lain, Kira Whittal (Lorraine Nicholson) Akibat tindakan ketiganya yang menyebabkan kekacauan di pasar keuangan, Z (Clifton Collins, Jr.) yang merupakan buronan FBI tertarik pada mereka. Lanjutannya bisa kalian temukan sendiri di dalam film hacker 2016 yang tampil dengan genre thriller ini.

Film Tentang Hacker Fenomenal Edward Snowden: Snowden (2016)

film tentang hacker

Sumber: Popular Science

Dikemas dalam genre thriller, film ini bercerita tentang Edward Snowden, seorang analis information and technology National Security Agency (NSA) yang kemudian memutuskan untuk menjadi seorang whistleblower dan menceritakan keburukan pemerintah Amerika Serikat yang memanfaatkan data pribadi jutaan warga dan penduduk negara lain, demi keuntungan negara. Dengan data tersebut, para atasannya bisa mengakses data pribadi seseorang, sampai pada apa yang tengah ia lakukan. Seram, ya?

Who Am I: No System is Safe (2014)

Sumber: milkbarmag.com

Film hacker dengan genre thriller yang satu ini memiliki ending yang tidak bisa ditebak. Benjamin adalah seorang pemuda yang sangat ahli dalam urusan komputer, tetapi ia tidak memiliki teman di sekolah. Benjamin kemudian bergabung dengan Max, Stephen, dan Paul, orang-orang yang membutuhkan keahliannya dan mendirikan sebuah kelompok dengan nama Clowns Laughing At You (CLAY). Mereka meretas sistem keamanan dan membuat lelucon tentang keuangan di dunia sampai mereka dikejar oleh para Europol (Europe Interpol). Nah, twist dalam film ini terletak pada pengakuan Benjamin. Penasaran ‘kan dengan film seru menegangkan ini?

Cyberbully (2015)

film tentang hacker
Sumber: youtube.com

Film kali ini menceritakan tentang perselisihan di dunia maya. Kisah bullying yang juga mengaitkan hacker ini bermula ketika seorang pemuda, Alex, menjelekkan mantan pacarnya yang notabene adalah sahabat Casey. Casey yang tidak terima kamudian meminta bantuan hacker untuk meretas akun Twitter milik Alex. Bagaimana kelanjutan usaha Casey? Tonton sendiri.

Film Tentang Hacker yang Dibintangi Oleh So Ji-sub: Phantom (2012)

Sumber: abbyinhallyuland.com

Atau yang disebut juga Ghost, merupakan drama film hacker Korea dengan genre action, drama, dan mengusung ide tentang cybercrime. Bermula dari seorang aktris yang bunuh diri, seorang hacker dengan codename HADES menjadi buronan polisi lantaran dicurigai sebagai tersangka utama. Bukan saja karena hacker tersebut menyaksikan kebenaran di balik kematian aktris tersebut, tetapi juga karena beberapa waktu sebelumnya, HADES meretas laptop korban atas permintaan seseorang. Drama ini menampilkan betapa canggihnya sebuah teknologi dalam adegan-adegannya. Pokoknya karya satu ini asyik dinikmati oleh penonton yang menggemari genre aksi dan thriller, serta misteri.

Film Dokumenter Tentanf Edward Snowden: Citizenfour (2014)

film tentang hacker
Sumber: The Verge

Film ini berkaitan dengan Snowden. Sebuah e-mail di bulan Januari membawa Laura Poitras terbang ke Hongkong pada bulan Juni, bersama dengan Gleen Greenwald untuk bertemu dengan Cityfour, orang yang mengaku memiliki dokumen-dokumen penting dalam jumlah besar terkait rahasia NSA (National Security Agency) dan juga badan-badan intelijen lainnya. Pastinya kalian bisa menduga sosok dibalik nama Cityfour itu, ‘kan?

Film Tentang Hacker yang Diadaptasi Dari Novel: The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Sumber: Collider

Terinspirasi dari novel Stieg Larsson dengan judul yang sama, film ini dibintangi oleh Daniel Craig dan Rooney Mara. Awalnya, Mikael Blomkvist (Daniel Craig) mendapat kasus sebagai seorang jurnalis, tentang menghilangnya seorang wanita sejak empat puluh tahun yang lalu. Ia kemudian mendapat bantuan dari seorang hacker professional, Lisbeth Salander, untuk memecahkan kasus misterius tersebut bersama-sama. Bagi kalian para pencinta genre misteri dan detektif, film ini cocok sekali untuk kalian.

The Girl in the Spider’s Web (2018)

film tentang hacker
Sumber: The New York Times

Merupakan sekuel dari The Girl with Dragon Tatoo, film ini termasuk film hacker terbaik 2018. Masih tentang Lisbeth Salander (Cleire Foy), si peretas, terlibat pemecahan kasus pelik yang melibatkan agen-agen rahasia internasional yang tengah berebut sebuah program canggih yang bernama Firefall. Ia harus melindungi pakar IT Frans Balder (Stephen Merchant) dan putranya, August (Claes Bang). Berbeda dengan film pertamanya, The Girl in the Spider’s Web menghadirkan kisah intrik intelijen yang super-duper rumit dan penuh aksi seru.

Film Tentang Hacker yang Mengambil Lokasi Shooting di Jakarta: Blackhat (2015)

Sumber: Blue-ray.com

Dibintangi oleh Chris Hemsworth sebagai Nicholas Hathaway, seorang hacker yang dipenjara karena kasus kejahatan cyber. Suatu hari, badan agen Amerika membutuhkan bantuan Nicholas Hathaway—yang ia terima demi kebebasannya. Hasil penelusuran Nicholas dan para agen membawa mereka ke Hongkong, yang disertai dengan berbagai adegan menengangkan yang membahayakan jiwa mereka, apalagi beberapa adegannya diambil di Jakarta, lho.

The Fifth Estate (2013)

film tentang hacker
Sumber: Rochester City Newspaper

Film ini terinspirasi dari kisah nyata, tentang dua orang pendiri situs WikiLeaks, yaitu Domscheit-Berg (Daniel Bruhl) dan hacker komputer, Julian Assange (Benedict Cumberbatch). Fokus cerita dalam film ini adalah tentang perjuangan Julian dalam mendirikan sebuah website yang mengungkap kebohongan pemerintahan yang tidak jujur dari berbagai negara di dunia.

Sepuluh film tentang hacker ini tampak menarik dan seru, bukan? Coba saja tonton sendiri kisah-kisah mereka dan rasakan sensasi keseruan setiap menitnya!

Baca juga:  6 Film Perselingkuhan Seru untuk Lampiaskan Emosi Kamu!

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Animasi 2018: 8 Judul yang Masih Relate untuk Ditonton!

Uji Keberanian dengan 9 Film Psikopat yang Siap Membuatmu Bergidik!