in

WkwkWkwk TerbaikTerbaik SedihSedih MarahMarah Hah?Hah? Biasa ajaBiasa aja

8 Film Tentang Bencana Alam Asia yang Tak Kalah Keren dari Hollywood

Tak cuma Hollywood, Asia juga punya daftar film tentang bencana alam yang menarik, loh! Nggak cuma bakal bikin kita ngeri, tapi juga bikin kita penasaran!

Sumber: migrante21.com

Hollywood memiliki beberapa film bencana alam yang bagus. Diantaranya ada film tentang kiamat  yang sangat populer yaitu 2012 atau The Quake salah satu film tentang bencana alam 2018 lalu. Film-film ini menampilkan visualisasi becana alam yang sangat mengerikan dan akan menyadarkanmu tentang kekuatan alam yang sesungguhnya. Namun tidak hanya di hollywood, industri perfilman negara-negara di benua Asia juga memiliki banyak film keren tentang cerita bencana alam. Film-film ini tak kalah kerennya dalam menceritakan dan menampilkan peristiwa bencana alam. Ada cerita yang fiktif dengan genre fiksi ilmiah maupun yang terinspirasi dari kisah nyata yang tragis. Film-film ini akan membuatmu ngeri sekaligus kagum dengan cerita orang-orang yang bertahan di tragedi bencana alam tersebut.  Nah, simak 8 film keren di bawah ini:

Film Tentang Bencana Alam Gempa Bumi di Tangshan: Aftershock

film tentang bencana alam
Sumber: nytimes.com

Sutradara Xiaogang Feng melalui film ini akan membuatmu ikut merasakan kepanikan dan penderitaan yang dirasakan korban gempa bumi di Tangshan. Seorang ayah meninggal akibat gempa bumi. Istrinya lalu dihadapkan dengan situasi sulit saat harus memilih menyelamatkan salah satu anaknya dari reruntuhan. Dia pun memilih anak laki-lakinya yang bernama Fang Da dan ternyata anak perempuannya yang bernama Fang Deng bisa selamat lalu dirawat oleh keluarga lain. Puluhan tahun kemudian Fang Da dan Fang Deng dipertemukan kembali saat menjadi relawan untuk gempa bumi di China.

Film Tentang Bencana Alam Pasca Tsunami Jepang: Pray for Japan

Sumber: ramascreen.com

Ini adalah film dokumenter arahan sutradara Stuart J. Levy yang menceritakan tentang efek yang terjadi setelah peristiwa gempa bumi dan tsunami Tohoku. Pray for Japan menunjukkan perjuangan orang-orang untuk menata hidupnya kembali dan bangkit setelah mengalami tragedi tersebut. Keuntungan dari film ini didonasikan ke organisasi non-profit JEN untuk proyek rekonstruksi Tohoku.

Nuclear Nation

film tentang bencana alam
Sumber: nytimes.com

Selain Pray for Japan, Nuclear Nation adalah film dokumenter yang juga menceritakan peristiwa sekitar tragedi gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tahun 2011 di Jepang. Namun Nuclear Nation lebih memperlihatkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang mengalami kerusakan akibat efek bencana alam dahsyat tersebut. Para penduduk di sekitar lokasi tersebut pun harus diungsikan dan tidak bisa kembali ke rumah mereka dalam waktu yang sangat lama karena lingkungannya masih terkontaminasi.

Skyfire

Sumber: chinadaily.com

Film tentang alam yang berjudul Skyfire ini dirilis di China pada Desember 2019. Film arahan sutradara Simon West ini menceritakan bencana alam meletusnya gunug berapi yang menghancurkan bangunan-bangunan di sekitarnya. Bangunan yang runtuh dan lava gunung berapi yang panas menjadi ancaman baru bagi orang-orang di sekitar gunung tersebut. Film ini menguasai bioskop di hari penayangan perdananya.

The Wandering Earth

film tentang bencana alam
Sumber: variety.com

The Wandering Earth adalah film fiksi ilmiah yang mengambil setting waktu di masa depan. Film ini menceritakan dunia yang hancur, bangunan runtuh karena gempa bumi dan membahayakan orang. Di film ini sekelompok astronot dan ilmuwan pun berusaha untuk menyelamatkan bumi dan populasi manusia.The Wandering Earth sukses menjadi film blockbuster genre sci fi pertama di China.

Ashfall

Sumber: mldpost.com

Korea Selatan memiliki beberapa film tentang bencana alam yang diproduksi dengan kualitas keren. Salah satu yang terbaru adalah Ashfall yang dibintangi nama-nama populer yaitu Ha Jung Woo, Suzy, Lee Byung Hun, Jeon Hye Jin dan Ma Dong Seok. Film ini menceritakan seorang ilmuwan yang meneliti gunung Baekdu selama 3 tahun dan memprediksi adanya potensi bencana alam. Ketika itu tidak ada yang memperdulikan hasil prediksi dari ilmuwan tersebut. Kini saat bahaya mengancam, pemerintah berusaha keras untuk mencegah bencana alam dengan menggunakan teori dari ilmuwan tersebut. Film ini menunjukkan bagaimana orang-orang di berbagai tempat berusaha bertahan hidup saat tragedi bencana alam terjadi.

Film Tentang Bencana Alam Ombak Besar: Haeundae

film tentang bencana alam
Sumber: imdb.com

Haeundae yang dibintangi Ha Ji Won dan Lee Sung Gyun pada tahun 2009 ini menampilkan bencana alam ombak besar yang mengerikan. Haeundae adalah pantai tempat wisata yang populer di kota Busan yang dikunjungi ribuan orang saat musim panas. Suatu hari seorang ahli peneliti tsunami mengatakan bahwa ada aktivitas di laut Korea Selatan yang mirip seperti tanda-tanda tsunami tahun 2004 di Samudra Hindia. Namun pemerintah mengabaikan prediksi tersebut dan menganggap Korea akan baik-baik saja. Kemungkinan terburuk itu pun terjadi dan ombak besar sedang datang ke pantai Haeundae ketika orang-orang masih asyik berwisata.

Film Tentang Bencana Alam Tsunami Aceh: Hafalan Shalat Delisa

Sumber: kincir.com

Di Asia, Indonesia juga memiliki film Hafalan Shalat Delisa yang menampilkan situasi bencana alam yang mengerikan.  Film ini bercerita tentang keluarga kecil di pinggir pantai dengan kehidupan sederhana mereka. Seorang anak kecil bernama Delisa sedang mengikuti tes bacaan shalat dan ditemani ibunya. Tiba-tiba ombak besar datang menghancurkan semua bangunan dan menghanyutkan orang-orang di sekitar pantai. Delisa berhasil diselamatkan meski kaki kanannya harus diamputasi. Delisa bertemu lagi dengan ayahnya namun ketiga kakaknya meninggal dan ibunya belum ditemukan. Di film ini, Delisa berusaha bangkit sekaligus menjadi sumber penyemangat bagi orang-orang di sekitarnya.

Film-film ini dapat kamu tonton sebagai hiburan di waktu luang sekaligus memberikan banyak pelajaran tentang potensi kekuatan alam yang terkadang berbahaya bagi kehidupan manusia. Korban-korban bencana alam ini masih tidak bisa melupakan peristiwa mengerikan yang membunuh keluarga mereka dan menghancurkan tempat tinggal mereka. Meski begitu, film-film di atas akan memberikan inspirasi bagi kita usai melihat semangat para korban tragedi bencana alam yang terus berusaha melanjutkan hidupnya.

Baca juga:  Sinopsis Prisoners of the Ghostland, Film Aksi Barat yang Dibintangi Nicolas Cage

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

9 Film Dokumenter Terbaik, Dari Robin Williams Hingga Perburuan PKI

Film Laga Indonesia: 6 Aksi Seru yang wajib ditonton!