in

TerbaikTerbaik SedihSedih Biasa ajaBiasa aja

8 Film Sejarah Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Cinta Tanah Air

Film Sejarah Indonesia ini perlu banget kamu tonton. Selain belajar sejarah dengan cara yang fun, 8 film ini bakal bikin kamu tambah cinta Indonesia!

Sumber: cinemapoetica.com

Indonesia sebagai negara yang pernah dikuasai oleh penjajah tentu memiliki banyak cerita sejarah perjuangan rakyat dan pemerintah sementara sebelum akhirnya merdeka. Indonesia memiliki banyak pahlawan maupun tokoh pejuang yang pekerja keras, berkarakter, dan cerdas yang membantu memperjuangkan kemerdekaan negara dan memiliki pengaruh ke bangsa ini. Bahkan perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh besar tersebut masih berlanjut hingga beberapa tahun setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kisah mereka telah ditampilkan dalam beberapa film produksi dalam negeri. Nah, saksikan 8 film keren di bawah ini yang cukup menampilkan kondisi sejarah Indonesia sebelum merdeka maupun saat mempertahankan kemerdekaan.

Film Sejarah Indonesia Tentang Perjuangan Para Pemuda Melawan Penjajah: Merah Putih

film sejarah indonesia
Sumber: brilio.net

Ini merupakan salah satu film perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia yang cukup populer. Anak-anak muda dari latar belakang suku, agama, dan kepribadian berbeda-beda ini bekerjasama melawan penjajah paska kemerdekaan Indonesia. Merah Putih menunjukkan semangat juang para pahlawan yang pemberani di medan perang. Merah Putih sendiri merupakan film pertama dan dua film selanjutnya adalah Darah Garuda kemudian Hati Merdeka. Film ini dibintangi aktor-aktor muda berbakat seperti Darius Sinathrya, Donny Alamsyah hingga Lukman Sardi.

Film Sejarah Indonesia Tentang Perjuangan di Surabaya: Battle of Surabaya

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Battle of Surabaya tampil segar dan berbeda dari film-film perjuangan kemerdekaan lainnya. Ini adalah film tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diproduksi dalam animasi. Battle of Surabaya menuai beragam komentar positif. Keren, film Battle of Surabaya ini telah mengantongi banyak piala dari beberapa acara penghargaan film bergengesi di luar negeri.

Guru Bangsa Tjokroaminoto

film sejarah indonesia
Sumber: tjokro.movie/Facebook

Film ini dibintangi aktor berbakat Reza Rahadian. Guru Bangsa Tjokroaminoto menceritakan Omar Said Tjokroaminoto yang merupakan seorang aktivis dari Jawa. Tjokroaminoto melalui organisasi Sarekat Islam melakukan berbagai kegiatan sosial di masyarakat. Film arahan sutradara Garin Nugroho ini juga menceritakan perjuangan Tjokroaminoto menegakkan keadilan dan menumbuhkan pendidikan yang baik bagi masyarakat yang terjajah.

Soekarno: Indonesia Merdeka

Sumber: tribunjogja.com

Ini adalah film kemerdekaan Indonesia yang fokus menceritakan sosok tokoh besar presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno (diperankan Ario Bayu). Film Soekarno: Indonesia Merdeka arahan sutradara Hanung Bramantyo ini menampilkan perjalanan hidup Soekarno sejak masih kecil, lalu tumbuh dewasa, momen ketika dia diasingkan, hingga akhirnya menjadi tokoh besar yang membacakan proklamasi kemerdekaan negara Indonesia. Film ini juga menunjukkan pidato-pidatonya yang penuh semangat dan akan selalu dikenang masyarakat Indonesia.

Perburuan

film sejarah indonesia
Sumber: Falcon Pictures

Usai film Jenderal Soedirman, Adipati Dolken terjun lagi ke film tentang sejarah Indonesia yang berjudul Perburuan. Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film Perburuan menunjukkan situasi yang terjadi ketika masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ini tentang tentara PETA yang pulang dari perang dan diburu oleh tentara Jepang.

Sang Kiai

Sumber: themoviedb.com

Ini adalah salah satu film yang dapat kamu tonton sambil belajar tentang sejarah Indonesia. Tokoh besar di film Sang Kiai adalah K.H Hasyim Asyari sang pendiri Nahdatul Ulama. Hasyim Asyari tidak hanya dikenal religius, dia juga menjadi tokoh yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di film Sang Kiai yang rilis tahun 2013 ini kita akan melihat kekejaman tentara Jepang yang sering mengancam penduduk. Tokoh besar Hasyim Asyari sendiri diperankan oleh aktor senior Ikranagara.

Film Sejarah Indonesia Tentang Pahlawan Perempuan: Kartini

film sejarah indonesia
Sumber: sisternet.co.id

Film sejarah Indonesia sebelum merdeka yang satu ini menunjukkkan perjalanan hidup dan perjuangan tokoh besar Kartini. Di film arahan sutradara Hanung Bramantyo ini, Kartini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Kartini adalah wanita cerdas dan pemberani yang tak henti melakukan perjuangan membela hak-hak dan kesetaraan untuk perempuan Indonesia. Ketika itu Indonesia masih di bawah kekuasaan penjajah dan perempuan tidak memiliki kekuatan di kehidupan sosial. Perempuan juga tidak bisa mendapatkan  pendidikan yang tinggi. Perjuangan ini tidak mudah karena Kartini harus menghadapi sistem yang ada, pandangan sosial tentang perempuan, melawan hal-hal yang sudah dianggap tradisi yang kuat di Jawa hingga menghadapi keluarganya sendiri.

Film Sejarah Indonesia Tentang Ahmad Dahlan: Sang Pencerah

Sumber: imdb.com

Sang Pencerah menceritakan perjalanan hidup K.H Ahmad Dahlan saat tumbuh di Indonesia, pergi mencari ilmu di tanah suci hingga kembali lagi ke Indonesia dan berusaha mendirikan organisasi Muhammadiyah. Ahmad Dahlan sempat mengalami penolakan saat dia mengajarkan ilmunya ke orang-orang. Di film ini, Sang Pencerah memperlihatkan bagaimana Ahmad Dahlan memegang teguh pendiriannya dan menjelaskan perspektifnya dengan sabar dan sederhana. Dia tidak hanya fokus menyebarkan ajaran agama namun juga peduli terhadap pendidikan dan orang-orang yang membutuhkan bantuan di sekitarnya. Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia.

Film Sejarah Indonesia Tentang Sang Jendral: Jenderal Soedirman

film sejarah indonesia
Summber: liputan6.com

Sosok panglima besar Jenderal Soedirman di film ini diperankan oleh aktor muda dan berbakat Adipati Dolken. Ini adalah film perjuangan sekaligus menceritakan hidup Jenderal Soedirman. Ini adalah film perjuangan Indonesia melawan penjajah yang lebih fokus mempertahankan kemerdekaan karena terjadi di tahun 1948. Di film ini, Belanda menyatakan tidak terikat lagi dengan perjanjian Renville dan menghentikan gencatan senjata. Belanda pun menyerang Indonesia. Jenderal Soedirman yang saat itu sedang sakit parah tetap berjuang memimpin perang gerilya melawan Belanda. Soedirman membuat pulau Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas.

Sembilan film di atas menunjukkan proses sulitnya perjuangan tokoh-tokoh besar yang memegang teguh ideologi maupun hal-hal yang mereka yakini. Situasi semakin sulit karena mereka hidup di masa penjajahan ataupun saat proses meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Film-film itu juga akan membuatmu takjub dengan semangat juang para pahlawan dalam menghadapi penjajah bangsa ini hingga akhirnya kita bisa hidup dengan baik di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Sinopsis Fast and Furious 9, Munculnya John Cena sebagai Adik Dom Toretto

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Film Bencana Alam Terbaik ini Ngeri dan Bikin Kamu Lebih Cinta Alam

9 Film Dokumenter Terbaik, Dari Robin Williams Hingga Perburuan PKI