in

20 Daftar Film Legendaris Indonesia yang Wajib Kamu Tonton

Film tanah air berkembang pesat, tapi sebelumnya bukan berarti tidak ada film bagus di Indonesia. Simak 20 film legendaris Indonesia ini! Wajib nonton!

film legendaris indonesia

Kita patut berbangga pada dunia perfilman Indonesia. Pasalnya banyak film yang dari Indonesia yang mampu menjadi film terbaik sepanjang masa. Jika dilihat dari sudut pandang penonton maka bisa dilihat bahwa jumlah penonton selalu bertambah. Ada sederet film Indonesia yang masuk dalam daftar film legendaris Indonesia yang terbaik sepanjang masa. Mungkin anda juga penasaran dengan daftar film tersebut.

Film Legendaris Indonesia Sepanjang Masa

Jika membicarakan mengenai daftar film legendaris Indonesia pasti anda akan menemukan mulai dari film komedi, film horor, film romantis, film bersejarah, dan beberapa film dengan kategori yang berbeda – beda. Ulasan kali ini akan membahas mengenai daftar film yang ada di Indonesia yang mana menjadi film terbaik sepanjang masa. Film – film tersebut menjadi film yang di rilis dalam waktu yang berbeda – beda.

Laskar Pelangi

Film Legendaris Indonesia
Sumber: montasefilm

Film yang dirilis tahun 2008 ini mampu mempunyai jumlah penonton yang sangat banyak. Film ini digarap oleh sutradara Riri Riza.

Habibie & Ainun

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Youtube

Film ini dirilis pada tahun 2012 yang digarap oleh stutradara Faozan Rizal dengan jumlah penonton hingga 4.488.889 penonton.

Ayat – Ayat Cinta

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Beritagar

Film Ayat – Ayat Cinta ini dirilis dari 2008 yang di stutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mempunyai jumlah penonton yang sangat banyak dan juga diperankan oleh sederet pemain yang terkenal.

Ketika Cinta Bertasbih

Ketika Cinta Bertasbih
Sumber: Iyakan

Film Ketika Cinta Bertasbih dirilis pada tahun 2009 oleh Chaerul Umman menyajikan film dari sebuah kisah pasangan.

5 CM

5cm
Sumber: Be Wise

Film 5 CM menjadi film yang mempunyai jumlah penonton yang banyak yang dirilis pada tahun 2012 oleh Rizal Mantovani.

The Raid

The Raid
Sumber: Letterboxd

Garapan Gareth Evans yang dirilis di tahun 2012 ini juga sangat laris untuk ditonton. Bahkan film ini, tayang di bioskop mancanegara. Tak salah film ini dinobatkan sebagai film legendaris Indonesia.

Sang Pemimpi

Sang Pemimpi
Sumber: Alchetron

Film yang diadaptasi oleh tetralogi novell dari Laskar Pelangi kedua ini dirilis pada tahun 2009 yang di garap oleh Riri Riza.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Sumber: Keepo

Film yang menceritakan kehidupan kehidupan dari sepasang kekasih yang sangat menyedihkan ini dirilis pada tahun 2013 oleh Sunil Soraya.

Comic 8

Comic 8
Sumber: IMDb

Dirilis dari tahun 2014 ini, film garapan dari Anggy Umbara ini mampu menjadi film legendaris Indonesia. Film ini termasuk dalam film bergenre aksi komedi yang sangat menarik untuk disaksikan.

Get Married

Get Married
Sumber: Beritagar

Film garapan Hanung Bramantyo yang rilis pada tahun 2007 ini juga menjadi film terbaik dengan jumlah penonton yang sangat banyak.

Garuda di Dadaku

Garuda di Dadaku
Sumber: Flixwatch

Film yang menunjukan cinta tanah air ini digarap oleh Ifa Isfansyah yang dirilis pada tahun 2009.

Nagabonar Jadi 2

Nagabonar Jadi 2
Sumber: Citra Sinema

Film yang digarap oleh Deddy Mizwar pada tahun 2007 ini masuk dalam daftar film terbaik dan mampu meraih berbagai penghargaan.

Sang Pencerah

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Cinema Poetica

Satu lagi garapan Hanung Bramantyo yang masuk dalam daftar film terbaik untuk ditonton ini dirilis pada tahun 2010.

Soekarno : Indonesia Merdeka

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Cinema Poetica

Film ini merupakan garapan Hanung Bramantyo yang dirilis tahun 2013 ini juga mampu masuk daftar film legendaries yang ada di Indonesia.

Catatan Si Boy (1987)

Film Legendaris Indonesia

Catatan Si Boy adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1987 yang disutradarai oleh almarhum Nasri Cepphy yang juga menyutradarai film populer Eiffel I’m In Love (2003). Diperankan oleh aktor-aktor kawakan seperti Onky Alexander, Meriam Bellina, Didi Petet, Ayu Ashari dan deretan aktor kawakan lainnya, film ini menceritakan kehidupan Boy (Onky Alexander), seorang pemuda tampan yang hidup di keluarga kaya raya, aktif dalam kegiatan kampus, serta rajin beribadah. Image sempurna yang dimiliki Boy ini membuat banyak wanita jatuh hati padanya.

Dibumbui dengan konflik percintaan yang tidak pernah membosankan, serta humor pengundang gelak tawa dari teman-teman karib Boy yang diperankan oleh Didi Petet dan Dede Yusuf, film ini dijamin akan menghibur anda. Suasana tahun 80-an yang kental juga akan membuat anda bernostalgia dan seakan berada di era yang identik dengan musik disco. Sempat menjadi film terlaris di zamannya dan bahkan sampai menghasilkan empat sequel, film legendaris Indonesia ini wajib ditonton bagi anda pecinta film tanah air.

Lupus (1987)

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Indonesia Film Center

 

Jika millenials mengenal Rangga, atau Dilan sebagai gambaran siswa SMA idaman di tahun 90-an, di tahun 80-an ada tokoh anak SMA tampan bernama Lupus. Berawal dari cerpen yang ditulis oleh Hilman Hariwijaya dan dilanjutkan oleh seri novelnya yang juga populer, lupus kemudian dikembangkan ke dalam layar emas. Memiliki pribadi yang jahil, bekerja sebagai wartawan lepas di majalah Hai, serta selalu bisa menghidupkan suasana di dalam lingkaran pertemannya, Lupus menjadi pribadi yang disenangi banyak orang. Tak heran jika ia juga dengan mudah dekat dengan para wanita cantik. Dari masa ke masa, tokoh Lupus sendiri sempat diperankan oleh beberapa aktor, untuk versi filmnya, aktor yang paling dikenal memerankan Lupus adalah Ryan Hidayat. Dengan ketampanannya dan aktingnya sebagai anak SMA slengekan tetapi cerdas, akan dengan sangat mudah membuat anda jatuh hati ketika menyaksikannya. Terhitung ada enam sequel yang wajib kamu tonton.

Kumpulan Film Benyamin Sueb

Film Legendaris Indonesia
Sumber: IDN Times

Benyamin Sueb adalah legenda. Jika kamu pecinta film Indonesia, deretan film yang dibintanginya tak boleh terlewatkan begitu saja. Dari Si Doel Anak Betawi (1972), Ratu Amplop(1974), hingga Betty Bencong Slebor (1978) akan berhasil memunculkan gelak tawa anda, budaya Indonesia yang kental, khususnya budaya Betawi yang terkandung dalam setiap adengan filmnya akan menambah pengalaman visual anda sebagai pecinta film Indonesia.

Kumpulan Film Warkop DKI

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Liputan6

Jika anda adalah millenials, pasti sering menyaksikan film Warkop di akhir pekan yang diputar oleh salah satu stasiun tv swasta Indonesia. Tidak ada salahnya untuk mencoba menyaksikannya kembali ketika anda sudah tumbuh dewasa. Humor yang tak jarang berkonotasi “dewasa”, memang sudah sewajarnya disaksikan oleh pemirsa berusia 15 tahun ke atas. Ditambah lagi, menonton Film Warkop dengan formasi awal ( Dono, Kasino, Indro, dan Nanu) akan membawa anda bernostalgia terbang ke masa lalu yang mungkin terasa lebih mudah dan menyenangkan?

Olga dan Sepatu Roda

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Mubi

Olga dan Sepatu Roda adalah film fiksi yang diproduksi tahun 1991. Seperti halnya Lupus, Olga juga berawal dari cerpen karya Hilman Hariwijaya yang ditulis di majalah Mode dan dibukukan menjadi Olga. Film ini dibintangi oleh Aktor kawakan Desy Ratnasari dan Nike Ardilla.

Kumpulan Film Suzzanna

Film Legendaris Indonesia
Sumber: Beritagar

Ketenaran Suzzanna kerap diraih dari film-film panas dan mistik, seperti Bumi Makin Panas dan Bernafas Dalam Lumpur, Pulau Cinta (1978) dan Ratu Ilmu Hitam (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Baca juga:  Film Luar Angkasa tentang Penjelajah hingga Perang Antar Galaksi

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

film malaysia terbaik

Tak Kalah dengan Film Tanah Air, Ini 5 Film Malaysia Terbaik!

cara mengatur keuangan

Cara Mengatur Keuangan Dengan Mudah Untuk Millenials