in

12 Film Kisah Nyata yang Wajib Ditonton, Jangan Lupa Siapkan Tissue!

Film kisah nyata selalu sarat pesan kehidupan yang mendalam. Dari kisah tokoh berpengaruh hingga kasus misterius, kami sajikan 10 rekomendasinya untuk anda.

Sumber: IDN Times

Salah satu sumber inspirasi dari sebuah film yang sering kita saksikan adalah berasal dari kisah nyata atau kisah yang benar-benar telah terjadi baik dari kejadian inspiratif, bersejarah, maupun dari kejadian-kejadian mengerikan dalam hidup. Banyak pelajaran yang dapat kita petik dari film jenis ini, untuk itu FYINE merangkumkan deretan film kisah nyata pilihan untuk anda:

Film kisah nyata tentang tokoh yang berpengaruh: “A Beautiful Mind” (2001)

Sumber: britanicca.com

Rating: 8.2/10

Satu lagi film biografi yang masuk dalam daftar rekomendasi film kisah nyata kali ini. A Beautiful Mind merupakan film kisah hidup John Nash. Ia adalah seorang penerima Penghargaan Nobel dalam bidang ekonomi, yang dengan sangat inovatif mengembangan teori game dalam matematika. Sayangnya, ia dihantui oleh penyakit mental, skizofrenia. Latar film ini kebanyakan diambil di Universitas Princeton.

Pembunuhan Berantai Hwaseong yang terkenal dirangkum dalam film kisah nyata “Memories of Murder” (2003)

Sumber: dreamers.id

Rating: 8.1/10

Film kisah nyata Korea Selatan ini terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Kota Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, tahun 1986-1991. Kasus yang tidak terungkap selama lebih dari 30 tahun ini bercerita tentang dua detektif yang berusaha mengungkap pelaku pembunuhan berantai yang fenomenal ini.

Gie (2005)

Sumber: IDN Times

Rating: 7.6/10

Berkisah tentang seorang mahasiswa dan sekaligus aktivis, Soe Hok Gie yang aktif mengkritik rezim Presiden Sukarno yang ia rasa terlalu lama menjabat sebagai presiden. Film yang didasarkan pada buku harian pribadinya ini juga menunjukan keresahan Gie pada tragedi kemanusiaan yang terjadi sekitar tahun 1965, di mana pembantaian besar-besaran terjadi pada orang-orang yang dituduh terlibat dengan PKI. Film kisah nyata indonesia ini berhasil mengantarkan Nicholas Saputra yang berperan sebagai Gie mendapatkan Piala Citra untuk predikat Pemeran Utama Pria Terbaik.

Jika kamu lelah dengan tekanan duniawi, tontonlah “Into The Wild” (2007)

Sumber: republika.co.id

Rating: 8.1/10

Usai hidup sesuai keinginan orang tuanya—bersekolah dan lulus dengan nilai tinggi—Christoper McCandless memusnahkan semua kartu kredit dan identitasnya, serta menyumbangkan semua tabungannya untuk hidup di alam liar. Terseret arus banjir, terjebak badai pasir, dan berbagai macam permusuhan ditawarkan oleh alam padanya, di samping keindahan yang tidak pernah ia jumpai saat sibuk belajar, belajar, dan belajar. McCandless menjalani kehidupan seperti itu selama berbulan-bulan sebelum akhirnya ditemukan dan kembali ke Virginia.

Film kisah nyata tentang anjing yang setia sampai akhir hayatnya, “Hachi: A Dog’s Tale” (2009)

film kisah nyata
Sumber: moroccoenglish.com

Rating: 8.1/10

Film ini diadaptasi dari kisah seekor anjing yang tetap menunggu kepulangan majikannya di sebuah stasiun, tanpa mengetahui bahwa pemilikinya tiba-tiba meninggal ketika bekerja. Selain dikenang dalam berbagai macam versi film kisah nyata, kisah anjing legendaris ini juga diabadikan dalam bentuk Patung Hachiko yang berdiri kokoh di Stasiun Shibuya. Kisah mengharukan ini akhirnya berakhir ketika penantian panjangnya terhadap sang majikan berakhir di usianya yang mencapai tiga belas tahun akibat penyakit filariasis.

Kisah pilu anak-anak tuli yang dilecehkan secara seksual: Silenced (2011)

film kisah nyata
Sumber: viki.com

Rating: 8.1/10 (iMDb) dan 9.6/10 (Viki)

Sebaiknya kalian menyiapkan tisu dan mental untuk menonton film ini. Diangkat dari sebuah buku yang didasarkan pada kejadian nyata, film kisah nyata ini menceritakan tentang anak-anak berkebutuhan khusus yang harus menerima pelecehan tak berujung dari guru-guru dan bahkan kepala sekolah mereka sendiri. Dibintangi oleh Gong Yoo, film ini mampu membawa penyelesaian di dunia nyata—hal yang tidak terjadi di dalam film tersebut.

Kisah tentang Pembunuhan Berantai Hwaseong lainnya: Confession of Murders (2012)

film kisah nyata
Sumber: merahputih.com

Rating: 7.1/10

Terinspirasi dari kisah yang sama—Pembunuhan Berantai Hwaseong—film ini mengambil latar cerita tahun 2012. Dimana secara tiba-tiba ada seorang pria yang mengaku sebagai sosok di balik pembunuhan berantai tersebut dan menuliskannya dalam sebuah novel. Di dalam novel tersebut dijelaskan secara rinci seluruh metode pembunuhan yang dilakukan dalam kasus pembunuhan yang tercatat menelan 16 korban ini. Lebih dari itu, benarkah penulis tersebut adalah si pembunuh yang sebenarnya?

Kisah seorang pria yang terpaksa harus menjalani hidup sebagai budak: 12 Years of Slave (2013)

Sumber: tabloidbintang.com

Rating: 8.1/100

Solomon Northup, seorang pria kelahiran Afrika-Amerika dengan terpaksa harus menjalani dua belas tahun hidupnya sebagai budak setelah diculik dan dijual sebagai budak oleh dua orang penipu. Ia menghabiskan dua belas tahun hidupnya di Lousiana. Ia harus menjalani penyiksaan dan ketidakadilan sebagai budak meskipun ia adaah orang yang merdeka hingga ia akhirnya berhasil dikenali dan dibebaskan.

Kisah pilu pelecehan seksual pada anak tak berdosa lainnya: Hope (2013)

film kisah nyata
Sumber: idntimes.com

Rating: 8.3/10

Diangkat dari kisah nyata, film ini bercerita tentang seorang gadis kecil yang mengalami kekerasan seksual yang menyebabkan ia nyaris tewas. Setelah kejadian naas tersebut, ia harus hidup dengan kantung urine setelah saluran pembuangannya rusak akibat kejadian tersebut. Trauma yang mendalam tak hanya ia alami sendiri, melainkan juga dialami oleh keluarga dan teman-teman di sekitarnya.

Kisah cinta si jenius Stephen Hawkins: The Theory of Everything (2014)

Sumber: ernabudena.com

Rating: 7.7/10

Secara singkat, film ini merupakan film biografi yang menceritakan tentang Stephen Hawkins, seorang ahli fisika dan kosmologi terkemuka, dan perjalanan hidupnya bersama Jane Hawking, sekaligus perjalanan Stephen sejak mahasiswa hingga penemuan ternamanya mengenai lubang hitam da nasal usul penciptaan alam semesta secara ilmiah. Sebuah film romantis, dramatik, dan mampu menyentuh hati pembaca. Merupakan salah satu rekomendasi film kisah nyata dengan rating yang lumayan tinggi. Mari mengenang beliau yang telah tutup usia beberapa waktu yang lalu.

Penyesalan seorang pria yang membiarkan sang sahabat pergi untuk selamanya: The Himalayas (2015)

film kisah nyata
Sumber: hollywoodreporter.com

Rating: 6.4/10

Film asal Korea ini menceritakan tentang seorang pendaki bernama Umh Hong-Gil yang memulai pendakiannya di Himalaya untuk menemukan tubuh sahabatnya yang tewas. Hal tersebut ia lakuakan lantaran rasa bersalahnya yang begitu besar karena telah mendukung pendakian  yang dilakukan oleh sahabatnya tersebut.

Film kisah nyata perang yang wajib ditonton: Dunkirk (2017)

Sumber: fFlm.aftonbladet.se

Rating: 7.9/10

Film garapan Christopher Nolan ini bercerita tentang kisah nyata proses evakuasi Perang dunia ke II di Dunkirk. Dimana pasukan tentara Jerman mengepung tentara sekutu dari British, Belgia, dan Prancis. Dibintangi oleh aktor kawakan Tom Hardy, film ini sekaligus menjadi debut akting Harry Styles yang sebelumnya kita kenal sebagai seorang penyanyi.

Itu tadi adalah daftar judul film kisah nyata yang telah FYINE rangkumkan untuk anda. Tanpa kita sadari sebenarnya hidup kita sendiri pada dasarnya adalah kisah film yang nyata. Ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil baik di dunia film ataupun dunia nyata. Selamat menikmati film favorit anda!

Baca juga:  Kompilasi Film Gangster Terbaik yang Bikin Tobat Penonton

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

15 Film Kartun Anak Sarat Makna yang Wajib Ditonton Bersama Si Kecil

11 Film Kungfu Terbaik ini Menyajikan Adegan Aksi yang Seru