in

15 Film Kartun Anak Sarat Makna yang Wajib Ditonton Bersama Si Kecil

Film adalah salah satu media belajar anak. Dengan bimbingan orang dewasa, berikut kami rekomendasikan 15 film kartun anak yang sarat akan hiburan dan makna.

Sumber: Appletreemovies

Edukasi anak sejak dini merupakan hal yang penting dan merupakan salah satu fungsi keluarga yang seharusnya. Nah, di zaman dengan teknologi informasi yang sudah berkembang ini, edukasi dapat dilakukan melalui berbagai macam media, salah satunya adalah lewat film. Belum lagi dewasa ini mudah sekali mengakses film, baik lewat televisi maupun dengan mengakses internet dari rumah. Berikut adalah 15 rekomendasi film kartun anak yang dapat anda nikmati bersama buah hati anda:

Dora The Explorer

Sumber: Variety

Dora The Explorer sudah menemani anak-anak sejak tahun 1999. Gadis keturunan Amerika Latin ini mengajak anak anda belajar Bahasa Spanyol sederhana bersama sahabat monyetnya, Boots. Tak hanya belajar bahasa baru, dalam film kartun anak yang mendidik ini, anak juga diajarkan untuk berhitung, memiliki jiwa petualang, saling menolong, serta mengajarkan pentingnya menyelesaikan suatu misi atau project tertentu.

Tayo The Little Bus

Sumber: Netflix

Animasi dari Korea ini cukup populer di kalangan anak-anak. Tayo The Little Bus bercerita tentang petualangan Tayo, bus kecil berwarna biru yang baru mempelajari rutenya untuk mengantar para penduduk kota. Tak hanya hadir sebagai serial, Tayo juga hadir dalam beberapa versi film. Yang pastinya, film kartun anak ini akan mengajarkan bagaimana pentingnya menolong sesama.

Curious George

film kartun anak
Sumber: Appletreemovies

George adalah seekor monyet Afrika lucu yang selalu mendapat masalah karena sifatnya yang selalu penasaran. Karena itulah ia disebut Curious George. Untungnya, ada teman George, yang disebut “Lelaki Bertopi Kuning” yang selalu membereskan masalah yang disebabkan oleh George. Si kecil bisa belajar tentang rasa keingintahuan yang tinggi dan mencoba mengatasinya sendiri. Mereka juga dapat belajar tentang memaafkan dan bahwa rasa ingin tahu itu sendiri bukanlah sesuatu yang buruk.

Frozen

Sumber: Celebcover

Saat Elsa diangkat menjadi ratu, ia malah tanpa sengaja membuat kerajaannya mengalami musim dingin tanpa akhir. Ia merasa kekuatan es-nya yang ajaib adalah sebuah kutukan yang membahayakan rakyatnya. Ia pun memutuskan untuk pergi. Anna, sang adik, bertekad untuk mencari kakaknya tersebut. Ditemani oleh Kristoff, Sven, dan Olaf, Frozen mengajarkan bahwa cinta sejati tidak melulu kita dapatkan hanya dari lawan jenis, namun juga bisa kita dapatkan dari hangatnya rasa memiliki dengan keluarga kita. Namun begitu, Film kartun anak ini sebaiknya ditonton dengan bimbingan orangtua dan hanya cocok ditonton untuk anak usia 8 tahun keatas.

Peppa Pig

film kartun anak
Sumber: Time

Selain membiasakan anak berbicara dalam Bahasa Inggris dengan logat Britishnya yang kental, Peppa si anak babi yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak ini juga akan mengajarkan banyak hal yang menyenangkan pada buah hati anda. Misalnya saja mendidik anak untuk senang dan semangat bersekolah, mengajarkan jika makan bersama keluarga itu menyenangkan, bahwa setiap orang memiliki hal yang spesial dan bakat yang membuatnya unik, dan masih banyak lagi.

Upin dan Ipin

Sumber: NU Online

Upin dan Ipin adalah film anak anak lucu dari Negeri Jiran yang dijamin akan menghibur anda dan buah hati anda. Selainkan menggunakan Bahasa Melayu yang unik dan lucu, ceritanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari juga mengajarkan tentang toleransi melalui pergaulan mereka dengan kawan-kawan dari berbagai macam ras, mulai dari ras Melayu, Tionghoa, hingga India. Film kartun anak ini juga mengajarkan si kecil untuk taat beragama sesuai dengan agama yang dianut, serta tentang kepedulian diri pada sesama.

Zootopia

film kartun anak

Di dunia hewan, mamalia dengan badan yang besar dan karnivora dinilai lebih unggul dari hewan lain. Oleh karenanya, departemen kepolisian didominasi oleh hewan-hewan besar seperti badak, kuda nil, harimau, dan hewan-hewan sejenis itu. Meski demikian, Judy si kelinci berusaha membuktikan dirinya mampu mengungkap kasus kriminal dan diterima menjadi polisi yang layak. Selain mengajarkan untuk bermimpi tinggi dan berusaha keras demi menggapai mimpi tersebut, film ini juga mengajarkan untuk tidak mendiskriminasi serta memberi label pada siapa pun. Yang baik belum tentu baik, dan yang buruk belum tentu buruk. Film ini memiliki rating PG atau anak sebaiknya menyaksikannya dengan bimbingan orangtua dan hanya diperuntukkan untuk anak usia 8 tahun ke atas.

Cars

Sumbe: Autoweek.com

Lightning McQueen adalah mobil balap yang populer. Popularitas tersebut membuatnya besar kepala dan merasa sebagai mobil bapal yang paling hebat. Di tengah kejayaanya, suatu kesialan  tiba-tiba menimpanya. Ia tanpa sengaja terjebak di sebuah kota mati di tengah padang pasir gersang bernama Radiator Spring. Apakah dengan terjebak di tempat yang sama sekali tidak ia inginkan membuatnya menjadi lebih rendah hati atau malah membuatnya menjadi semakin sombong? Pastikan anak anda menyaksikan film ini dengan bimbingan orang dewasa dan sebaiknya disaksikan oleh anak berusia 8 tahun ke atas.

Coco

film kartun anak
Sumber: IMDb

Miguel adalah anak laki-laki yang memiliki cita-cita sebagai seorang penyanyi. Sayangnya cita-citanya tersebut terhalang oleh restu keluarga, terutama sang nenek yang sangat membenci profesi penyanyi. Suatu hari ia terjebak di dalam alam kematian. Bukannya sedih, ia malah antusias setelah mengetahui ternyata kakek buyutnya adalah seorang penyanyi legendaris. Tunggu, kalau kakek buyutnya yang telah tiada adalah penyanyi legendaris yang terkenal semasa hidupnya, lalu kenapa sang nenek sangat membenci profesi penyanyi? Memiliki rating PG, film kartun anak keluaran Disney Pixar ini wajib ditonton anak-anak anda dengan bimbingan orang dewasa.

Inside Out

Sumber: Disney-plus

Banyak jalan berlubang dan bergelombang saat kita mengalami proses tumbuh menjadi lebih dewasa. Salah satunya dialami oleh Riley, seorang gadis remaja yang harus menerima kenyataan bahwa ia harus berpindah rumah meninggalkan kehidupan dan teman-teman yang ia sayangi. Seperti halnya kita, Sikapnya sehari-hari dikendalikan oleh 5 emosi: Joy, Fear, Anger, Disgust, dan Sadness yang tinggal dalam sebuah markas besar emosi yang ada dipikiran Riley. Kekacauan pun terjadi dalam markas tersebut, Riley yang selalu bahagia tiba-tiba memiliki emosi yang tidak stabil. Akankah ia baik-baik saja di kota dan sekolah yang baru? Film produksi Pixar ini mengajarkan kita untuk tidak apa-apa merasakan kesedihan, marah, takut ataupun perasaan lainnya yang tidak melulu bahagia.

The Incredibles

film kartun anak
Sumber: Disney-plus

Terpaksa menjadi warga negara biasa meski memiliki kekuatan super membuat Mr. Incredible menerima pekerjaan rahasia yang ternyata merupakan jebakan dari orang yang membencinya. Pada akhirnya, keluarga akan selalu ada untukmu kapan pun dan di mana pun untuk menghadapi masalah yang menimpamu bersama-sama.

Astro Boy

Sumber: Syfy.com

Astro adalah sebuah robot menyerupai anak laki-laki yang diciptakan Dokter Tenma sebagai pengganti putranya, Tobio. Sayangnya, sebagai subsitusi, Astro tidak tahu jati dirinya sendiri. Ini adalah perjalanan mencari jati diri, dan bahwa kita hendaknya tidak membeda-bedakan semua makhluk yang ada di bumi.

Toy Story

film kartun anak
Sumber: Bobo

Bagaimana jika mainan-mainan si kecil ternyata hidup? Sungguh penuh imajinasi, bukan? Selain mengajarkan persahabatan, Toy Story juga mengajarkan agar tidak merusak mainan seakan-akan mereka bernyawa. Jadi tidak perlu khawatir si kecil menyia-nyiakan mainan yang sudah dibeli deh.

Nussa dan Rara

Sumber: Nawacita.co

Selanjutnya ada Nussa dan Rara, film anak-anak indonesia yang bercerita tentang Nussa, anak lelaki yang bercita-cita menjadi hafiz Quran. Hari-harinya menceritakan tentang cita-citanya tersebut bersama adiknya, Rara. Ini mengajarkan tentang cita-cita dan kekukuhan untuk menggapainya, serta mengangkat issu disabilitas dimana di sini digambarkan bahwa Nussa adalah anak yang memiliki tubuh yang spesial.

Boss Baby

film kartun anak
Sumber: DreamWorks

Timmy terpaksa harus menerima adik bayi barunya, yang ternyata merupakan mata-mata yang menerima misi. Terdengar mustahil? Namun seperti itulah imajinasi anak-anak kecil. Orang dewasa juga bisa melihat dari kacamata anak kecil dari film ini. Pada akhirnya, selalu ada cinta yang cukup untuk semua orang.

Yak, sekian dulu daftar rekomendasi film kartun anak yang bisa dijadikan referensi untuk mendidik putra-putri, keponakan, dan bahkan diri kalian sendiri. Jangan lupa cek rating terlebih dahulu dan dampingi si kecil saat menonton, ya!

Baca juga:  10 Film Kartun Terbaik Ini Seru, Dari Kehidupan Hewan Hingga Hantu!

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Film India Romantis

Film India Romantis: 12 Kisah Cinta dari yang Lucu Hingga Mengharukan

12 Film Kisah Nyata yang Wajib Ditonton, Jangan Lupa Siapkan Tissue!