in

8 Film India Lama Ini Tetap Keren Meski Sudah Dilihat Berkali-kali

Film India lama ini akan menerbangkanmu ke masa lalu, saat Kajol, Shahrukh Khan dan Hrithik Roshan berada di masa jaya. Anyway, masih enak ditonton kok.

Sumber: Dharma Productions

Selain Thailand dan Korea Selatan, India merupakan salah satu negara dengan industri perfilman yang sangat produktif di benua Asia. Tidak hanya melahirkan banyak karya, film-film tersebut juga menuai banyak pujian dari penonton lokal maupun penonton dari negara-negara lain. India seperti memiliki rumus maupun ciri khas tersendiri dalam film-film yang mereka produksi. Beberapa aktornya pun menuai popularitas hingga level internasional. Sulit rasanya jika harus memilih Film India lama yang berkualitas sejak awal industri perfilman ini dimulai hingga sekarang. Namun fyine akan merangkum beberapa film India keren dari berbagai genre yang dirilis sekitar lebih dari satu dekade lalu hingga awal tahun 2000. Siap-siap masukkan ke daftar film keren yang wajib kamu tonton!

Lagaan: Once Upon A Time in India (2001)

film india lama
Sumber: europeanfilmawards.eu

Film India lama yang direlease di tahun 2001 ini diproduksi oleh Aamir Khan Productions. Film yang disutradarai Ashutosh Gowariker ini menceritakan masa ketika India masih dibawah kekuasaan Inggris. Para penduduk desa menentang kebijakan Inggris yang ingin melipatgandakan uang pajak. Keren, Lagaan yang dibintangi Aamir Khan ini berhasil memangkan piala Best Foreign Language Film di Academy Awards (Oscars). Film ini  juga menuai respon positif dan menang di beberapa festival film di India maupun internasional lainnya. Tampaknya tidak berlebihan menyebut Lagaan sebagai salah satu film India terbaik sepanjang masa.

Film India Lama yang Mengambil Lokasi Shooting di Pusat Penelitian NASA: Swades (2004)

Sumber: inoxmovies.com

Swades menjadi satu-satunya film India yang melakukan proses syuting di dalam lokasi pusat penelitian NASA yaitu Kennedy Space Center di Florida. Swades menceritakan ilmuwan bernama Mohan Bhargava (diperankan Shah Rukh Khan) yang sukses bekerja di NASA. Dia pulang ke negaranya untuk mengajak pengasuhnya di masa kecil tersebut ikut dia ke Amerika. Selain Lagaan, Swades adalah film karya Ashutosh Gowariker yang tak kalah keren. Film ini akan menunjukkan betapa modernnya lingkungan kerja Mohan di NASA yang sangat kontras dengan lingkungan rumahnya di India. Mohan tetap mencari “rumah” yang cocok dengan hatinya meski sudah sukses di luar negeri.

Film India Lama Kajol dan Shah Rukh Khan: Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

film india lama
Sumber: imdb.com

Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah judul yang tidak boleh kamu lupakan saat membahas film India romantis yang legendaris. Film ini bahkan dianggap sebagai awal standar genre romantis komedi berkualitas di Bollywood. Tentu saja salah satu alasannya adalah chemistry akting yang keren dari Shah Rukh Khan dan Kajol, pasangan favorit para pecinta film India untuk genre romantis. Film ini menceritakan Raj dan Shimran yang bertemu saat liburan di Eropa. Ketika mengetahui Shimran akan dijodohkan, Raj berusaha memenangkan hati Shimran dan keluarganya.

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

film india lama
Sumber: gdayindia.com.au

Satu lagi film India yang juga tak kalah romantis dari Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah Kuch Kuch Hota Hai. Film populer yang lagi-lagi diperankan Shah Rukh Khan dan Kajol ini menceritakan kisah cinta segitiga yang bercampur dengan hangatnya persahabatan anak muda di jaman kuliah. Bertahun-tahun berlalu, cerita persahabatan mereka menemui akhir yang bahagia. Film ini memiliki dialog-dialog dan soundtrack yang sangat berkesan di ingatan penonton.

Taare Zameen Par (2007)

Sumber: upperstall.com

Taare Zameen Par adalah film yang akan menghangatkan hatimu sekaligus film India sedih yang mampu membuatmu menangis. Ini adalah salah satu film terbaik karya sutradara Aamir Khan yang juga dia bintangi langsung sebagai aktor utamanya. Film Taare Zameen Par menceritakan seorang siswa yang dianggap pemalas dan tidak penurut. Seorang guru (Aamir Khan) akhirnya menyadari alasan dibalik semua sikap anak tersebut selama ini dan memberikan teknik belajar yang mendukung dia untuk semakin berkembang.

3 Idiots  (2009)

film india lama
Sumber: momspresso.com

Satu lagi film keren yang dibintangi oleh Aamir Khan. 3 Idiots akan menghiburmu dengan tingkah tiga pelajar muda. 3 Idiots arahan sutradara Rajkumar Hirani ini  mengangkat cerita unik dan menyampaikan pesan moral yang nyata terjadi di lingkungan sosial. Pesan-pesan yang penting dan sindiran terhadap sistem pendidikan di India tersebut tetap dapat disampaikan dengan baik melalui adegan-adegan kocak

My Name is Khan (2010)

film india lama
Sumber: mynameiskhanthefilm.com

Ini adalah film yang semakin mempopulerkan nama Shah Rukh Khan dan Kajol ke level internasional. My Name is Khan menceritakan pria India beragama Islam bernama Rizvan Khan yang memiliki sindrom Asperger. Rizvan Khan ingin membersihkan namanya. Dia berusaha menemui Presiden Amerika Serikat dan bahkan melakukan perjalanan yang melelahkan ke beberapa tempat. Film ini akan membuatmu semakin kagum dengan kemampuan akting Shah Rukh Khan dan chemistry aktingnya bersama Kajol.

Film India Lama Hrithik Roshan: Dhoom 2 di Franchise Dhoom (2006)

Sumber: imdb.com

Bollywood memiliki franchise film genre action dan thriller yang sukses berjudul Dhoom. Ada tiga film dalam franchise ini. Kesuksesan film ketiga tersebut membuat Dhoom sebagai salah satu film dengan penjualan terbesar di industri Bollywood. Franchise bertabur bintang populer seperti Abhishek Bachan, Uday Chopra, Rimi Sen, Hrithik Roshan, Aiswarya Rai Bachan, hingga Katrina Karif. Banyak yang berpendapat bahwa film Dhoom 2 adalah film yang terbaik dari franchise sukses ini.

Film-film di atas akan memberikanmu banyak pelajaran hidup. Cerita itu dibawakan dengan baik lewat akting yang sudah tidak diragukan lagi dari aktor populer seperti Aamir Khan, Shah Rukh Khan hingga Kajol. Di sisi lain, hal yang patut diacungi jempol dari industri perfilman India adalah cara mereka menujukkan budaya lokal yang kuat seperti tradisi, tarian, dan lain sebagainya dalam cerita film. India mengenalkan budaya mereka sekaligus menciptakan ciri khas tersendiri bagi perfilmannya.

Baca juga:  7 Film Thriller 2019 Terbaik untuk Kamu yang Suka Ketegangan!

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

9 Film Silat Mandarin Jadul Ini Tetap Seru Untuk Ditonton Berulang Kali!

9 Rekomendasi Anime Romance Rumit dan Penuh Konflik