in

9 Film Dokumenter Terbaik, Dari Robin Williams Hingga Perburuan PKI

Film dokumenter akan memberikanmu gambaran nyata tentang kehidupan. Berikut adalah 9 film dokumenter terbaik yang wajib kamu saksikan.

Sumber: m.media-amazon.com

Film dokumenter akan memberikan sensasi menonton berbeda dari film-film pada umunya yang ditayangkan di bioskop. Film dokumenter adalah film yang menampilkan cerita non fiksi. Film dokumenter akan menunjukkan rekaman asli dari kejadian nyata yang kelam dalam sejarah maupun peristiwa-peristiwa seperti bencana alam dan tragedi lainnya. Biasanya film dokumenter memiliki durasi penayangan yang jauh lebih pendek daripada film-film komersil lainnya di bioskop. Film-film tersebut tidak banyak menampilkan sisi hiburan karena lebih fokus menunjukkan fakta-fakta dari peristiwa nyata. Ingin banyak rekomendasi film dokumenter untuk menambah pengetahuanmu? Nah, simak beberapa film dokumenter terbaik di bawah ini:

Film Dokumenter Terbaik Tentang Genosida di Indonesia: The Act of Killing

film dokumenter terbaik
Sumber: Dogwoof Pictures

The Act of Killing karya sutradara Joshua Oppenheimer adalah film dokumenter Indonesia yang dirilis tahun 2012. Film dokumenter ini terlihat berbeda dari film-film dokumenter lainnya. The Act of Killing menceritakan peristiwa genosida orang-orang yang dianggap komunis di Indonesia dari sisi orang-orang terlibat yang  masih hidup. Saat menceritakan peristiwa kelam tersebut, mereka terlihat santai bahkan bangga menceritakannya kembali dengan dramatis. Mereka juga menceritakan reaksi orang-orang yang diinterogasi dan disiksa.

Baca juga:  Film Thailand Romantis 2018 ini Akan Membuatmu Ingin Jatuh Cinta Lagi

The Look of Silence

Sumber: cinemapoetica.com

Satu lagi film documenter karya Joshua Oppenheimer yang akan menyita fokusmu saat menontonnya. Usai The Act of Killing, ada film The Look of Silence yang juga menceritakan peristiwa kelam genosida  di Indonesia. The Look of Silence sempat ramai menjadi perbincangan hangat di media sosial karena isu yang diangkat dan juga berita-berita yang mengiringi kegiatan penayangan filmnya. The Look of Silence menampilkan keluarga yang menceritakan proses penangkapan dan pembunuhan anaknya. Anak paling muda dari keluarga tersebut menemui para pelaku pembunuhan dengan cara memeriksa kesehatan mata mereka sambil menanyai peristiwa di masa lalu.

Film Dokumenter Terbaik Pasca Tsunami di Tohoku:  Pray for Japan

film dokumenter terbaik
Sumber: imdb.com

Ini adalah film dokumenter arahan sutradara Stuart J. Levy yang menceritakan tentang efek yang terjadi setelah peristiwa gempa bumi dan tsunami Tohoku. Pray for Japan menunjukkan perjuangan orang-orang untuk menata hidupnya kembali dan bangkit setelah mengalami tragedi tersebut. Keuntungan dari film ini didonasikan ke organisasi non-profit  untuk proyek rekonstruksi Tohoku.

Film Dokumenter Terbaik Tentang Kerusakan Setelah Tsunami Jepang: Nuclear Nation

Sumber: rogerebert.com

Selain Pray for Japan, Nuclear Nation adalah film dokumenter yang juga menceritakan peristiwa sekitar tragedi gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tahun 2011 di Jepang. Namun Nuclear Nation lebih fokus memperlihatkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang mengalami kerusakan akibat efek bencana alam dahsyat tersebut. Para penduduk di sekitar lokasi tersebut pun harus diungsikan dan tidak bisa kembali ke rumah mereka dalam waktu yang sangat lama karena lingkungannya masih terkontaminasi.

I Am Not Your Negro l

film dokumenter terbaik
Sumber: Velvet Films

Film karya sutradara Raoul Peck yang dirilis tahun 2016 ini sempat dinominasikan di kategori Best Documentary Feature di Academy Awards ke-89. Film I am Not Your Negro diangkat berdasarkan naskah terakhir James Baldwin yang berjudul “Remember This House”. Aktor Samuel L. Jackson mengisi narasi film ini. I am Not Your Negro menceritakan perspektif dan observasi Baldwin tentang identitas di Amerika dan menceritakan kehidupan para pemimpin yaitu Martin Luther King Jr, Malcolm X, dan Medgar Evers.

Baca juga:  10 Film Jepang Romantis yang Membuat Perasaanmu Terhanyut Bebas

Man on Wire

Sumber: theguardian.com

Ini adalah film dokumenter yang populer tahun 2008 tentang Philippe Petit yang menantang bahaya dengan berjalan di atas kabel diantara gedung World Trade Center. Ini adalah aksi yang gila sekaligus mengagumkan karena dia berani berjalan di atas kabel yang berada di ketinggian lebih dari seribu kaki. Film dokumenter Man on Wire juga menunjukkan proses perjuangan Philippe saat dia berlatih dan video penampilannya.  Film ini berhasil meraih piala Academy Awards untuk kategori Best Documentary Feature.

Film Dokumenter Terbaik Tentang Pabrik Cina yang Didirikan di Amerika: American Factory

film dokumenter terbaik
Sumber: bloomberg.com

American Factory merupakan salah satu film dokumenter terbaik 2019. Film karya sutradara Steven Bognar dan Julia Reichert. Film yang dirilis tahun 2019 ini menceritakan orang kaya dari China yang membuka pabrik baru di Ohio, Amerika. Pabrik ini mempekerjakan ribuan buruh di Amerika Serikat. Dibukanya ribuan lapangan kerja baru ini seolah memberikan harapan yang cerah. Namun, American Factory menunjukkan bagaiamana konflik perbedaan budaya yang diterapkan China untuk para pekerjanya dan budaya yang terbiasa dilakukan oleh orang-orang Amerika.

Film Dokumenter Terbaik Tentang Mahkluk Laut yang Jarang Terlihat: Blue Planet

Sumber: variety.com

Ini adalah film dokumenter yang memperlihatkan keindahan alam dan lautan. Blue Planet akan memberikan banyak informasi tentang makhluk-makluk di bawah laut yang mungkin belum pernah kalian lihat karena jarang dijangkau oleh manusia. Blue Planet juga mengamati kehidupan sekaligus tingkah laku hewan laut. Blue Planet membuktikan bahwa film dokumenter dapat menghiburmu sekaligus memberikan banyak pelajaran dan informasi baru untuk penontonnya.

Robin Williams: Come Inside My Mind, Film Dokumenter Terbaik Tentang Kisah Hidup Sang Pria Jenaka

film dokumenter terbaik
Sumber: Sundance.org

Salah satu film dokumenter terbaik 2018 adalah Robin Williams: Come Inside My Mind. Siapa yang tidak tahu Robin Williams? Dia sangat populer dan sangat dicintai sehingga kepergiannya mengejutkan banyak orang. Film dokumenter ini menampilkan video awal karier Robbin Williams ketika dia sangat nyaman tampil di atas panggung, leluconnya yang selalu sukses menghibur penonton, dan sosoknya yang dikagumi orang-orang hingga meraih popularitas tinggi.

Baca juga:  Film Animasi 2018: 8 Judul yang Masih Relate untuk Ditonton!

Nah, film-film dokumenter diatas tidak hanya menunjukkan fakta yang terjadi saat ada perstiwa besar. Film-film ini juga sering menjadi alat untuk mengkritik rezim terhadap sejarah yang kelam, membahas hal-hal yang jarang disoroti publik dan juga menunjukkan kritik kondisi sosial saat itu. Selain itu, film dokumenter juga dapat menjadi wadah untuk mendidik dan memberikan informasi terhadap permasalahan tertentu.

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Coba Quiz Ini dan Lihat Mana Asrama Hogwarts yang Cocok Buat Kamu!

8 Film Tentang Bencana Alam Asia yang Tak Kalah Keren dari Hollywood