in

11 Film Detektif Terbaik dengan Ending Tak Terduga

Film detektif memang selalu bikin penasaran. Jika kamu bosan sama film-film romance, FYINE telah merangkumkan rekomendasi film detektif terbaik untukmu.

Sumber: lwlies.com

Film detektif adalah film yang akan membuatmu merinding bahkan ketakutan dan tegang meskipun tidak ada unsur horor di sini. Pasalnya film-film detektif sering menampilkan kasus pembunuhan yang sadis seperti pembunuhan berantai dan penganiayaan korban. Tidak hanya tegang, kamu akan dibuat ikut memikirkan siapa tersangka dibalik tindakan kriminal tersebut. Nah di bawah ini ada 11 film detektif terbaik yang harus kamu tonton.

Film Detektif Terbaik Legendaris: The Silence of the Lambs

film detektif terbaik
Sumber: amazon.co.uk

Ini adalah salah satu film detektif terbaik dengan penyelesaian kasus yang unik. Seorang detektif wanita dari FBI sedang mendapatkan tugas untuk menyelesaikan kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Buffalo Bill. Demi menandingi otak kriminal Buffalo Bill, detektif ini meminta bantuan ke tahanan berbahaya yaitu Dr. Hannibal Letcher. Sang detektif akhirnya mengikuti permainan psikologi yang menegangkan antara dua kriminal tersebut. Selain merasakan kegilaan di cerita detektif, film ini juga menjadi film genre psikopat terbaik.

Film Detektif Terbaik Tentang Detektif Afrika-Amerika: In the Heat of the Night

film detektif terbaik
Sumber: nytimes.com

Film lawas ini dirilis tahun 1967 dengan dibintangi Sidney Poitier dan Rod Steiger. Di tahun-tahun tersebut ketika isu rasis masih sangat kuat dalam lingkungan sosial, ada seorang detektif keturunan Afrika-Amerika yang terjebak di kasus pembunuhan. Kasus pembunuhan pebisnis ini ternyata melibatkan nama-nama orang terkenal. Di lingkungan yang sangat rasis itu, detektif tersebut tetap bertahan hingga tersangka tertangkap.

Baca juga:  11 Film Sci Fi Terbaik dengan Kisah Imajinatif yang Wajib Ditonton

Film Detektif Terbaik Karya Bong Joon Ho: Memories of Murder

Sumber: hollywoodreporter.com

Akhir-akhir ini, industri perfilman Korea Selatan sedang hangat diperbincangkan usai kemenangan Parasite arahan sutradara Bong Joon Ho yang memborong piala di Academy Awards ke-92. Nah, saat membahas film detektif, Korea Selatan juga memiliki film yang keren berjudul Memories of Murder yang juga disutradarai Bong Joon Ho dan dibintangi Song Kang Ho (aktor Parasite). Ini adalah film yang mengadaptasi kisah nyata. Film ini menceritakan dua detektif di tahun 1986 yang berusaha mengungkap tersangka yang memperkosa dan membunuh wanita-wanita muda.

Film Detektif Terbaik Tentang Manusia Cloning: Blade Runner 1982

film detektif terbaik
Sumber: murder-mayhem.com

Datang dari sutradara berbakat Ridley Scott, Blade Runner tahun 1982 ini menceritakan empat manusia hasil kloning/tiruan yang dikirim ke luar angkasa untuk melakukan sebuah pekerjaan. Sayangnya mereka kabur dan kembali ke bumi. Seorang  pemburu bernama Deckard (Harrison Ford) yang menyamar sebagai detektif pun berusaha mencari empat makhluk tersebut yang bersembunyi diantara orang-orang di Los Angeles. Selama proses pencarian ini, Deckard justru mengetahui misteri baru yang lebih menegangkan dari misi ini.

Sherlock Holmes

Sumber: tasteofcinema.com

Sherlock Holmes adalah sosok detektif yang paling populer di perfilman. Dia adalah detektif yang menarik dengan karakternya yang cerdas dan lucu. Salah satu film keren tentang detektif populer satu ini adalah Sherlock Holmes pada tahun 2009 yang disutradarai Guy Ritchie. Film ini menceritakan detektif Sherlock Holmes (diperankan Robert Downey Junior) dan Watson (Jude Law) yang menginvestigasi ancaman mistis dengan kekuatan supernatural yang diarahkan ke Inggris. Sherlock Holmes akan memberikan tontonan pemecahan kasus dengan cara yang seru, lucu dan menarik.

Gone Girl

film detektif terbaik
Sumber: bustle.com

Ini adalah cerita tentang investigasi yang juga dapat digolongkan sebagai film misteri terbaik. Gone Girl bercerita tentang seorang pria bernama Nick (Ben Affleck) yang mengumumkan bahwa istrinya telah menghilang. Berita ini langsung menyita perhatian publik, diliput oleh media dan ditangani polisi. Seiring berjalanannya proses mengungkap kasus ini, publik mulai curiga dengan sikap aneh Nick yang sepertinya mengetahui sesuatu.

Baca juga:  11 Anime School Romance ini Dijamin Bikin Perasaanmu Naik Turun!

Se7en

Sumber: dleagueconnects.org

Ini adalah film yang dibintangi tiga nama populer yaitu Morgan Freeman, Brad Pitt, dan Gwyneth Paltrow. Se7en menampilkan cerita seorang detektif muda (Brad Pitt) bekerjasama dengan polisi senior (Morgan) yang berusaha menangkap pembunuh yang aneh. Dia melakukan pembunuhan dengan motif tujuh dosa mematikan. Andrew Kevin Walker mendapatkan pujian atas penulisan naskah yang keren dan berbeda dari film-film detektif lainnya.

Prisoners

film detektif terbaik
Sumber: Alcon Entertainment

Di tahun 2013, ada film detektif berjudul Prisoners yang dibintangi Jake Gyllenhall dan Hugh Jackman. Prisoners menceritakan dua anak perempuan yang tiba-tiba menghilang secara misterius. Ayahnya yang bernama Keller Dover (Hugh) terkejut dengan peristiwa ini dan panik. Polisi hanya menemukan petunjuk yaitu mobil RV yang terparkir di dekat lokasi dan menangkap supirnya. Namun kasus ini belum terungkap sepenuhnya karena kurangnya petunjuk maupun bukti. Dover yang semakin mencemaskan keberadaan anaknya pun nekat mengungkap kasus ini sendirian.

Searching

Sumber: wwnytv.com

Searching dianggap sebagai salah satu film detektif terbaik 2018. Film ini populer ini disutradarai Aneesh Chaganty yang juga ikut menulis naskahnya. Searching menceritakan seorang remaja perempuan yang hilang. Ketika proses pencarian dan investigasi belum membuahkan hasil, ayah perempuan tersebut yang bernama David Kim pun teringat pada laptop anaknya yang dicurigai menyimpan sesuatu. Alur cerita bernuansa thriller, misteri dan drama pun semakin terlihat saat David mencari petunjuk dan melacak jejak digital anaknya tersebut.

Knives Out

film detektif terbaik
Sumber: deadgoodbooks.co.uk

Film detektif yang masih sangat segar di ingatakan penonton adalah Knives Out. Film yang dirilis November 2019 tersebut menampilkan sederet bintang-bintang ternama hollywood mulai dari Daniel Craig hingga Chris Evans. Film ini menceritakan proses penyelidikan kematian seorang Harlan Thrombey yang yang secara misterius meninggal setelah perayaan ulang tahunnya. Detektif Blanc menyelidiki satu per satu anggota keluarga hingga pegawai Harlan.

Baca juga:  Urutan Film X Men Sesuai Alur: Sebuah Panduan Movie Marathon

The Third Murder

film detektif terbaik
Sumber: japantimes.co.jp

Selain Korea Selatan dan Hollywood, industri perfilman Jepang juga memiliki film detektif yang keren berjudul The Third Murder. Film detektif terbaik Jepang yang dirilis tahun 2017 ini menceritakan Mitsumi yang akan dihukum mati jika terbukti bersalah dalam sebuah kasus pembunuhan. Mitsumi sendiri selama bertahun-tahun memiliki catatan kriminal yang semakin memberatkan posisinya di pengadilan. Kasus pembunuhan itu terlihat sederhana karena Mitsumi sudah mengakui perbuatannya. Namun Shigemori sang pengacara Mitsumi justru mulai menemukan bukti kejanggalan-kejanggalan yang berlawanan dengan pernyataan Mitsumi. Film ini menang di beberapa acara penghargaan film di Jepang.

Film-film detektif di atas terlihat semakin seru saat digabungkan dengan genre misteri bahkan thriller. Film dengan kasus kriminal yang sadis seperti pembunuhan berantai akan membuatmu merinding dan semakin tegang saat menyaksikan proses penangkapan tersangkanya. Diantara film-film di atas, adakah film yang sudah menjadi favoritmu selama ini?

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Malaysia Romantis Ini Wajib Ditonton, Nggak Kalah dari Film Lokal!

8 Film Zombie Terbaik: Keseruan dari Aksi Hingga Sains Fiksi