in

Film Cinta Indonesia Ini Tak akan Lekang oleh Waktu

Apakah kamu suka film romantis Indonesia? Demen cerita romance-comedy, happy ending atau yang bikin baper? Romansa menjadi salah satu genre yang paling digandrungi oleh penonton, tidak memandang gender, mereka yang nonton tidak jarang dibuat bahagia, sedih hingga jatuh cinta. Nah, untuk menemani waktu liburan kamu di tengah pandemi Corona kami rekomendasikan 8 film cinta Indonesia terbaik sepanjang masa.

Surat Cinta untuk Starla

film cinta indonesia

Pernah dengerin lagu romantis Virgoun yang berjudul ‘Surat Cinta untuk Starla’? Lagu ini diangkat ke layar lebar dengan judul sama yang dirilis tahun 2017. Bercerita tentang seorang laki-laki bernama Hema (Jefri Nichol), ia sering menulis surat cinta dengan menggunakan mesin tik peninggalan kakeknya. Surat tersebut bukanlah untuk seorang gadis, melainkan alam. Ya, alam lah yang membuat Hema jatuh cinta sampai dirinya begitu terobsesi. 

Namun semua berubah, ketika Hema bertemu Starla (Caitlin Halderman), seorang perempuan cantik yang berhasil mengikat hatinya hanya dalam waktu 6 jam. Dari sinilah, Hema sadar bahwa surat cintanya untuk Starla jauh lebih indah dari surat-surat sebelumnya yang ia tulis kepada sang alam.

Dear Nathan

Masih diperankan oleh Jefri Nichol sebagai Nathan, film cinta Indonesia 2017 ini menceritakan kisah romansa anak sekolah menengah. Nathan yang dikenal sebagai siswa pembuat onar dibuat klepek-klepek sama seorang siswi berprestasi disekolahnya, yaitu Salma (Amanda Rawles).

Mereka pertama kali bertemu dari sebuah kejadian lucu, ketika Salma terlambat ke sekolah. Agar Salma terhindar dari hukuman, Nathan diam-diam membantunya masuk kelas tanpa masalah. Hubungan mereka yang semakin dekat membuat Nathan jadi bucin nggak karuan. Bahkan secara terang-terangan ia berani menyatakan perasaanya pada Salma lho. 

Dilan 1990

film cinta indonesia

Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq yang satu ini nggak boleh dilewatkan gitu aja. Dilan 1990 pernah membuat remaja Indonesia jadi baper sama sosoknya yang cool dan romantis. Dibintangi Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, Dilan 1990 membawa penonton flashback ke masa putih abu-abu tahun 90-an. 

Milea adalah murid pindahan yang membuat si Dilan jatuh hati hingga ia harus menempuh berbagai cara agar bisa mendekatinya. Kata-kata romantis bak pujangga digunakan Dilan untuk membuat Milea tertarik, hingga hubungan keduanya semakin akrab. Tapi, hubungan mereka tidak semulus wajah idol Korea. Ada banyak masalah menghampiri, ditambah lagi Dilan adalah ketua geng motor yang dikenal kurang baik di mata orang-orang sekitarnya. 

Teman Tapi Menikah

Nggak kalah ciamik dari Dilan 1990, Teman Tapi Menikah yang juga dibintangi Vanesha Prescilla bersama Adipati Dolken sukses menjadi film cinta Indonesia 2018 terlaris. Mengisahkan persahabatan antara Ayu dan Ditto selama 12 tahun yang berubah menjadi cinta. Nyatanya, film yang diadaptasi dari kisah nyata Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion ini mendapat respon positif dari penonton karena menyuguhkan drama romansa yang ringan.

Critical Eleven

film cinta indonesia

Film yang diangkat dari novel best seller memang selalu memberikan warna tersendiri, seperti Critical Eleven karya Ika Natasha. Fyi, Critical Eleven merupakan istilah penerbangan yang menggambarkan situasi paling kritis dari perjalanan pesawat selama 11 menit terakhir. Bisa diartikan 3 menit setelah pesawat take-off dan 8 menit sebelum landing. Pada saat kritis itulah, Anya (Adinia Wirasti) dan Ale (Reza Rahadian) dipertemukan ketika mereka menempuh perjalanan ke Sydney.

Seperti kisah asmara pada umumnya, hubungan keduanya berlanjut ke arah serius dan mereka memutuskan untuk pindah ke New York setelah menikah. Kehamilan hingga kehadiran sosok masa lalu Anya, membuat hubungan rumah tangga mereka tak berjalan sesuai harapan. 

Habibie & Ainun 3

Kisah romansa mantan Presiden Indonesia, Habibie diangkat ke layar lebar dan sukses menjadi salah satu film paling populer di tanah air. Banyak orang juga mendekritkan bahwa film ini termasuk film cinta Indonesia sedih. Namun dibalik kisah haru yang ditonjolkan, kita dapat memetik pelajaran berharga dalam menjalin hubungan harmonis bersama pasangan. 

Habibie & Ainun 3 memberikan kesan baru dari film Habibie sebelumnya, disini penonton bisa mengenal dekat sosok Ainun (Maudy Ayunda) yang punya semangat tinggi menjadi seorang dokter. Meski banyak orang meragukan kemampuannya, ia tak pernah patah arang. Saat menempuh perkuliahan, Ainun bertemu dengan Ahmad seorang mahasiswa pintar dan romantis. Ahmad sukses membuat Ainun jatuh hati hingga ia lupa dengan Rudi Habibie (Reza Rahadian), pujaannya semasa SMA dulu. 

Posesif

Posesif juga merupakan salah satu film romantis Indonesia yang sukses menggaet jutaan penonton. Bercerita tentang hubungan asmara dua remaja, Yudhis (Adipati Dolken) dan Lala (Putri Marino) semasa SMA. Yudhis adalah seorang laki-laki yang mengubah kehidupan Lala. Dulu dirinya merasa begitu kesulitan baik dalam kehidupan maupun sebagai atlet lompat indah. Tapi, semua berubah setelah Lala memasuki kehidupan baru yang Yudhis berikan. Apakahh Yudhis dan Lala memang ditakdirkan bersama?

Ayat-Ayat Cinta 2

Pernah hits pada masanya, film Ayat-Ayat Cinta 2 kembali melanjutkan kisah romansa seorang Fahri (Fedi Nuril). Tidak hanya menawarkan cerita cinta dan religi, film ini juga menyematkan kisah humor dengan adanya Misbah (Arie Untung) sebagai sahabat Fahri dan  Hulusi (Pandji Pragiwaksono) seorang asisten berdarah Turki.

Konflik utama dalam film ini sebenarnya mempertanyakan bagaimana nasib Aisha. Fahri sangat berharap Aisha kembali dalam hidupnya meski ia tak tahu dimana sekarang wanita pujaannya berada.

Ayat-Ayat Cinta 2 juga menampilkan kehidupan Fahri saat tinggal di lingkungan dan bertemu orang-orang baru, seperti Keira yang membenci Fahri karena dianggap sebagai seorang teroris dan munculnya nenek Catarina seorang keturunan Yahudi. 

Baca juga:  Drama Jepang ini Bikin Nagih: 9 Kisah Aksi Hingga Misteri

What do you think?

Written by timmy

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Film Komedi Terbaik Indonesia yang Bikin Ngakak Nggak Ketulungan!

7 TV Series Terbaik Produksi dari 4 Negara Berbeda Temani Kegabutan Kamu