in

Film Biografi Terbaik: 9 Tokoh Hebat Indonesia di Masa Lalu

Indonesia memiliki banyak tokoh berpengaruh yang akan menginspirasimu. Beri arti baru pada hidupmu dengan menyaksikan 9 film biografi terbaik ini.

Sumber: tribunnews.com

Dua tahun lalu, film berjudul Bohemian Rhapsody sangat populer di berbagai belahan dunia. Film itu bahkan dianggap sebagai salah satu film biografi terbaik 2018. Tidak perlu melihat terlalu jauh, Indonesia juga memiliki banyak tokoh-tokoh hebat yang kisah hidupnya layak dijadikan sebagai inspirasi positif. Tokoh-tokoh hebat tersebut memiliki nama yang harum karena jasa mereka terhadap Indonesia dan kisah perjalanan hidupnya mereka sendiri yang menjadi inspirasi bagi generasi-generasi setelahnya. Kisah-kisah tersebut telah diceritakan ulang dalam berbagai film. Nah, ingin tahu film biografi apa saja yang bagus? Fyine memiliki 9 rekomendasi film keren untukmu.

Gie

film biografi terbaik
Sumber: tribunnews.com

Gie adalah film biografi terbaik Indonesia menampilkan perjalanan hidup mahasiswa cerdas dan aktivis bernama Soe Hok Gie  yang diperankan aktor keren Nicholas Saputra. Dia hidup di era ketika politik Indonesia sedang mengalami masa yang kelam. Film Gie menceritakan kegiatan Gie sebagai mahasiswa, kehidupan pribadinya bersama keluarga dan juga sekilas tentang kisah cintanya dengan mahasiswi lain. Di film ini, kamu akan melihat karakter Soe Hok Gie yang sensitif, romantis, pecinta alam, kritis, senang membaca, senang berdiskusi, akrab dengan teman-temannya dan memiliki pembawaan yang tenang saat berdebat dengan orang yang berbeda pendapat dengan dia.

Habibie & Ainun

Sumber: imdb.com

Film Habibie & Ainun yang dirilis tahun 2012 adalah salah satu film biografi terbaik Indonesia yang wajib kamu saksikan. Film romantis ini menampilkan perjalanan hidup Habibie yang bertemu Ainun lagi pasca ia menuntut ilmu di Jerman. Film ini kemudian menunjukkan lika liku rumah tangga yang dijalani B.J. Habibie dan istrinya di Jerman maupun di Indonesia ketika B.J. Habibie menjadi Presiden Indonesia yang ke-3. Habibie & Ainun menunjukkan pasangan yang saling mendukung untuk meraih mimpi, saling setia, namun tetap saling mengingatkan dan tetap menjaga sisi romantis hingga tua. Film ini menjadi bukti bahwa B.J. Habibie dan Ibu Ainun adalah pasangan yang sangat dicintai oleh rakyat Indonesia.

Susi Susanti: Love All

film biografi terbaik
Sumber: beritagar.id

Ini adalah salah satu film biografi terbaik, apalagi untukmu pecinta olahraga bulu tangkis. Susi Susanti: Love All menampilkan perjuangan tokoh atlet bulu tangkis Indonesia Susi Susanti yang sangat dikagumi oleh semua orang. Film ini menampilkan perjuangan keras Susi Susanti saat membanggakan negaranya dalam ajang olahraga bulu tangkis.  Ketika itu, Susi Susanti menghadapi situasi yang sulit saat harus berlomba di tengah kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang sedang tidak stabil. Laura Basuki menampilkan akting yang keren sebagai Susi Susanti. Tak berlebihan rasanya saat melabeli film ini sebagai film biografi olahraga terbaik.

Jenderal Soedirman

Sumber: muvila.com

Ini adalah film tentang  Jenderal Soedirman, tokoh panglima perang yang pemberani saat melawan para penjajah. Jenderal Soedirman menampilkan masa saat Belanda tidak mengikuti perjanjian Renville dan melakukan penyerangan ke Yogyakarta. Jenderal Soedirman yang saat itu sedang sakit parah tetap terjun ke medan perang untuk memimpin perang gerilya yang akhirnya sukses membuat Belanda kewalahan hingga akhirnya menyerah. Karakter Jenderal Soedirman ini diperankan oleh aktor tampan dan berbakat Adipati Dolken.

Sang Pencerah

Sumber: themoviedb.com

Film biografi terbaik selanjutnya adalah film biografi tentang Ahmad Dahlan sang pendiri organisasi Muhammadiyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Sang Pencerah menampilkan Ahmad Dahlan yang setelah pulang dari tanah suci, dia berusaha menerapkan ajaran Islam yang benar di masyarakat Indonesia. Ahmad Dahlan sempat mendapatkan cemooh dan penentangan dari orang-orang di sekitarnya. Di film ini kita akan melihat kepedulian Ahmad Dahlan pada orang-orang yang membutuhkan yang ada di sekitar kita.

Sang Kiai

film biografi terbaik
Sumber: kapanlagi.com

Tidak hanya Sang Pencerah, Indonesia juga memiliki film biografi terbaik lain yang menceritakan tentang tokoh organisasi agama Islam yang berjasa di masa penjajahan. Sang Kiai adalah film biografi tokoh besar K.H Hasyim Asy’ari sang pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Hasyim Asy’ari tidak hanya dikenal agamis karena dia juga menjadi tokoh yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sang Kiai menunjukkan bagaimana kejamnya kebijakan pemerintah Jepang saat masih menguasai Indonesia.

Kartini

film biografi terbaik
Sumber: liputan6.com

Kartini adalah seorang pahlawan Indonesia yang bergerak membela hak-hak perempuan. Kartini di film ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Film ini menunjukkan perjuangan Kartini dalam membela hak perempuan yang saat itu masih dianggap rendah di lingkungan rakyat Indonesia. Kartini menghadapi tantangan yang sulit saat dia harus melawan kebudayaan yang telah lama ada di Indonesia, pandangan masyarakat tentang perempuan, dan juga menghadapi keluarganya sendiri yang berbeda pendapat dengannya. Merupakan salah satu film biografi terbaik garapan sutradara Hanung Bramantyo yang akan mengundang air matamu keluar tanpa henti.

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Sumber: imdb.com

Film biografi terbaik yang satu ini menampilkan akting keren Reza Rahadian, Christine Hakim, Chelsea Islan hingga Ibnu Jamil. Guru Bangsa Tjokroaminoto menceritakan perjuangan H.O.S Tjokroaminoto. Dia adalah seorang aktivis dari tanah Jawa yang mendirikan Sarekat Islam. H.O.S Tjokroaminoto berjuang melawan ketidakadilan yang terjadi di era penjajahan Belanda. Meski dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas, film Guru Bangsa Tjokroaminoto masih menuai banyak kritik. Film ini dinilai kurang kuat dalam membangun alur cerita dan banyak detail yang tertinggal.

Soegija

film biografi terbaik
Sumber: sesawi.net

Ini adalah film arahan sutradara Garin Nugroho. Film Soegija menampilkan cerita Albertus Soegijapranata, seorang uskup sekaligus pahlawan. Film Soegija juga bercerita tentang meningkatkan rasa kemanusiaan yang lebih luas dan tak hanya fokus soal agama maupun etnis saja. perjuangan ini dilakukan saat rakyat Indonesia berjuang meraih kemerdekaan negara Indonesia. Film biografi terbaik untukmu yang berpikiran terbuka.

Nah, apakah menurutmu film-film di atas sudah menampilkan perjalanan hidup dan pemikiran tokoh-tokoh populer tersebut dengan baik? Lalu siapakah tokoh besar dan inspiratif yang paling kamu kagumi? Film-film di atas menunjukkan bahwa kerja keras, semangat pantang menyerah, dan pola pikir yang matang harus terus menerus dipegang teguh untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Baca juga:  Drama Jepang ini Bikin Nagih: 9 Kisah Aksi Hingga Misteri

What do you think?

Written by mega putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

10 Film Action 2015 Terbaik Penuh Adegan Perkelahian yang Seru!

Tebak Judul Film Korea Ini dari 3 Aktor yang Ada!