in

8 Film Bencana Alam yang Menegangkan ini Keren dan Sarat Akan Makna

Sering kita mengabaikan keseimbangan alam hingga ia marah dan terjadilah bencana. Film bencana alam ini akan mencegahmu untuk mengabaikannya begitu saja.

Sumber: The Critical Critics

Pastinya kalian sangat akrab dengan istilah ‘bencana alam’, bukan? Tidak hanya karena Indonesia terletak di area ‘cincin api’ sehingga kerap kali terjadi gempa bumi, tetapi juga karena awal tahun ini kita disambut oleh banjir di daerah ibukota. Bencana alam itu sendiri ada beragam jenis dan penyebabnya. Nah, yuk sama-sama kita belajar tentang satu hal memprihatinkan itu lewat film-film berikut ini.

Film Bencana Alam yang Mengangkat Kisah Tsunami Aceh: Hafalan Shalat Delisa (2011)

film bencana alam
Sumber: Amir At The Movie

Genre: Drama

Terinspirasi dari bencana tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 lalu, film ini menceritakan tentang Delisa (Chantiq Schagerl), anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Abi Usman (Reza Rahardian) dan Umi (Nirina Zubir). Dengan iming-iming kalung berinisial ‘D’, Delisa melakukan ujian praktek bacaan salat. Namun tiba-tiba saja tsunami datang menggulung Lhok Nga, desa kecil di tepi pantai Aceh. Akibatnya, Delisa kehilangan kakinya dan ketiga kakaknya, sementara keberadaan ibunya tidak diketahui. Bersama ayahnya, si kecil Delisa berusaha menghadapi bencana ini. Sebuah film yang sarat akan pembelajaran, serta bahwa ibadah baiknya diniatkan untuk Tuhan semata.

Film Bencana Alam Dimana Bumi Akan Berakhir Karena Hantaman Asteroid:  Seeking a Friend for the End of the World (2012)

Sumber: Lightbox

Genre: Drama, Sci-Fi

Kira-kira bagaimana kehidupan akan berakhir, ya? Ada berbagai macam imajinasi mengenai topik ini yang kemudian divisualisasikan dalam beragam film tentang kiamat, salah satunya adalah film satu ini. Mengusung ide bumi akan hancur karena hantaman asteroid bernama Matilda, manusia bumi hanya punya waktu kurang dari satu bulan untuk hidup. Dodge Petersen (Steve Carell) yang kehilangan istrinya, memutuskan untuk mencari cinta masa SMA-nya ditemani tetangga flatnya, Penny (Keira Knightley), yang juga baru putus dari pacarnya. Seiring jarak asteroid yang semakin dekat, hubungan keduanya justru semakin dekat. Saksikan sendiri akhir kisah mereka, ya!

Film Bencana Alam yang Dibintangi Bae Suzy: Ashfall (2019)

film bencana alam
Sumber: Yahoo Lifestyle Singapore

Genre: Drama, Action

Bila kalian menyukai film action-thriller yang dibumbui oleh taburan politik yang tidak berlebihan, maka film bencana alam Korea satu ini harus masuk ke dalam daftar tontonan kalian. Bencana yang dibawa dalam film ini adalah meletusnya Gunung Baekdu di Korea, mengakibatkan jalanan dan gedung-gedung pencakar langit retak dan bahkan hancur. Belum lagi peringatan akan adanya letusan susulan yang lebih dahsyat. Warga jelas panik dan kemudian mendesak pemerintah untuk mengevakuasi mereka, membuat pemerintah memeras otak mencari cara untuk mengatasi hal ini. Selain melibatkan Korea Selatan, Korea Utara, dan bahkan Amerika, film ini juga menggaet aktor-aktor menjanjikan seperti Ha Jung-Woo hingga Bae Suzy.

Film Bencana Alam Gempa Bumi Korea: Pandora (2016)

Sumber: Hancinema.net

Genre: Drama, Disaster

Bencana gempa bumi juga mampu mengakibatkan bahaya besar, seperti memicu kebocoran reaktor nuklir terbesar di Kota Busan, Korea Selatan, yang kemudian dapat memicu ledakan nuklir mematikan. Jang-Hyeok (Kim NamGil) merupakan salah satu buruh di reaktor tersebut yang kemudian terjun untuk menolong para korban yang terjebak di sana. Film ini menyoroti sisi kemanusiaan dan kekeluargaan, serta sedikit menyinggung isu politik tentang bagaimana pemerintah menghadapi bencana kali ini. Khas film Korea, penonton akan dibuat tersentuh dengan adegan-adegan romansa dan mengharukan dalam film ini.

The Wave (2015)

film bencana alam
Sumber: The Critical Critics

Genre: Drama, Mystery

Pada tahun 1905, sebuah kota di Norwegia pernah tersapu gelombang pasang dari sebuah danau—yang disebabkan karena ada reruntuhan gunung yang jatuh ke dalam danau, menyebabkan air danau meluap dan menjadi gelombang pasang. Peristiwa itulah yang menjadi cerita dalam The Wave. Mengambil fokus pada seorang geologis, Kristian (Kristoffer Joner), berseta keluarganya, film ini digarap dengan apik dan rasional. Gelombang pasang juga divisualisasikan dengan tidak berlebihan di dalam film—dalam artian tidak seperti tsunami, melainkan seperti meluapnya air ke tepian. Nikmati sendiri sensasi film yang dibuat berdasarkan bencana nyata ini, apalagi adegan-adegan yang ikut membuatmu menahan napas!

Kisah Terjebaknya Pekerja Tambang di Dalam Gua: The 33 (2015)

Sumber: Detroit News

Genre: Drama, History

Satu lagi film yang berasal dari kisah nyata. Pada Agustus 2010, di tambang emas San Jose Kolaps Chile, tiba-tiba ada batu berukuran dua kali lipat Empire State Building yang jatuh dan menutup jalan keluar tambang, menjebak 33 pekerja tambang di dalamnya selama 69 hari. Film ini menampilkan tragedy bencana ini tidak dengan drama berlebihan. Secara rasional, Mario Sepulda (Antonio Banderas) memimpin para rekannya agar tidak rusuh dan tidak hilang harapan meski hanya memiliki makanan untuk tiga hari saja. Ah, bagi yang memiliki klaustropobia, disarankan untuk berhati-hati saat menontonnya, ya.

The Tunnel (2016)

film bencana alam
Sumber: Synopsis-film.blogspot

Genre: Drama, Thriller

Berasal dari negeri gingseng, film ini membawakan kisah bencana runtuhnya sebuah terowongan di sisi gunung. Adalah Lee Jung-Soo (Ha Jung-Woo), seorang ayah yang sedang dalam perjalanan ke ulang tahun putrinya, menjadi salah satu korban yang tertimbun longsoran terowongan. Berbekal dua botol kecil air mineral, ponsel, dan kue ulang tahun putrinya, ia berusaha bertahan berhari-hari hingga pertolongan datang. Selain fokus pada elemen “survival”, film ini juga membawakan drama emosional dan menyentil isu-isu kemanusiaan yang dikemas secara apik dan menghanyutkan.

The Impossible (2012) Adalah Film Kedua Tom Holland Sebagai Aktor Anak

Sumber: shintocine.blogspot

Genre: History, Thriller

Tsunami besar tahun 2004 lalu memang sangat membekas bagi kita semua, yang selain karena kengeriannya, juga karena ia telah menelan banyak korban. Meski begitu, rupanya masih ada keajaiban dari bencana tersebut. Diangkat dari kisah nyata, sebuah keluarga yang tengah berlibur di sebuah resor di Thailand selamat dari tsunami yang menerjang mereka. Henry (Ewan McGregor), Maria (Naomi Watts), dan ketiga anak mereka terpisah akibat ombak dahsyat yang menerjang mereka secara tiba-tiba. Kelimanya—dengan kondisi penuh luka—mencoba menemukan satu sama lain setelahnya. Efek tsunami dalam film ini ditampilkan dengan sangat nyata dan mengerikan, menyeret penonton untuk ikut merasakan tragedi belasan tahun yang lalu itu. Tertarik untuk menontonnya?

Oh, ya. Tom Holland juga ikut berperan dalam film ini lho.

Itulah rangkuman 8 film bencana alam dari FYINE untuk kalian. Tentunya pihak manusia menderita beragam kerugian karenanya. Itulah mengapa kita harus tetap waspada dan mendengar alam ‘bicara’. Jangan hanya kerap kali menyalahkan alam atau bersembunyi di balik kata “azab Tuhan” karena bencana yang ada. Tanyalah pada kalian sendiri, apa yang sebenarnya membuat alam marah, dan belajar dari kesalahan itu, oke?

Baca juga:  Film Kolosal Terbaik, 20 Rekomendasi yang Wajib Ditonton

What do you think?

Written by Dian Ayu Aristina

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Fiktif! Mana yang lebih keren Sunda Empire Atau film-film ini?

8 Film Thailand Romantis Ini dijamin Bikin Perasaanmu Jungkir Balik!