in

Daftar Film Barry Prima Terlengkap dari Paling Jadul hingga yang Terbaru

film barry prima
production

Hubertus Barry Knoch Prima atau yang lebih dikenal Barry Prima adalah aktor legend yang populer pada akhir 70-an hingga 80-an. Aktor yang kini sudah berusia 64 tahun ini sudah membintangi lebih dari puluhan film yang membuat namanya pun masih cukup dikenal hingga sekarang. Apa saja sih film Barry Prima terbaik yang pernah ia bintangi? Langsung aja yuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Preman (1985)

blogspot

Film Barry Prima Preman Terminal disutradarai oleh Imam Tantowi dan Ayu Azhari didapuk sebagai lawan mainnya. 

Cerita berawal dari Sambojo (Barry Prima) seorang pemuda yang ahli bela diri, ia memergoki Ceking (Teddy Mala) Cs sedang berusaha melakukan tindak asusila terhadap dua orang gadis, Dyah Setiowati (Ayu Azhari) dan Marlina (Mayang Rianty). 

Naas, Sam yang berniat menolong kedua gadis ini justru tertusuk pisau dan malah dituduh sebagai pelaku kejahatan, hingga ia masuk penjara. 

Namun akhirnya Sam bisa dibebaskan karena pernyataan Dyah yang menjelaskan kejadian sebenarnya pada polisi. akhirnya Sam dibebaskan. Hubungan keduanya semakin dekat tetapi terhalang oleh paman Dyah yang tidak begitu menyukai Sam.

Kelabang Seribu (1987)

amazon

Dibintanggi sederet aktor legend Tanah Air,  film Barry Prima Kelabang Seribu menceritakan tentang kisah intrik zaman dulu yang dibumbui dengan aksi laga serta horor.

Singa Lawe (Barry Prima) yang ingin kembali ke desanya tidak mendapat izin dari penguasa daerah tersebut, yaitu Boma (Sutrisno Wijaya) dan anaknya, Banaspati (Advent Bangun). 

Sebaliknya, Akuwu (setara camat sekarang)) Ariamanik (Doddy Sukma) mau menerima Singo Lawe. Dirasa telah melawan aturan dari penguasa, Banaspati memberikan pelajaran dengan sebuah tindakan bejat kepada Wulan Sari (Nurul Arifin), istri Ariamanik.

Singa Lawe pun menyelamatkan Wulan yang juga adalah mantan kekasihnya dulu dari usaha keji Banaspati. Sementara itu. kekalahan Banaspati justru semakin membuatnya ingin balas dendam hingga meminta ilmu sakti dari Nenek Gondrong Manis (Wenny Rosaline). 

Menumpas Teroris (1986)

Film Barry Prima Menumpas Teroris ini mengangkat genre aksi laga yang digarap oleh Imam Tantowi.

Mengisahkan tentang rencana jahat Santoso (Yoseano Waas) dan Ghozal (El Manik) yang berniat menghancurkan pabriknya sendiri dengan bom untuk mendapat santunan asuransi.

Namun aksi tersebut gagal, karena munculnya seorang mahasiswa yang sedang mencoba alat detektornya. 

Saat itu terjadi baku tembak Ghozal antara dan penjaga keamanan setempat. Ia akhirnya berhasil lolos dan kemudian menyandera sebuah rumah sakit. Ghozal pun dikepung oleh pasukan polisi.

Jaka Sembung Sang Penakluk (1981)

film barry prima
blogunik

Film yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra ini telah melejitkan nama Barry Prima hingga mendapat panggilan seperti karakter yang ia perankan saat itu.

Barry Prima memerankan tokoh Jaka Sembung yang dikenal sebagai jawara sakti Kandanghaur. Ia terus melakukan pemberontakan atas ketidakadilan dari pemerintah Hindia Belanda saat itu yang mengharuskan para warga pribumi untuk kerja paksa. 

Perlawanan Jaka kalah telak ketika berhadapan dengan Si Hitam yang menguasai ilmu hitam. Jaka yang ditangkap dan disiksa hingga kedua matanya hilang akhirnya berhasil lolos berkat bantuan kekasihnya, Surti (Eva Arnaz). 

Surti yang tulus mencintai Jaka rela mendonorkan matanya untuk sang kekasih hingga membahayakan nyawanya sendiri. Dia pun meninggal dan Jaka sendiri bersumpah akan membalas dendam kepada Komandan Hindia Belanda dan Si Hitam.

Nyi Ageng Ratu Pemikat (1983)

blogunik

Film yang satu ini merupakan paling populer yang dibintangi Barry Prima dan Suzanna. Barry berperan sebagai Broto, seorang pria sopan dan pengabdi setia orang tua Nyi Ageng (Suzanna). 

Nyi Ageng (Suzanna) yang telah tumbuh dewasa semakin merasakan ketidakadilan yang dihadapi oleh kaum wanita. Mereka sering menjadi korban keegoisan lelaki, bahkan ibunya sendiri sudah menjadi korban sang ayah yang memiliki banyak istri.

Saat Nyi Ageng dijodohkan oleh orangtuanya, calon suami secara misterius meninggal tiba-tiba. Sementara itu, orang kepercayaan ayahnya bernama Sastro (Soendjoto Adibroto) diam-diam juga menyukai Nyi Ageng. Pasalnya Sastro sudah mempunyai seorang istri.

Begitu pula dengan para mandor di perkebunan ayahnya yang hendak melakukan aksi keji kepada Nyi Ageng. Hanya Broto satu-satunya lelaki yang menghormati dan menolong Nyi Ageng hingga membuat dirinya menaruh simpati pada pria tersebut. 

Ratu Sakti Calon Arang (1985)

blogunik

Masih dibintangi Suzanna, film ini diangkat dari cerita rakyat Bali di mana Barry berperan sebagai Empu Bahula. Sementara itu, Suzanna memainkan karakter ganda, yakni Calon Arang dan juga sebagai Ratna Manggali. 

Calon Arang adalah seorang janda sakti yang ingin merebut tahta Kerajaan Daha. Ambisi itu pun membuat masyarakat semakin resah. Untuk mengatasi kebengisan Calon Arang, Raja Daha meminta Empu Bahula untuk menikahi Ratna Manggali putri dari Calon Arang. Hal ini karena Raja Daha ingin Empu Bahula bisa menemukan kelemahan dari ibu mertuanya.

via: fyine.com

Baca juga:  10 Sinetron Indonesia Terbaik Ini Beri Banyak Pelajaran Hidup

What do you think?

Written by Kamong

Penulis ulung

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Kabar 7 Pemain Harry Potter Setelah Serinya Usai, Ada yang Jadi Ayah!

Ini Spesifikasi Dota 2, Tapi Lihat Dulu Rekomendasi Laptop Kami!