in

Dari Bubur Pedas Hingga Mie Sagu, Berikut 10 Kuliner Khas yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung ke Kalimantan Barat

Indonesia memiliki cita rasa makanan yang berbeda di tiap daerahnya. Berikut adalah makanan khas Kalimantan Barat yang unik dan lezat.

Kalimantan Barat merupakan provinsi yang beribu kotakan Pontianak. Jika anda sedang mengunjungi Kalimantan Barat, tak ada salahnya untuk berwisata kuliner dengan mencicipi beragam makanan khas provinsi ini. Penasaran? Langsung saja kita simak 10 makanan khas Kalimantan Barat yang bisa menggoyang lidah anda.

Bubur Pedas

Sumber: goodnewsfromindonesia

Adalah makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas. Bubur ini berisi berbagai macam sayuran mulai dari pakis, kangkung, ubi, wortel, daun kesum, dan rempah-rempah dengan tambahan kacang dan ikan goreng.

Mie Sagu

Sumber: andihara

Makanan ini merupakan makanan khas Pontianak. Mie sagu disajikan dengan kuah kaldu dan terdapat pula sayuran seperti kecambah dan daun kucai, serta potongan daging sebagai pelengkap. Bahkan warga Kalimantan Barat gemar memakan mie sagu untuk sarapan, tak jarang juga disajikan sebagai makanan pendamping.

Kerupuk Basah

Sumber: backpackerjakarta

Makanan khas daerah Hulu ini menyajikan kerupuk dengan cara unik yaitu dikukus dan disajikan bersama dengan saus kacang. Terbuat dari olahan ikan belida yang membuat rasa dan aroma kerupuk ini sangat sedap.

Ale Ale Kerang

Sumber: polahku

Kali ini beralih ke olahan kerang, makanan yang satu ini menggunakan kerang yang hanya ada di Kota Ketapang. Terdapat berbagai macam olahan ale-ale mulai dari sambal, serundeng, hingga ale-ale saus asam manis.

Asam Pedas Tempoyak

Sumber: backpackerjakarta

Masih dari makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari Ketapang, makanan yang satu ini tergolong unik karena tempoyak atau fermentasi daging buah durian, diolah dengan ikan patin dan dibumbui asam pedas. Tempoyak merupakan tambahan bumbu yang memberikan rasa dan aroma khas pada makanan ini.

Mie Kepiting

makanan khas kalimantan barat
Sumber: aningasalnulis

Makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari Pontianak ini sangat digemari oleh semua kalangan. Hampir sama dengan mie ayam, namun mie kepiting memiliki topping yang “mewah” dan beragam mulai dari daging kepiting, udang, bakso ikan, daging, tauge dan juga pangsit goreng sebagai pelengkap.

Chai Kwe

makanan khas kalimantan barat
Sumber: idntimes

Pontianak memiliki beragam makanan khas Kalimatan Barat yang berasal dari Tionghoa salah satunya chai kwe. Biasa dikenal dengan choipan, makanan ini berisi sayuran seperti kucai, bengkoang, talas, dan ebi yang dibentuk seperti kue.

Kwe Tiaw

makanan khas kalimantan barat
Sumber: idntimes

Makanan yang menjadi favorit masyarakat Kalimantan Barat khususnya Pontianak dan biasa diolah dengan digoreng atau direbus. Kwe tiaw khas Pontianak memiliki rasa yang khas dan berbeda dari kwe tiaw pada umumnya, anda harus mencicipi dan buktikan sendiri.

Lek Tau Suan

makanan khas kalimantan barat
Sumber: enaknyakemana

Adalah tepung tapioka yang dicampur dengan gula dan pandan, disajikan dengan kuah dan cocok dihidangkan saat musim hujan.

Pengkang

makanan khas kalimantan barat
Sumber: resepmasakannusantaraoriginal

Makanan ini tampak seperti lemper namun perbedaannya, pengkang disajikan dengan dijepit pada sebilah bambu dan dibakar. Makanan ini merupakan makanan tradisional sekaligus ikon dari Pontianak, dan aroma khas dari daun pisang yang dibakar dijamin akan membuat perut anda lapar.

Berikut Tips Berwisata Kuliner yang Patut Anda Perhatikan!

Anda bisa membuka Instagram atau browsing tempat makan mana yang terkenal enak dan juga paling banyak dikunjungi. Namun jangan lupa untuk mengecek daftar menu dan melihat berapa harga yang dipatok pada tempat makan pilihan anda, agar tidak terjadi pemborosan.

Itulah berbagai makanan khas Kalimantan Barat yang wajib anda cicipi, selamat berwisata kuliner!

 

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Panik, Ini Cara Menurunkan Panas Anak

Cobalah Resep Terang Bulan Mini Kekinian yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis yang Menggiurkan