in ,

8 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kamu yang Berkurang

Kehilangan motivasi belajar karena terus dilakukan secara online?

Sumber: SBSPopAsia

Cara meningkatkan motivasi belajar kamu yang berkurang setelah belajar di rumah berbulan-bulan!

Mengumpulkan motivasi untuk semangat belajar adalah salah satu perjuangan yang dilakukan oleh para siswa sekolah. Hal ini merupakan suatu perjuangan yang sangat berat mengingat banyaknya “godaan” yang mereka dapat dalam kehidupan modern ini. Apalagi saat ini, sedang terjadi pandemi COVID-19 yang menyebabkan pembelajaran dilakukan secara online. Distraksi semakin berat dan motivasi belajar semakin berkurang.

Maka dari itu, Fyine akan berikan 8 cara efektif meningkatkan motivasi belajar kamu. Check this out!

  1. Tetapkan tujuan

Tetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek kamu dalam belajar. Contoh dari tujuan jangka pendek misal kamu rajin belajar dan mendapatkan nilai bagus saat ujian, kamu akan memberi hadiah pada diri sendiri berupa jajan boba milk tea. Lalu, tujuan jangka panjang bisa berupa agar kamu bisa masuk universitas impian.

cara meningkatkan motivasi belajar
Sumber: cw1

Menulis berbagai tujuan tersebut dan menempelnya di beberapa tempat yang setiap hari kamu lihat adalah cara yang bagus untuk kamu terus mengingat tujuan belajarmu. Tulis tujuan dengan rapi dan dihias secara menarik agar terus membuat kamu bersemangat tiap harinya.

  1. Ciptakan ruang belajar yang nyaman

Sebuah ruangan yang kotor dan berantakan pasti akan membuat kamu tak akan mempunyai motivasi belajar sama sekali. Jika kamu belajar di kamar, pastikan kamar kamu bersih, rapi dan nyaman.

cara meningkatkan motivasi belajar

Sumber: pinterest

Tata buku-buku kamu serapi mungkin, sapu dan pel lantai setiap hari, rapikan tempat tidur dan ciptakan suasana yang nyaman dengan memberi pewangi ruangan atau lilin aromaterapi. Dijamin kamu akan bisa belajar dengan tenang dan materi pelajaran akan masuk ke otak.

  1. Buatlah jadwal belajar

Buatlah jadwal belajar (seperti waktu dalam seminggu atau per hari). Ini adalah cara yang paling efektif agar kamu terhindar dari rasa ingin menunda-nunda waktu belajar.

Sumber: youtube

Dengan cara ini, kamu bisa memastikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas dan belajar untuk ujian. Selain itu, hal ini bisa membuat kamu menjadikan belajar menjadi hal normal sebagai rutinitas harian.

  1. Lakukan saja!

Bagian tersulit dari semua hal tentang belajar adalah memulai. Tidak masalah betapa kamu membenci matematika atau Bahasa Inggris, ketika kamu mulai untuk belajar, hal itu tak terlalu buruk. Luangkan waktu kira-kira 15-20 menit untuk belajar tanpa istirahat.

motivasi belajar
Sumber: freepik

Lihat bagaimana perasaan kamu ketika waktunya selesai. Seperti ada perasaan bahagia pastinya karena kamu melakukan suatu hal yang sebelumnya kamu berpikir “impossible”. Hal ini nantinya membuat kamu bisa berkomitmen untuk belajar 15-20 menit lagi. Itu adalah bukti motivasi belajar juga ikut meningkat.

  1. Dengarkan lagu favorit kamu saat belajar

Sumber: careeraddict

Ketika melakukan sesuatu sambil mendengarkan lagu favorit, biasanya hal tersebut akan memotivasi kita. Sama saja ketika belajar, buat playlist musik yang berisi lagu favorit kamu, lalu dengarkan ketika kamu mulai belajar. Sesi belajar bisa dipastikan akan lebih menyenangkan karena motivasi belajar juga meningkat.

  1. Beri motivasi belajar pada diri sendiri

Bagaimana cara memberikan motivasi belajar pada diri sendiri. Hal ini mungkin akan terdengar konyol, tapi setelah dicoba mungkin akan berhasil. Coba lihat ke cermin dan berbicara pada diri sendiri sesuatu yang akan membantu kamu termotivasi untuk belajar atau menyelesaikan tugas.

cara meningkatkan motivasi belajar
Sumber: allbusiness

Bicaralah soal tujuan jangka pendek dan jangka panjang kamu melalui belajar. Setelah itu bicaralah mengenai keahlian yang kamu banggakan. Hal itu bisa membantu kamu mendorong rasa percaya diri dan akhirnya bisa memotivasi belajar kamu.

  1. Beri hadiah pada diri sendiri

Seperti di cara nomer satu dimana tujuan jangka pendek belajar bisa jadi adalah memberi hadiah pada diri sendiri, jika akhirnya pencapaian belajar hasilnya positif, kamu bisa melakukannya. Kamu bisa jajan makanan mahal atau membeli sepatu baru untuk itu.

motivasi belajar
Sumber: aolcdn

Jika suasana hati menjadi bahagia, dijamin setelahnya kamu juga akan termotivasi untuk terus belajar agar nantinya tujuan jangka panjang juga ikut tercapai!

  1. Tuliskan perasaan kamu setelahnya

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi apakah kamu tahu betapa hebatnya perasaan kamu nantikan ketika mencapai tujuan besar atau akhirnya menyelesaikan tugas besar itu?

Sumber: medium

Menuliskan perasaan bahagia itu dapat menjadi motivasi belajar yang besar saat kamu mengalami masalah saat memulai belajar lagi. Tulis dalam buku catatan kamu dan bawa mena saja kamu pergi. Dengan begitu, setiap kali kamu membutuhkan sedikit dorongan ekstra untuk belajar, tulisan ini akan banyak membantu!

(Sumber: collegeraptor via fyine.com)

Baca juga:  Cara Mudah Memasak Onigiri Tuna Mayo, Nasi Kepal Jepang yang Populer

What do you think?

Written by kiki

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

film christian bale

6 Film Christian Bale si Pemeran Batman yang Paling Seru hingga Menegangkan

Rekomendasi Anime Terbaik Netflix yang Wajib Ditonton