in

Sering Insomnia? Lakukan 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Ini

Susah tidur menjadi masalah banyak orang, penyebabnya macam-macam. Tapi tenang, karena ada cara mengatasi susah tidur.

cara mengatasi susah tidur

Susah tidur memang menjadi masalah banyak orang. Padahal sudah mencoba berbagai cara mengatasi susah tidur hingga berbaring lebih dari satu jam di tempat tidur tetapi rasa kantuk pun tidak terasa. Salah satu penyebab susah tidur yang paling sering adalah Anda sedang terbebani banyak pikiran. Hal ini merupakan salah satu penyakit orang modern yang selalu dibebani oleh banyaknya persoalan. Persoalan itu bisa dari rumah juga bisa persoalan di dunia kerja.

Walaupun saat ini anda sedang dihadapkan dengan banyak persoalan, sehingga membuat anda susah untuk tidur. Kini Anda tidak perlu khawatir karena akan dijelaskan beberapa cara mengatasi susah tidur, berikut caranya:

Membuat to-do list

Cara Mengatasi Susah Tidur
Sumber: procrastination

Cara mengatasi susah tidur yang satu ini dengan mengatasi rasa khawatir Anda yang bisa membuat lebih terasa terjaga. Selain itu cemas terhadap hal yang negatif, hal yang sedang anda rencanakan atau sesuatu yang besar harus anda ingat. Nah, untuk melegakan pikiran anda maka silahkan ambil buku catatan dan menulis apa saja yang harus anda kerjakan dan perlu anda ingat. Penelitian terbaru menyebutkan kalau membuat daftar pekerjaan maka anda bisa tertidur lebih cepat sembilan menit. Semakin mudah dan jelas apa yang anda tulis maka pikiran anda akan lebih tenang dan bisa tidur lelap.

Jangan menuju tempat tidur ketika belum mengantuk

Cara Mengatasi Susah Tidur

Sumber: bcchiro

Ketika anda belum merasa ngantuk dan tetap berada di tempat tidur dengan tujuan mencoba tidur maka hal ini adalah salah satu ide buruk ketika insomnia melanda diri anda. kondisi ini justru akan membuat otak anda terlatih untuk mengingat tempat tidur dengan insomnia dan berbagai kecemasan lain. Ketika selama 30 menit anda belum bisa tidur maka silahkan beranjak dari tempat tidur dan melakukan hal lain yang bermanfaat.

Membaca buku

Cara Mengatasi Susah Tidur
Sumber: Twitter @panmacmillan

Kita ketahui bersama kalau anda memang tidak bisa menyuruh otak untuk istirahat namun anda bisa mengalihkan dengan fokus pada hal yang netral seperti membaca buku. Agar otak anda bisa tenang maka jangan membaca buku yang bisa membuat anda asik atau buku digital hal ini membuat otak anda lebih segar. Silahkan batasi waktu membaca anda sekitar 30 menit.

Fokus pada pernafasan

Cara Mengatasi Susah Tidur
Sumber: neurocorecenters

Ada hal lain yang bisa membuat pikiran anda bisa lebih tenang yaitu dengan melatih pernafasan. Melakukan pernafasan dalam dan lebih pelan bisa membantu memperlambat kerja detak jantung. Kondisi ini sangat membantu anda ketika merasa cemas pada hal yang spesifik.

Mendengarkan suara yang menenangkan

Cara Mengatasi Susah Tidur
Sumber: Website Psychologies

Ada beberapa orang yang sebelumnya tinggal di daerah pantai kemudian pindah di kota besar. Ternyata mereka suka rindu dengan suara debur ombak yang menenangkan sehingga membuat mereka lebih mudah untuk tidur. Solusinya anda bisa mengunduh aplikasi suara yang bisa membuat suasana tidur anda lebih kondusif.

Demikianlah beberapa hal mudah yang bisa membantu mengatasi ketika anda susah tidur. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda lebih luas tentang cara mengatasi susah tidur.

Baca juga:  100 Ide Nama Bayi Perempuan Modern untuk Orangtua Millenials

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

artis yang pindah agama

7 Artis yang Pindah Agama dan Mengganti Namanya

Ini Negara atau Bangunan? Berikut 5 Negara Terkecil di Dunia