in

Penting Untuk Fresh Graduate, Berikut Adalah Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Terkadang susah dapat pekerjaan bukan hanya melulu masalah pengalaman, tetapi cara membuat surat lamaran kerja yang tepat juga dapat membantu Anda.

Ketika mencari pekerjaan hal utama yang perlu dilakukan yaitu membuat surat lamaran kerja. Bagian inilah yang menjadi poin paling penting sebagai penentu apakah Anda akan diterima di tempat kerja yang Anda lamar atau tidak. Cara membuat surat lamaran kerja diri Anda harus memposisikan diri dengan tepat tanpa mengada-ngada, hal ini akan menjadi nilai tambah pihak perusahaan untuk menerima lamaran pekerjaannya.

Cara membuat surat lamaran kerja
Sumber: Giphy

Lamaran kerja yang baik maka berpeluang untuk diterimanya diri Anda pada perusahaan yang sedang Anda lamar. Mengingat bahwa banyaknya tingkat persaingan yang ada di dunia kerja mengharuskan diri Anda untuk berpikir logis dan cerdas ketika ingin memasuki dunia kerja. Terlebih lagi bagi Anda fresh graduate atau lulusan baru maka memperhatikan tata cara dan langkah dalam pembuatan surat lamaran kerja penting dilakukan.

Contoh surat lamaran kerja yang benar

})(jQuery);

Berikut ini cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

Tempat dan waktu penulisan surat

Pada bagian ini Anda harus menuliskan tempat dan waktu saat surat lamaran Anda buat. Untuk tempat yang Anda lamar Anda bisa mengisinya dengan nama pimpinan beserta jabatannya dan dilengkapi dengan alamat perusahaan dengan lengkap.

Pembukaan atau kata pengantar

Untuk membuat pembukaan atau kata pengantar pada surat lamaran kerja Anda diwajibkan untuk mencantumkan dari mana informasi yang Anda dapatkan mengenai lowongan kerja pada perusahaan tersebut. Misalnya dari internet, surat kabar, dan atau yang lainnya selain itu Anda juga dapat memposisikan jabatan pekerjaan sesuai yang Anda pilih.

Biodata pribadi

Pada biodata pribadi Anda cukup menuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal dengan lengkap, nomor telepon, pendidikan terakhir dan alamat email.

Kemampuan

Kemampuan yang Anda miliki sangat penting Anda jelaskan melalui surat lamaran kerja untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menerima Anda. Namun jika Anda fresh graduate dan belum pernah bekerja maka Anda tidak perlu menulis pengalaman kerja. Anda bisa menuliskan kemampuan yang sekiranya dibutuhkan pada perusahaan tersebut.

Bagian penutup

Bagian penutup ini Anda dapat menuliskan bahwa Anda memiliki keinginan yang besar supaya dapat diterima pada perusahaan tersebut. Selain itu Anda juga jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih di akhir kata

Lampiran

Supaya pihak perusahaan semakin yakin pada surat lamaran yang Anda buat maka Anda bisa melampirkan beberapa file agar bisa menambah nilai Anda misalnya seperti lampiran fotokopi KK, pas foto terbaru, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, transkip nilai, fotokopi sertifikat kompetensi dan yang lainnya.

Tanda tangan dan nama terang

Ini memang sepele tapi terkadang pihak HR perusahaan dapat membaca pribadi pelamar dari tanda tangannya. Maka dalam surat lamaran kerja tidak ada salahnya Anda membubuhkan tanda tangan dan nama terang Anda.

Dalam membuat surat lamaran kerja memang dapat dikatakan susah-susah gampang karena hal ini sangat berhubungan langsung dengan pihak perusahaan yang sedang Anda lamar. Selain itu melalui surat lamaran kerja inilah yang akan menentukan nasib Anda di kemudian hari. Sebab itu membuat surat lamaran kerja harus dengan cara yang benar dan sesuai aturan.

Baca juga:  Hemat Budget Mainan Anak, Berikut Cara Mudah Membuat Pasir Ajaib

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Tenangkan Jiwa Dengan Meditasi, Berikut Cara Meditasi yang Benar

Arti Mimpi Digigit Ular, Pertanda Buruk Bagi Anda?