in

Hemat Budget Mainan Anak, Berikut Cara Mudah Membuat Pasir Ajaib

Membuat senang anak Anda tidak perlu mahal, hemat budget Anda dan siapkan bahan-bahannya! Karena ini cara membuat pasir ajaib yang murah

Dunia anak-anak memang masih identik dengan berbagai jenis mainan yang bisa merangsang tumbuh kembang mereka. Dari sekian banyak jenis mainan yang sering dimainkan oleh anak-anak, pasir ajaib atau kinetic sand merupakan salah satu yang banyak diminati. Sebab mainan ini adalah mainan 3 dimensi yang dapat mengasah kreativitas, membantu perkembangan motorik halus, sensorial dan berbahasa pada anak-anak.

Sumber: Giphy

Sesuai dengan namanya, pasir ajaib memiliki tekstur yang unik menyerupai pasir basah namun sebetulnya kering serta tidak membuat tangan menjadi kotor. Hal inilah yang membuat orang tua menyukai pasir ajaib karena anak-anak bisa bermain di rumah sepuasnya tanpa takut kotor. Bagi anda yang ingin memberikan mainan pasir ajaib untuk buah hati tetapi terkendalah budget sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab kini anda bisa membuat sendiri pasir ajaib di rumah yang tak kalah bagus dengan yang dijual di toko mainan.

Berikut ini akan dijelaskan cara mudah membuat pasir ajaib di rumah yang bisa anda terapkan.

Bahan 

  • 1 cup pasir bersih
  • 1 ½ sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh sabun cuci piring
  • Pewarna makanan yang sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Campurkan pasir dan tepung maizena kemudian aduk sampai benar-benar rata.
  2. Tambahkanlah sabun cuci piring serta air secukupnya pada adonan pasir lalu aduk sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Tambahkan juga pewarna makanan kemudian aduk kembali sampai benar-benar tercampur rata dan mempeoleh warna yang diinginkan.
  4. Biarkanlah pasir tersebut kering selama 1 hingga 2 jam.
  5. Pasir ajaib kini bisa dimainkan oleh anak-anak secara aman.

Bagaimana sangat mudah bukan membuat pasir ajaib sendiri di rumah? Tentu setiap orang tua pasti bisa membuat sendiri mainan pasir ajaib dengan bahan yang murah dan mudah ditemukan di sekitar rumah. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pasir ajaib juga dijamin aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan buah hati anda.

cara membuat pasir ajaib

Sumber: Giphy

Jika pasir ajaib yang anda buat sudah jadi, selanjutnya letakkan pasir tersebut pada wadah dan lengkapi dengan berbagai cetakan maupun peralatan sederhana. Dengan begitu anak-anak bisa bermain pasir ajaib untuk membuat berbagai bentuk sesuai cetakan yang anda sediakan. Melalui mainan hemat budget ini, buah hati anda akan semakin terasah motorik halusnya, lebih kreatif membuat berbagai bentuk benda dari pasir, sarana belajar serta meningkatkan kemampuan kognitif.

Biasanya ketika bermain pasir ajaib tersebut, anak-anak akan berbicara dengan teman-teman sebayanya. Bisa juga anda mendampingi buah hati ketika bermain pasir ajaib sehingga akan tercipta interaksi yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat pasir ajaib di rumah yang hemat budget sebagai mainan edukatif untuk buah hati anda. Dengan menerapkan cara-cara di atas, kini anda bisa menghemat budget untuk membeli mainan anak-anak tanpa mengurangi manfaat dari mainan tersebut. Pasir ajaib sangat disukai anak-anak karena mereka bisa bebas berkreasi membuat aneka bentuk benda yang mereka inginkan.

Baca juga:  Tidak Kalah dengan Universitas Negeri, Berikut Adalah daftar Universitas Swasta Terbaik yang Bergengsi di Indonesia

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Punya Banyak Pulau, Ini 5 Peringkat Pulau Terbesar di Indonesia

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Awet dan Tak Mudah Basi