in ,

Resep Mpasi untuk Bayi 9 Bulan, 15 Ide yang Kaya Nutrisi

Punya momongan dan takut si buah hati bosen makan itu-itu aja. Berikut adalah ide resep mpasi 9 bulan yang bunda bisa coba di rumah.

resep mpasi 9 bulan

Memasuki usia 6 – 9 bulan, bayi biasanya sudah mulai dikenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Supaya bayi makin lahap dan tidak bosan dengan pilihan menu yang ada, anda dapat berkreasi dengan mengganti menu setiap hari. Jika merasa kebingungan, berikut ini adalah 15 resep MPASI untuk bayi 9 bulan yang bisa anda coba buat di rumah.

Bubur Hati Ayam Adalah Resep Mpasi Untuk Bayi 9 Bulan Favorit Bunda

Sumber: Mooimom

Bubur Hati Ayam adalah resep mpasi untuk bayi 9 bulan yang sangat populer di kalangan orangtua. Tak membutuhkan bahan yang sulit dijangkau, bubur ini hanya memerlukan bahan-bahan berupa; hati ayam kampung, daging sapi giling, daun salam, bawang putih, buncis, wortel, dan keju. Cara membuatnya adalah; rebus hati ayam kampung dengan daun salam dan bawang putih, lalu saring kasar. Lanjutkan dengan memasak nasi bersama air, bawang putih dan daun salam. Tambahkan daging sapi giling yang telah diparut. Tambahkan juga potongan buncis dan wortel, lalu masak sampai air surut. Sajikan bersama keju dan hati ayam.

Baca juga:  Ini Tahapan Perkembangan Bayi 8 Bulan, Sudah Mulai Mampu Berdiri!

Ayam Ubi Tumbuk

Sumber: Kurio

Untuk membuat menu yang satu ini anda akan membutuhkan; ayam kampung, ubi kukus, telur (opsional), dan mentega (opsional). Cara membuatnya adalah, rebus ayam kampung hingga lunak. Kemudian jika sudah matang, cincang ayam sampai halus atau giling sampai mudah dikunyah. Lalu campurkan bersama dengan ubi yang sudah dikukus.

Bubur Kentang Kaldu Ayam

Sumber: Cookpad

Untuk membuat resep mpasi untuk bayi 9 bulan yang satu ini, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain; kaldu ayam, bawang bombay, seledri, wortel. Cara membuatnya; Masukkan kentang yang sudah dicuci, dikupas, dan dipotong dadu kecil-kecil bersama dengan ikan kakap yang dipotong dadu, dan brokoli yang dicacah halus ke dalam kaldu. Rebus sampai semua bahan menjadi lunak kemudian blender sebelum disajikan ke buah hati anda.

Tim Nasi Jamur

resep mpasi 9 bulan-Tim Nasi Jamur
Sumber: Blog.regopantes

Bahan yang akan anda butuhkan yaitu; beras, daging ayam cincang, tahu cincang, keju parut, jamur yang dipotong kecil, tomat cincang, dan air. Untuk membuatnya, masak beras bersama dengan daging ayam dan tahu, tambahkan potongan jamur dan tomat, tambahkan keju parut lalu aduk terus hingga rata. Sajikan untuk buah hati anda ketika sudah agak dingin.

Hanya dengan Dikukus, Finger Food Sayur dan Tahu menjadi Resep Mpasi untuk Bayi 9 Bulan yang Mudah Diolah

resep mpasi 9 bulan-Finger Food Sayur dan Tahu
Sumber: Mommy Asia

Pilihlah langkah mudah untuk memenuhi nutrisi bayi anda. Slah satunya dengan resep mpasi untuk bayi 9 bulan berikut ini. Pertama, siapkan sepotong tahu, jagung manis, buncis yang telah dipotong-potong, wortel, serta kentang. Lalu pastikan bahwa semua bahan telah dicuci bersih sebelum dimasak. Masukkan semua bahan sayuran ke dalam alat kukusan, kemudian kukus sampai matang. Angkat dan lalu diamkan hingga dingin. Berikan untuk bayi ketika sudah didinginkan.

Nugget Ayam Wortel

resep mpasi 9 bulan-Nugget Ayam Wortel
Sumber: V Radio FM

Anda akan membutuhkan daging ayam giling, wortel, bawang putih, bawang merah, terigu, tepung roti, dan telur ayam. Cara membuatnya, haluskan daging ayam, wortel, bawang putih, dan bawang merah goreng. Tambahkan terigu pada adonan yang sudah halus, kemudian kocok telur dan siapkan tepung roti untuk melapisi nugget. Olesi tangan dengan tepung agar adonan tidak lengket, ambil adonan secukupnya kemudian bentuk. Setelah itu masukkan ke dalam telur dan baluri dengan tepung roti. Lakukan hingga adonan habis kemudian goreng setengah matang.

Bubur Oat Labu Brokoli

resep mpasi 9 bulan-Bubur Oat Labu Brokoli
Sumber: Pop Mama

Untuk membuat resep mpasi untuk bayi 9 bulan ini, anda akan membutuhkan oatmeal, labu kuning, brokoli, butter, dan air. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan memasak semua bahan menjadi satu di dalam air mendidih. Jika sudah dingin, sajikan untuk si kecil.

Omelet Nasi

resep mpasi 9 bulan-Omelet Nasi
Sumber: Kumparan

Anda akan membutuhkan nasi matang, sawi hijau, daging sapi cincang, tahu putih, telur ayam, bawang putih, dan butter. Cincang halus sawi dan tahu, serta bawang putih. Kemudian campur semua bahan menjadi satu. Lalu campur semua bahan menjadi satu dan sajikan untuk sang buah hati.

Nasi Bola Puyuh Adalah Resep Mpasi untuk Bayi 9 Bulan yang Dijamin Anti Gagal

resep mpasi 9 bulan-Nasi Bola Puyuh
Sumber: Sajian Sedap

Resep mpasi bayi 9 bulan yang satu ini terbuat dari nasi matang, wortel, tempe, telur puyuh, mentega, dan bawang putih. Cara membuatnya cukup dengan membentuk bola-bola dari semua bahan yang sudah dicampur menjadi orak-arik.

Bubur Tuna Sayur

resep mpasi 9 bulan-Bubur Tuna Sayur
Sumber: Resep Koki

Anda hanya perlu menyiapkan nasi matang, tuna beku, wortel, baby buncis, bawang putih, daun salam, dan unsalted butter. Tuna, baby buncis, wortel, dan bawang putih ditumis bersama-sama. Kemudian tumisan dimasukkan ke dalam nasi yang sudah menjadi bubur.

Masukan Puding Buah Naga Sebagai Resep Mpasi untuk Bayi 9 Bulan Favorit Anda, Sehat dan Segar!

resep mpasi 9 bulan-Puding Buah Naga
Sumber: Bali.tribunnews

Buatkan bayi makanan penutup agar tidak bosan. Seperti namanya, bahan utama resep mpasi untuk bayi 9 bulan ini tentu saja adalah buah naga. Selain itu juga bubuk agar-agar plain, dan 150 ml air. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan buah naga yang sudah diserut dengan sendok bersama dengan bubuk agar-agar dan air yang sudah dimasak. Kemudian jika sudah tercampur semua masukkan ke dalam cetakan, lalu tunggu sampai dingin dan siap untuk disajikan.

Banana Toasted Bread

resep mpasi 9 bulan-Banana Toasted Bread
Sumber: Cookpad

Anda akan membutuhkan roti tawar, telur, pisang ambon, susu UHT, bubuk kayu manis, dan mentega untuk membuat menu ini. Cara membuatnya, campur telur, susu, bubuk kayu manis, dan pisang. Haluskan pisang dan campur semua bahan hingga rata. Potong roti menjadi empat bagian lalu celup ke dalam adonan. Setelah itu masak hingga berubah warna menjadi keemasan.

Nasi Bakso Kuah Kuning Adalah Salah Satu Resep Mpasi untuk Bayi 9 Bulan yang Unik dan Wajib Anda Coba

resep mpasi 9 bulan-Nasi Bakso Kuah Kuning
Sumber: Line Today

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep mpasi untuk bayi 9 bulan kali ini antara lain adalah wortel, bayam, tempe, nasi lembek, daging ayam, bawang putih, sagu, kaldu ayam, kunyit, bawang merah, dan santan.

Chicken Veggie Risotto

Sumber: Taste

Untuk menu yang satu ini anda akan membutuhkan nasi, fillet ayam beku yang diparut, wortel, buncis, telur puyuh yang dikocok lepas, daun bawang, unsalted butter untuk menumis, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, serai, dan sedikit jahe.

Bubur Oat Saus Mangga

Sumber: Cookpad

Blender mangga kemudian masak oat bersama dengan santai hingga meletup-letup. Sajikan dengan menambahkan saus mangga serta topping di atas oat.

Itu tadi adalah kumpulan resep mpasi untuk bayi 9 bulan. Tumbuh kembang bayi anda sangat bergantung pada nutrisi yang anda berikan di awal kehidupan anak. Berikan bayi anda nutrisi terbaik dengan cara yang praktis dan mudah. Bayi sehat, orangtua tenang dan bahagia.

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

cara menabung emas

Investasi Emas Menggiurkan, Ini Cara Menabung Emas di Pegadaian

20 Kuliner Malam Semarang yang Wajib Dicoba