in

Dijamin Lebih Sehat, Ini Resep Kuah Bakso Sapi Tanpa MSG

Ingin makan bakso dan lebih sehat dari bakso yang lain? Begini resep kuah bakso sapi tanpa SMG tetapi tetap memiliki cita rasa yang enak.

Siapa tak senang dengan makanan yang satu ini. Bakso merupakan salah satu makanan favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua menyukai makanan yang berbentuk bulat ini. Sering disajikan bersama dengan mie kuning atau mie putih, bakso sangat nikmat disantap saat cuaca sedang hujan.

Anda bisa membuat sendiri bakso yang sehat tanpa tambahan pengawet, dan jika anda ingin tahu resep kuah bakso sapi, simak bahan-bahan dan cara membuatnya dibawah ini.

Bakso Kuah | Sumber: jabar.idntimes

 

Bahan-Bahan yang Anda Butuhkan

  • 500 gr tulang sapi segar
  • 4 liter air
  • 3 sdm garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1/2 sdm bawang putih goreng
  • Secukupnya daun bawang

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, jika sudah panaskan air di dalam panci dan tunggu hingga mendidih.
  2. Setelah air mendidih, masukkan tulang sapi dan tunggu hingga tulang matang.
  3. Jika dirasa tulang sudah matang, masukkan bumbu dan bahan-bahan ke dalam kuah, aduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah bumbu dan bahan masuk, tunggu sebentar agar bumbu meresap dengan kuah, barulah anda mematikan api.

Jika anda ingin hasil kuah bakso yang lebih nikmat dan mantap, anda bisa menambahkan daging sapi yang memiliki banyak lemak seperti sandung lamur, atau tetelan dengan lemak yang banyak. Karena lemak merupakan faktor penting supaya kaldu terasa lebih mantap dan gurih.

Namun jangan memberikan lemak terlalu berlebihan karena dapat mendatangkan minyak, jika lemak terlalu banyak malah membuat kuah anda berminyak.

Apa itu MSG dan Bahaya yang Mengintai nya?

resep kuah bakso sapi
MSG | Sumber: liputan6

MSG biasa kita sebut dengan micin atau vetsin. Namun arti dari MSG berasal dari kata Monosodium Glutamate, senyawa yang berasal dari asam amino glutamat yang dapat memberikan rasa gurih dan memperkuat rasa asin pada makanan.

Lalu benarkah MSG berbahaya untuk kesehatan? Jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit sebenarnya aman-aman saja, namun jika anda mengkonsumsi MSG dalam jangka waktu yang panjang maka siap-siap untuk dihadapkan dengan dampak yang akan anda terima.

MSG ternyata dapat menyebabkan pembuluh darah pada tubuh melebar dan menyempit, sehingga menimbulkan reaksi aktivitas saraf otak dan dapat membuat anda merasa pusing. MSG juga dinilai menjadi penyebab penurunan fungsi kognitif otak, dan dampaknya akan mudah lupa, susah untuk konsentrasi dan berfikir secara logis.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena reseptor otak menerima stimulasi berlebihan karena kadar glutamat yang terlalu tinggi. Bukan tak mungkin sel saraf otak yang berperan dalam fungsi kognitif otak bisa mati jika hal ini terus-terusan terjadi.

Bagaimana, mudah bukan membuatnya? Anda bisa mencoba resep kuah bakso sapi ini di rumah, dijamin lebih mantap, nikmat dan pastinya lebih sehat.

Baca juga:  Berkunjung ke Jawa Barat? Wajib Coba 40 Makanan Khas Jawa Barat ini!

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

20 Cara Jitu Menjadi Pengusaha Sukses Mulai dari Nol

Selain Bakpia Patok, Berikut Adalah 8 Oleh-oleh Khas Jogja