in

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Awet dan Tak Mudah Basi

Menjelajahi Semarang rasanya tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Semarang. Simak rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang awet dan tak mudah basi.

Kepuasan menjelajah Semarang tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh. Terdapat berbagai pilihan oleh-oleh khas Semarang dari mulai makanan hingga barang yang tidak boleh dilewatkan. Tidak perlu khawatir apabila menginginkan oleh-oleh berupa makanan untuk  perjalanan jauh karena makanan tersebut awet sehingga tidak gampang basi. Apa saja jenisnya? Berikut beberapa rekomendasinya:

Bandeng Presto

Oleh-Oleh Khas Semarang-Bandeng Presto
Sumber: Pegi Pegi

Jalan Pandanaran merupakan tujuan utama untuk membeli bandeng. Banyak pilihan toko yang sudah terkenal akan kelezatan olahan bandengnya seperti bandeng presto biasa, bandeng presto pepes, bandeng crispy dan bandeng presto vacum.

Lumpia Semarang

Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibeli-Lumpia Semarang
Sumber: Traveling Yuk

Makanan yang satu ini sudah melegenda hingga banyak ditemukan di luar Semarang. Namun, citarasa yang dihadirkan tentu berbeda apabila langsung membeli di daerah asalnya. Tempat terlaris adalah di sekitar Jalan Gang Lombok dan Mataram.

Tahu Bakso Ungaran

Oleh-Oleh Khas Semarang-Tahu Bakso Ungaran
Sumber: befren

Apabila berwisata di sekitar Ungaran, jangan lupa mampir untuk memborong tahu bakso khas Ungaran. Tahu bakso ini patut dicoba karena tahunya sangat kenyal dengan isian yang padat dan dinikmati bersama kecap bercampur irisan cabe rawit.

Wingko Babat

Oleh-oleh Khas Semarang-Wingko Babat
Sumber: mojok

Kudapan legendaris yang terbuat dari campuran tepung ketan dan kelapa ini memang sudah masuk dalam oleh-oleh khas Semarang yang wajib dicoba setiap pengunjung. Rasa manis yang berpadu dengan gurihnya kelapa sukses memanjakan lidah hingga membuat anda ketagihan.

Batik Khas Semarang

Oleh-oleh Khas Semarang
Sumber: IDN Times

Tidak cukup hanya membawa makanan? Tambahan lain adalah baju batik khas Semarang. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi antara lain Kampung Batik Semarang, Batik Jayakarta, Simpang Lima, Batik Lesmono dan Pasar Johar.

Moaci Wijen

Oleh-oleh Khas Semarang
Sumber: Berita Jateng

Salah satu yang menjadi kekhasan moaci Semarang adalah melimpahnya taburan wijen yang menyelimuti bulatan kenyal khas moaci. Isian dalamnya bermacam-macam seperti kacang hijau, cokelat, green tea, durian, dan kacang merah.

Tumpi Semarang

Oleh-oleh Khas Semarang
Sumber: Yusro Sari

Pencinta makanan asin dan gurih, pasti akan suka dengan tumpi khas Semarang. Jenisnya persis seperti peyek dengan taburan kacang hijau pada permukaannya. Hanya saja, ketebalannya lebih tipis dibanding peyek sehingga lebih gurih.

Tahu Petis

Sumber: Wanita Indonesia

Apabila kurang suka dengan rasa tahu pong yang asin, Anda bisa mencoba tahu yang berisi petis. Bahan dasarnya adalah tahu putih yang diolah tanpa bumbu dan menggunakan bumbu (garam dan bawang putih).

Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh Khas Semarang
Sumber: Travel Today

Nama lainnya adalah roti gambang yang bahan dasarnya adalah singkong. Anda bisa membelinya saat mengunjungi pasar tradisional atau mencari di toko pusat oleh-oleh khas Semarang. Permukaan roti ganjel rel ditaburi dengan wijen namun teksturnya cukup alot.

Enting-Enting

Oleh-oleh Khas Semarang-Enting-enting
Sumber: Aneka Masakan

Makanan ini terbuat dari campuran jahe, kacang tanah dan gula jawa sehingga menghasilkan citarasa yang manis sekaligus menyegarkan. Varian lain dari enting-enting adalah menggunakan kacang mete sebagai pengganti kacang tanah.

Sudah mencatat mana saja yang akan dibeli di Semarang nanti? Agar mendapatkan kualitas yang bagus, pastikan Anda membeli di toko yang memiliki reputasi baik sehingga tidak mengecewakan. Selain itu, apabila perjalanan pulang cukup jauh maka mintalah kepada penjual untuk mengemas oleh-oleh dengan baik khususnya makanan agar terjaga keamanannya sampai tujuan.

Baca juga:  Dari Bubur Pedas Hingga Mie Sagu, Berikut 10 Kuliner Khas yang Harus Anda Coba Saat Berkunjung ke Kalimantan Barat

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Hemat Budget Mainan Anak, Berikut Cara Mudah Membuat Pasir Ajaib

10 Daftar Negara Termiskin di Dunia, Indonesia Termasuk?