in

Daftar Makanan Khas Jawa Tengah Bercita Rasa Pedas yang Menggugah Selera Makan

Jawa Tengah identik dengan masakannya yang manis-manis, tapi jangan salah, berikut adalah daftar masakan khas jawa tengah bercita rasa pedas.

Makanan khas Jawa Tengah memang terkenal memiliki cita rasa yang manis. Namun, jika anda sedang berkunjung ke Jawa Tengah dan anda tidak terlalu cocok dengan makanan bercitarasa manis, tenang, Jawa Tengah juga punya kok makanan khas dengan cita rasa pedas penggugah selera. Kira-kira apa saja ya, makanan khas jawa tengah dengan cita rasa pedas tersebut? Mari kita simak!

Asam, Pedas, dan Gurihnya Garang Asem

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber: indozone

Pernah mendengar atau malah anda salah satu pecinta kuliner yang sangat populer di kota Kudus ini? Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya dan dimasak dengan dibungkus daun pisang.

Selain ayam, cabe rawit dan potongan tomat hijau menjadi pendamping isian dari masakan ini. Saat anda mencicipi kuahnya, rasa dari kaldu ayam berpadu dengan asam dan pedas akan nendang di lidah dan dijamin bikin ketagihan, super segar dan pedas!

Garang asem biasanya disajikan untuk lauk pendamping nasi dan ditambah dengan tempe goreng dan perkedel.

Pecel Khas Blora yang Berwadah Daun Jati

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber: dolanblora

Jika anda berkunjung ke Blora jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini. Meskipun nasi pecel Blora belum begitu populer, namun makanan ini memiliki keunikan dari sisi penyajiannya yaitu menggunakan daun jati sebagai wadah.

Kacang tanah yang digunakan sebagai bumbu disangan atau digoreng di wadah tanah liat tanpa minyak, dan dicampur dengan gula merah, cabai rawit, daun jeruk, dan kencur. Nasi pecel Blora memiliki cita rasa manis, gurih dan pedas.

Layaknya pecel pada umumnya, isian pecel Blora juga hampir sama yakni aneka sayuran yang terdiri dari bayam, sawi putih, kacang panjang, tauge, kenikir, kembang turi, dan kecipir. Tak lupa tambahan aneka lauk yang menggugah selera seperti telur asin, ayam goreng kampung, mendoan, dan bakwan.

Rasa manis, gurih, dan pedas dari bumbu kacang dipadu dengan aroma dari daun jati dijamin membuat anda ketagihan.

Nasi Pedas Tempe Semangit Khas Pati

Makanan Khas Jawa Tengah
Sumber: ticpati

Anda pernah mencicipi olahan tempe semangit? Tempe semangit adalah sebutan untuk tempe yang hampir basi. Makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer di Pati ini adalah nasi tempe pedas yang berbahan utama tempe semangit.

Nasi dengan tempe semangit yang memiliki rasa khas dipadukan dengan pedas dan gurihnya kuah santan serta rasa yang kuat dari rempah-rempah yang terdiri dari cabe, ketumbar, merica. Makanan ini cocok bagi anda pecinta pedas, karena cita rasanya dominan pedas dan nendang di lidah, wajib anda coba saat berkunjung ke Pati.

Lembut dan Kenyalnya Daging Ikan Pada Pindang Serani

Pindang Serani
Sumber: cookpad

Beralih ke kota Jepara, pindang serani merupakan sup ikan laut yang berasal dari kota yang memiliki julukan kota ukir ini. Biasanya ikan laut yang sering digunakan adalah ikan bawal putih, bandeng, kerapu, kakap merah, dan sri menganti karena dagingnya memiliki tekstur yang lembut, kenyal serta berlemak.

Lemak pada ikan tersebut lah yang membuat kuah kaldu menjadi sangat gurih. Kuah pindang serani bening dan bumbu yang digunakan pun sangat beragam seperti belimbing wuluh, daun jeruk, cabai rawit, serta cabai keriting. Rasa yang asam, asin, dan pedas sangat cocok untuk anda yang menyukai masakan berkuah segar dan pedas.

Buntil Dengan Kuah Santan Pedas

Buntil Dengan Kuah Santan Pedas
Sumber: ngopy

Makanan khas Jawa Tengah ini merupakan olahan dari daun pepaya, daun singkong, atau daun keladi yang dikukus dan diisi dengan parutan kelapa dicampur ikan teri dengan bumbu cabai, bawang, lengkuas, asam, dan garam. Makanan ini disajikan dengan kuah santan dengan cabai merah dan potongan cabai rawit utuh yang super pedas.

Buntil bisa disajikan bersama dengan nasi atau dimakan begitu saja. Kuah buntil yang asin, gurih dan pedas ditambah dengan aroma dan rasa dari daun singkong muda sebagai pembungkusnya membuat masakan ini menjadi favorit bagi pecinta makanan tradisional bercita rasa pedas.

Nikmatnya Kraca, Olahan Keong Kuah Pedas

Kraca
Sumber: hipwee

Anda pecinta olahan keong? Jika iya, wajib coba masakan yang satu ini. Kraca adalah olahan keong dengan kuah pedas khas Banyumas yang terdiri dari berbagai macam bumbu seperti pala, lada, merica, garam, dan bumbu lainnya.

Tak hanya lezat serta memiliki cita rasa yang gurih dan juga pedas, cara makan kraca juga tergolong unik, anda bisa mencungkil menggunakan garpu atau tusuk gigi, bisa juga dengan disedot dari cangkangnya.

Oseng-Oseng Kikil Mercon yang Nendang Pedasnya

Oseng-Oseng Kikil Mercon
Sumber: food.detik

Oseng-oseng kikil mercon adalah makanan khas Jawa Tengah yang berbahan utama kikil dan diolah dengan berbagai bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, daun salam, cabai rawit, cabai merah, lada, dan bumbu lainnya. Tak perlu diragukan lagi pedasnya, kenyalnya kikil berpadu dengan pedasnya bumbu membuat anda ketagihan dan ingin mencoba masakan ini.

Jawa Tengah juga terkenal dengan nama makanannya yang unik-Unik

Mangut Beong
Sumber: travelingyuk

Yang pertama ada mangut beong, makanan ini menggunakan nama “beong” yang merupakan nama ikan yang ada di Kali Progo. Lalu ada nasi gandul, nasi yang biasanya disajikan dengan daun pisang, berkuah, dengan tambahan lauk berupa daging sapi.

Ada lagi makanan dengan nama unik lainnya, brekecek. Dinamakan brekecek karena “brek” yang berarti diletakkan atau dijatuhkan, dan “kecek” yang berarti bumbu dikecek-kecek atau dicampur. Lalu ada nasi grombyang, nasi dengan lauk daging kerbau yang porsi kuahnya lebih banyak daripada nasi dan isiannya, sehingga makanan ini terlihat grombyang-grombyang atau bergoyang-goyang.

Itu tadi berbagai makanan khas Jawa Tengah yang memiliki cita rasa pedas dan cocok bagi anda pecinta makanan pedas. Selamat mencoba dan siap-siap ketagihan!

Baca juga:  Selain Bakpia Patok, Berikut Adalah 8 Oleh-oleh Khas Jogja

What do you think?

Written by Opi

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Comments

0 comments

Selain Bakpia Patok, Berikut Adalah 8 Oleh-oleh Khas Jogja

Bisa Bikin Cepat Tua, Waspadai 10 Bahaya Mandi Malam